5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika ‘Dirumahkan’ Oleh Kantor. Yuk, Segera Bangkit Lagi

Dirumahkan oleh kantor

Pandemi membuat banyak usaha jadi susah. Beberapa orang terpaksa kehilangan pekerjaannya lantaran ‚Äúdirumahkan‚ÄĚ oleh perusahaan. Keputusan itu muncul karena dari secara bisnis perusahaan susah berkembang di tengah pandemi ini. Penjualan lesu, bahan baku naik, akses pengiriman susah, dan masih banyak lagi penyebabnya.

Advertisement

Saat perusahaan sudah memberikan hak-hakmu maka yang bisa kita lakukan hanya menerimanya. Nggak cuma kita doang kok yang mengalaminya, banyak orang sudah terlebih dahulu ‚Äúdirumahkan‚ÄĚ. Meski berat, kita mesti mengambil hikmah dari ini semua. Maka dari itu Hipwee Motivasi kali ini akan merekomendasikan 5 hal yang bisa kamu lakukan di rumah. Jangan sedih terus, yuk, bangkit lagi.

1. ‚ÄúDirumahkan‚ÄĚ mungkin cara Tuhan untuk kembali mendekatkanmu dengan keluarga dan teman-teman. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin, kali aja dapat pekerjaan baru dari mereka

Berkumpul sama saudara sipa tahu dapet link via unsplash.com

Meski berat, kamu mesti mengambil hikmah dari semua ini. Mungkin saja ini cara Tuhan untuk kembali mendekatkanmu dengan keluarga dan teman-teman. Udah lama banget kan kamu nggak pulang ke rumah atau sekadar nongkrong bareng teman-teman?

Dengan kondisi yang sekarang kamu jadi bisa merekatkan tali silaturahmi yang sempat mengendur. Banyakin ngobrol sama mereka, siapa tahu dari ngobrol muncul ide-ide yang bisa diduitin? Siapa tahu.

2. Dengan ‚Äúdirumahkan‚ÄĚ kamu jadi bisa mengasah lagi kemampuanmu yang lama nggak dilatih. Jangan lupa kamu bisa dapat kerja dulu juga karena kamu kemampuanmu mumpuni

Belajar lagi via www.blibli.com

Selalu percaya sama rencana Tuhan. Bisa jadi Tuhan sedang menyiapkan pekerjaan lain yang lebih layak untukmu. Tetap optimis sama masa depan. Ada banyak potensi dalam dirimu yang nggak sepenuhnya ke luar di pekerjaanmu yang lama. Kamu ‚Äúdirumahkan‚ÄĚ mungkin agar punya waktu untuk mengasah keterampilan yang lama nggak kamu latih. Siapa tahu dari keterampilan itu mengalir rezeki yang jauh lebih banyak dari sebelumnya.

3. Jangan biarkan waktu berlalu begitu saja dengan berdiam diri di rumah. Ada banyak kelas online gratis yang bisa kamu jamah

Banyak kelas online gratis via www.ekrut.com

Di era digital terkini, ada banyak webinar atau seminar online yang bisa kamu akses. Waktu menganggurmu sangat berarti jika kamu isi dengan mengakses kelas-kelas tersebut. Sembari mengirim lamaran, tingkatin kemampuan diri lagi agar semakin banyak kualifikasi yang kamu punya. Semoga cepat dapat kerjaan lagi, ya!

4. Punya waktu luang bisa jadi peluang untuk mencoba hal baru yang produktif. Membangun bisnis sendiri harusnya jadi pilihan yang menarik

Advertisement

Bikin bisnis aja via www.indoindians.com

Sakit hati dan kecewa karena ‚Äúdirumahkan‚ÄĚ itu wajar. Namun jangan biarkan itu sampai berlarut-larut, sayang energinya. Daripada menggerutu, energinya mending kamu pakai untuk merencanakan sesuatu yang baru. Mulai coba bikin usaha sendiri misalnya.

Nggak perlu mikir yang jauh-jauh mau usaha apa, berangkat dari hobimu sendiri aja. Kamu suka fesyen, bikin usaha clothingan. Kalau nggak ada modal, bikin usaha thrift shop. Atau kalau suka drakor, kamu bisa jual pernak-pernik seputar Kpop. Semangat, Guys!

5. Jika ada sedikit lahan di rumah, kenapa nggak kamu urus sendiri aja. Sayang tahu, itu bisa jadi duit

Beruntunglah kamu yang punya sedikit lahan di rumah. Banyak bisnis yang bisa dijajaki dari sana. Coba berkebun, budidayakan tanaman hias yang sedang digandrungi banyak orang. Atau kamu bisa coba membuat kolam di lahanmu. Budidaya lele sepertinya juga menjanjikan.

‚ÄúDirumahkan‚ÄĚ bukan akhir dari segalanya. Kamu masih akan baik-baik saja. Bedanya kamu harus berpikir keras untuk cari penghasilan lain saja. Tetap semangat dan segera bangkit, ya!

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE