Dalam hidup, banyak hal yang silih berganti terjadi dan tak semua berjalan sebagaimana yang kamu pikirkan atau inginkan. Seringkali bahkan banyak hal yang nggak kamu inginkan terjadi begitu saja dan kamu hanya bisa menerimanya. Ya, hidup selalu penuh kejutan yang mau nggak mau mesti diterima dan dipahami.

Bertambahnya usia kerap diasosiasikan dengan semakin meningkat pula kedewasaan manusia. Semakin banyak realita hidup yang kamu saksikan semakin membuatmu paham bahwa hidup hanya butuh dijalani dan disyukuri. Di antara banyaknya realita hidup yang kerap terjadi, terdapat beberapa hal yang penting untuk kamu perhatikan sebagai pelajaran hidup. Inilah beberapa realita hidup yang mesti kamu perhatikan. Semoga kamu bukan salah satu orang yang menyesal dengan parah saat menyadarinya.

1. Cari uang itu susah, butuh perjuangan dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Membuat kamu menyesal saat ingat dulu sering berfoya-foya

Cari uang susah, menghabiskannya gampang via www.pexels.com

Advertisement

Semakin bertambah dewasa, semakin banyak pula tuntutan, di antaranya mencari penghasilan sendiri. Tapi kebutuhan hidup yang kian hari kian meningkat ini seringkali nggak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan. Alhasil pekerjaan semakin sulit dicari. Tak terkecuali kamu, setiap orang pasti akan merasakan betapa sukarnya mencari uang. Di momen ini kamu akan menyadari bahwa selama ini yang kamu lakukan di masa muda adalah sesuatu yang salah. Terutama kebiasaan boros mengeluarkan uang atau berfoya-foya dengan menggunakan hasil keringat orangtua.

2. Semakin cepat waktu bergulir, semakin banyak pula hal di masa lalu yang kamu sesali dan rasanya ingin diperbaiki

Banyak hal yang ingin kamu ulang via www.unsplash.com

Satu hal yang akan kamu sadari seiring dengan bertambahnya usia adalah waktu. Begitu cepat waktu berlalu dan banyak hal yang belum sempat kamu lakukan di masa lalu. Terkadang, ingin rasanya untuk kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kecerobohan dan kesalahan yang pernah kamu buat. Apadaya, waktu nggak bisa diulang. Lantas kamu hanya perlu untuk menerimanya dan memperbaiki diri untuk hari ini dan masa depan.

3. Teman-temanmu mulai meninggalkanmu satu per satu, membuatmu mulai tahu siapa saja temanmu yang sebenanya

Teman sejati via www.pexels.com

Saat kecil, memiliki banyak teman rasanya sangat menyenangkan. Banyak momen terlewati, dari yang menyenangkan sampai yang menyedihkan. Meski menyedihkan, segala beban hidup rasanya lebih ringan dengan keberadaan teman di sisi, sebab mereka pasti nggak akan membiarkan beban itu kamu panggul sendiri.

Advertisement

Namun semakin bertambahnya usia kamu pasti akan merasakan ditinggalkan oleh teman satu per satu. Hidup mempertemukanmu dengan mereka, dan hidup pula yang memisahkanmu dengan teman-teman. Tapi jangan khawatir, justru karena hal itulah kamu menjadi tahu mana teman sejatimu.

4. Saat teman-temanmu pergi, kamu pun tersadar kalau keluarga harta yang paling berharga, karena mereka lah yang akan tetap di sisimu

Harta yang paling berharga via www.pexels.com

Teman bisa sewaktu-waktu pergi meninggalkanmu, tapi tidak dengan keluarga. Sejauh-jauhnya kamu pergi, keluarga pasti akan menerimamu kembali. Sekeras-kerasnya melupakan keluarga mereka akan tetap mengikuti perkembanganmu. Sejahat-jahatnya kamu kepada mereka, pasti akan sealu maaf dari mereka. Begitulah keluarga, definisi hubungan cinta kasih tanpa pamrih. Maka sayangilah keluargamu selagi masih lengkap sebab mereka adalah wujud cinta yang sesungguhnya.

5. Betul nasehat orangtua, bermalas-malasan di waktu muda hanya membuatmu tertinggal dan menyesal di kemudian hari

Jangan sia-siakan energi mudamu via www.pexels.com

Masa muda itu masa di mana waktu dan energimu masih banyak kamu miliki. Saat tua nanti kamu pasti akan menyadari banyak hal yang seharusnya kamu lakukan di masa muda. Salah satu yang paling kamu soroti adalah kemalasanmu di masa lalu. Banyak waktu yang terbuang yang seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk melakukan sesuatu yang berarti. Sayangnya, banyak orang yang baru menyadarinya di saat tua, saat waktu dan energi yang dimiliki sudah terbatas.

6. Kesehatan dan kebugaran tubuh bakal jadi hal yang mewah, kalau di masa muda kamu terlalu menggampangkan

Sehat itu mahal via www.pexels.com

Saat muda seringkali kamu lupa memperhatikan kebugaran tubuh. Ceroboh dalam berlaku, makan sembarangan, memaksakan tubuh dan lain-lain sering kamu lakukan. Saat ini mungkin kamu baik-baik saja mungkin karena usia dan kondisi tubuh masih mengizinkanmu tetap prima. Tapi lain halnya di hari tua nanti.

Sebelum menginjak usia 27, mengertilah bahwa berolahraga adalah hal krusial yang mesti kamu lakukan. Tubuhmu tak bisa terus diforsir untuk bekerja tanpa istirahat. Supaya tubuhmu tetap prima hingga tua, berolahragalah yang rutin.

Itulah beberapa hal yang akan kamu sadari seiring dengan bertambahnya usia. Semakin bertambahnya usia sudah seharusnya kedewasaanmu semakin bertambah. Banyak hal yang meski nggak bisa kamu terima namun mesti kamu pahami. Dan tentu saja hidup ini mesti disyukuri dan dijalani dengan berbahagia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya