Alhamdulilah Ya Allah aku lulus SPMB! PTN Favorit, aku datang!

Asem tenan! Gak lulus aku, rek! Bodoh banget aku. Ah, bakalan masuk swasta deh, mahal.

Hari pengumuman Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB adalah hari yang bikin banyak adik-adik SMA deg-degan nggak karuan. Kenapa? Karena hari itu, nasib mereka untuk beberapa tahun ke depan ditentukan. Momen penting nih!

Ada yang keterima di Perguruan Tinggi Negeri, juga ada yang keterima di universitas swasta. Sebagian ada yang berbahagia karena berhasil tembus ke universitas idaman. Sebagian lagi ada yang bersedih karena tidak lolos masuk PTN favorit. Wajar kok sedih, masuk PTN favorit memang jadi dambaan semua yang baru lulus SMA. Tapi yang gagal pun jangan terlalu putus asa. Mungkin memang belum jalannya, atau mungkin kamu akan mendapatkan rezeki yang lebih baik lagi.

Buat kamu yang lulus, selamat ya! Tapi ingat, kesuksesan seseorang bukan ditentukan dari PTN atau PTS. Itu semua kembali ke pribadi masing-masing orang, apakah mau berusaha atau tidak. Sementara buat kamu yang belum lulus, jangan sedih lagi ya! Kali ini Hipwee bakal membantumu jadi kembali ceria. Laramu dijamin akan hilang! Yuk langsung scroll aja!

1. Sedih sih pasti. Tapi, yang sudah terjadi mau diapakan lagi? Percayalah, ini bukan kiamat kok

Tetap tersenyum ya, kayak Nobita! via vignette4.wikia.nocookie.net

Advertisement

Gimana nih bro, keluarga gue pasti malu karena gue nggak lolos PTN

Keluarga mana sih yang nggak pengen yang terbaik untuk anaknya? Pasti pengen. Tapi, kalau memang bukan takdirnya si anak tersebut masuk PTN favorit, ya mau diapain lagi? Pengumuman yang sudah keluar nggak bisa diubah lagi.

Lagipula, mungkin ini jadi pelajaran biar di kesempatan berikutnya kamu belajar lebih sungguh-sungguh untuk masuk PTN. Sebenarnya yang penting adalah, jangan menganggap kalau kegagalan ini sebuah kiamat besar dalam hidup. Ingat, kamu masih muda. Jalan masih panjang. Cita-cita mulia menunggumu di angkasa.

2. Coba diskusi pelan-pelan dengan orangtua. Diceramahi panjang lebar nggak apa-apa, toh nggak selamanya juga

Sahabat-sahabat saya yang super via 3.bp.blogspot.com

Mungkin aja diantara kamu bakalan dimarahin orang tua karena nggak masuk PTN favorit. Bahkan ada yang didiemin. Kekecewaan itu wajar, apalagi kalau perkara masa depan anak yang dibanggakan. Walau nggak mudah, kamu harus tetap mendengarkan wejangan orangtua. Mereka pastinya akan ceramah panjang lebar yang bikin kupingmu panas. Jangan kepancing emosi sampe nangis-nangis bahkan jerit-jerit. Kamu kan udah gede, semestinya bisa bersikap dewasa dengan mengajak orangtuamu diskusi baik-baik. Marahnya mereka itu tentunya untuk kebaikanmu sendiri.

3. Banyak yang sampai kabur dari rumah dan nggak mau pulang karena nggak lolos PTN. Kamu nggak seperti itu ‘kan?

Udah santai aja via 4.bp.blogspot.com

Rasa kecewa dan malu yang dirasa karena gagal lolos PTN sering bikin orang nggak bisa berpikir jernih. Saking kalutnya, banyak juga tuh yang ujung-ujungnya kabur dari rumah dan nggak pulang-pulang. Padahal nggak ada gunanya, malah nyusahin diri sendiri dan orang tua. Udah kecewa nggak lolos PTN, ditambah lagi beban pikiran karena sang anak entah di mana berada. 

Udahlah santai aja, gagal sedikit nggak apa-apa. Yang penting tetap usaha!

4. Jangan serius-serius, ah! PTN mah bukan perguruan tinggi negeri, tapi…

Perguruan Tidak Negeri

Paguyuban Tante Ngirang

Perguruan Tinggi Nengnengnongneng

Tuh, daripada sedih, mending ngarang-ngarang kepanjangan PTN. Ya nggak? Buat menghibur diri sedikit. Jangan dibawa serius banget. Kan hidup ini emang dibikin nggak serius. Jadi buat apa serius-serius banget. Toh, serius udah bubar. Ya nggak?

Dear anak-anak PTN, kami yang PTS menantangmu untuk sama-sama sukses! Camkan itu!