Hidup memang hanya satu kali, tapi bukan berarti kamu boleh hanya memikirkan saat ini saja. Hidupmu di masa depan juga bisa dipengaruhi oleh apa yang kamu lakukan sekarang. Banyak kebiasaan-kebiasaan kecil yang barangkali kamu abaikan sekarang, tapi sebenarnya sangat berpengaruh untuk masa depanmu kelak.

Karena masa depan yang secerah bintang tidak datang begitu saja, kamu harus mulai menyiapkannya dari sekarang. Lima tahun lagi, sepuluh tahun lagi, dirimu akan berterima kasih karena sekarang kamu melakukan hal-hal ini.

1. Orang sukses selalu bangun pagi, tak peduli weekdays ataupun weekend. Yuk ubah kebiasaanmu bangun siang!

Bangun pagi

Bangun pagi setiap hari via www.youtube.com

Advertisement

Kalau kamu ingin menjadi orang sukses, jauh-jauhlah dari kebiasaan bangun siang, meski di akhir pekan sekalipun. Ada yang bilang bahwa apa yang kamu lakukan di pagi hari akan berpengaruh pada pekerjaanmu sampai sore nanti. Tetapi yang pasti, dengan bangun lebih pagi, kamu punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan pekerjaanmu. Kamu juga punya waktu lebih untuk melakukan aktivitas-aktivitas refleksi sebelum berkutat dengan pekerjaan seharian nanti.

Bangun lebih pagi juga mempengaruhi mood-mu lho, karena kamu tidak harus terburu-buru bersiap-siap. Santai, karena waktumu masih cukup luang.

2. Kamu malas olahraga? Sekarang sih tidak terasa apa-apa, tapi sepuluh tahun dari sekarang kamu akan menyesalinya

Olahraga

Mulai niatkan olahraga rutin, yuk! via papasemar.com

Kamu pasti tahu bahwa penyebab dari penyakit-penyakit berbahaya di usia tua seperti jantung, stroke, hipertensi, diabetes, dan obesitas, dipengaruhi oleh pola hidup yang buruk. Mulai dari makanan yang tidak sehat sampai malas olahraga sejak masih muda. Sekarang mungkin kamu belum merasakan masalahnya kalau kamu malas olahraga. Kamu merasa sehat-sehat saja, dan tubuhmu juga tetap ramping.

Advertisement

Tapi sepuluh tahun dari sekarang, kamu akan sangat berterima kasih pada dirimu saat ini, bila kamu mulai menghilangkan kebiasaan malas olahraga itu. Tidak perlu berat-berat kok. Cukup joging ringan minimal seminggu 3x sudah cukup mengurangi risiko-risiko seram di masa depan.

3. Mulai sekarang kurangi kebiasaanmu bergadang. Itu ‘kan yang membuatmu sulit bangun pagi dan kurang produktif di siang hari?

kebanyakan begadang nggak baik buat kesehatan

Kebanyakan begadang nggak baik buat kesehatan via isitunhealthy.com

Begadang adalah penyakit sekaligus hobi anak muda kita. Mulai dari mahasiswa yang beralasan mengerjakan tugas, sampai pekerja yang beralasan melembur pekerjaan. Tapi ada juga sih yang begadang untuk sekadar nonton film. Akibatnya, esok hari menjadi kurang produktif karena waktu istirahat yang kurang. Belum lagi kalau ingat efek-efek negatif begadang untuk kesehatan.

Mulai sekarang biasakan untuk mendisiplinkan dirimu sendiri. Tidur tepat waktu akan membuatmu mudah bangun tepat waktu juga. Sehingga hidupmu lebih teratur dan produktivitasmu bisa meningkat.

4. Mumpung masih muda, biasakan baca buku minimal 1 buku per bulan. Selain menambah pengetahuan, membaca juga bisa mencegah kepikunan

Baca buku

Biasakan baca buku via favim.com

Bila sudah memasuki dunia kerja, berangkat pagi dan pulang malam, membaca buku adalah hal yang paling menyulitkan sedunia.  Tapi meskipun sulit, membaca adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan demi masa depanmu kelak.  Kamu tentu masih ingat nasihat guru SD-mu dulu bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, kamu akan mendapat pengetahuan baru yang selalu kamu perlukan untuk kehidupan.

Selain itu, membaca juga bisa membawa dampak baik untuk kesehatan, yaitu mencegah penyakit alzheimers atau pikun. Kalau memang kamu tidak bisa membaca buku, kamu bisa membaca surat kabar setiap pagi.

5. Berhenti menunda-nunda pekerjaan, karena apa yang kamu dapat di depan sana bergantung kepada apa yang kamu lakukan sekarang

berhenti menunda

Berhenti menunda-nunda via studypal.co.vu

Menunda-nunda pekerjaan juga salah satu hal yang bisa menghambat kesuksesan. Menunda pekerjaan memang menyenangkan, karena hidupmu akan terasa lebih santai. Tapi kita nggak tahu apa yang terjadi di depan. Kita menunda itu sekarang dengan berbagai alasan. Kalau bisa dikerjakan nanti kenapa harus buru-buru, ya ‘kan?

Tapi kita nggak pernah tahu apakah nanti akan benar datang atau tidak. Kesempatan seringnya nggak datang dua kali, ingat? Toh lebih baik kamu mengerjakan itu sekarang dan bersantai setelahnya. Jadi mulai sekarang, ganti prinsipmu menjadi:

Kalau bisa dikerjakan sekarang, kenapa harus nanti-nanti?

6. Selalu takut mengambil risiko nggak akan membawamu ke mana-mana, padahal dunia ini demikian luasnya. Beranilah mencoba!

Ambil risiko

Berani ambil risiko! via quotesgram.com

Apa yang membedakan kenapa satu orang bisa sukses sementara yang lain tidak, bisa dipengaruhi oleh keberanian untuk mengambil risiko. Seseorang yang takut mengambil risiko dan terus bertahan di zona nyaman, selamanya hanya akan berada di posisi yang sama. Tidak naik dan tidak turun. Padahal dunia ini sedemikian luasnya, dan banyak hal menarik yang bisa kamu coba. Kamu takut akan gagal? Tapi bagaimana kamu tahu kamu akan gagal bila kamu terlalu takut bahkan untuk mencoba? Selagi masih muda, akrabilah kegagalan. Karena tanpa kegagalan, kamu tidak akan pernah belajar bukan?

7. Tentukan prinsipmu dan jadikan itu pedoman sehari-hari. Tanpa prinsip yang pasti, hidupmu akan kacau dan tak terarah

Tentukan prinsip

Tentukan prinsip sejak sekarang via www.wittyfeed.com

Untuk mencapai golmu di masa mendatang, kamu perlu seperangkat prinsip yang kamu jadikan pedoman hidup sehari-hari. Prinsip-prinsip pribadi ini akan menjadi pemandumu dalam setiap langkah yang kamu ambil, untuk membedakan mana yang harus kamu lakukan dan tidak boleh kamu lakukan. Tidak harus mengikuti apa yang orang lain percayai, tapi tentukan sendiri prinsip-prinsipmu karena setiap orang pasti memiliki perbedaan visi dan misi. Tanpa prinsip-prinsip pribadi, hidupmu sulit terarah. Kamu akan mudah terpengaruh oleh orang lain, dan demikian life goal-mu juga sulit untuk dikejar.

8. Biasakan membuat schedule-mu sendiri, dan berusahalah mati-matian untuk menepatinya!

Buat schedule sendiri

Buat schedule sendiri via blog.bliubliu.com

Terkadang musuh yang paling sulit dilawan adalah diri sendiri. Itu juga yang membuat rencana yang sudah kamu susun untuk dirimu sendiri, buyar begitu saja tanpa pernah kamu lakukan karena ini dan itu. Self-dicipline jadi mutlak perlu. Buatlah jadwal untuk dirimu sendiri. Buatlah deadline untuk kamu patuhi sendiri. Tapi jangan hanya sekadar membuat saja lalu dengan tanpa beban mengingkarinya dengan segudang alasan yang kamu buat sendiri. Siksa dirimu untuk mematuhi jadwal yang kamu buat sendiri, agar kelak 5 tahun lagi, kamu sudah terbiasa hidup disiplin bukan untuk mematuhi aturan, tapi untuk dirimu sendiri.

9. Mulai menabung dan berinvestasi. Agar kamu nggak hanya mengandalkan gaji seumur hidupmu nanti

Mulai menabung

Mulai menabung demi masa depan via ccoacares.com

Masa muda adalah masa yang tepat untuk membuat perencanaan keuangan yang matang. Kenapa? Toh duitnya masih untuk diri sendiri ini? Justru karena itulah kamu harus mulai mengatur keuanganmu, karena bila nanti kamu sudah berkeluarga, mengatur keuangan akan jauh lebih sulit. Selagi kamu masih muda, mumpung kebutuhannya belum seberapa, jangan dulu berfoya-foya. Mulai menabung sedikit demi sedikit dan cobalah melirik peluang investasi. Karena gajimu saat ini belum tentu bisa menjamin hidupmu sampai sepuluh tahun lagi.

Kesuksesan nggak pernah jatuh dari langit. Orang-orang yang kamu lihat sukses sekarang, barangkali sudah memulai perjuangannya sejak lima sampai sepuluh tahun yang lalu. Nah, biar dirimu sepuluh tahun lagi nggak menyesal, pertama-tama, yuk melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana di atas!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya