Cowok diciptakan dengan hormon testosteron yang dominan. Artinya, cowok memang secara fisik diciptakan superior daripada cewek. Sejak dahulu, cowoklah yang diandalkan untuk melakukan pekerjaan kasar yang membutuhkan kemampuan fisik seperti melindungi, berburu, dan bertempur.

Nilai tersebut memang sudah sedikit bergeser sih. Di era damai dan serba praktis ini, kecerdasanlah yang menjadi faktor penting untuk menyintas. Tapi bukan berarti melatih fisik itu jadi gak penting, Bro. Banyak kok manfaat yang bisa kamu dapat dari fisik yang kuat! Di bawah ini cuma beberapa di antaranya:

1. Dengan menjadi kuat, kamu menghormati kodrat sebagai lelaki.

memenuhi kodratmu sebagai laki-laki via www.faceswallpapers.com

Jika menjadi seorang pelindung adalah inti dari maskulinitas, maka kekuatan fisik adalah salah satu fondasinya. Sebagai cowok, kekuatan fisik menjadi faktor penting yang menentukan apakah kamu bisa membela diri sendiri, melindungi orang-orang yang penting bagimu, maupun bertahan di tengah krisis. Lagipula, kecerdasan yang diimbangi dengan kekuatan fisik bakal membuat dirimu tampak lebih meyakinkan, menarik, berwibawa, dan benar-benar “lakik”.

2. Latihan fisik gak cuma menyehatkan badanmu, tapi juga mentalmu.

Tubuh yang sehat dan mental yang kuat via imageevent.com

Advertisement

“Mens sana in corpore sano.” — pepatah Romawi.

Kamu mungkin masih ingat sama slogan yang biasa diucapkan oleh guru olahragamu di sekolah: “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” Ini bukan isapan jempol lho. Latihan fisik memang punya banyak manfaat buat kesehatan jiwa kita: antara lain mengurangi stres, meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat, serta bikin kamu merasa bahagia.

3. Cowok yang menarik adalah cowok yang pede sama tubuhnya.

Mereka yang punya rasa percaya diri yang tinggi biasanya punya daya tarik tersendiri yang membuatnya tampak menawan di mata orang-orang. Nah, kalo kamu pengen meningkatkan percaya dirimu, kenapa nggak melakukan latihan fisik aja? Latihan fisik membantu memperbaiki postur tubuh, mengurangi berat badan — atau  menambah, bagi yang kurus seperti saya — dan membentuk otot-ototmu. Dengan tubuh yang terlihat sehat dan bugar, pasti kamu makin pede, deh!

4. Kamu yang fisiknya kuat bisa diandalkan di berbagai situasi.

Bisa diandalkan via commons.wikimedia.org

Biasanya, kita mengandalkan peralatan maupun mesin untuk memudahkan pekerjaan kita. Tapi, apa yang terjadi bila yang bisa kita andalkan cuma kekuatan kita sendiri? Kita ‘kan gak pernah tahu kapan kita akan mengalami keadaan darurat. Bayangkan ketika kamu harus menggotong seseorang yang terluka di gunung, atau dari bangunan yang terbakar. Kamu akan sangat bersyukur apabila fisikmu siap saat kamu benar-benar membutuhkannya.

Kekuatan fisik juga berguna dalam kehidupan sehari-hari, lho. Buat sekadar membantu ibumu menggotong tabung gas, angkut-angkut saat pindahan, atau membantu tetanggamu yang sedang mengadakan hajatan.

5. Kamu bukan Spiderman. Fisik yang kuat gak akan datang tanpa latihan.

Kamu gak bisa kuat dalam waktu singkat via awesome-body.info

Kekuatan fisik itu bukanlah hal yang bisa tiba-tiba jatuh dari langit. Mereka harus mulai dilatih terus-menerus untuk mendapatkan hasil yang optimal. Makanya, biasanya cowok yang rajin melatih fisiknya adalah orang yang konsisten dan pantang menyerah. Sebab, berhenti latihan itu mudah, memulai dan bertahan di sana itu yang susah.

6. Fisik yang prima membuatmu menjadi laki-laki yang “utuh.”

Jadi pria yang “utuh” via awesome-body.info

Kadang kita menciptakan dikotomi antara otak dan otot; mereka yang mengandalkan kekuatan fisik dianggap gak berotak. Padahal, kekuatan fisik itu penting buat menunjang kecerdasanmu dalam mewujudkan apa yang kamu cita-citakan, lho. Sebagai cowok yang cerdas dan punya nilai untuk diperjuangkan, alangkah baiknya jika semua itu disokong dengan kebugaran fisik yang baik.

7. Dengan melatih fisik, ada pelajaran hidup yang bisa kamu petik.

Ada pelajaran hidup yang kamu dapat via cookielovesfitness.blogspot.com

Lewat latihan fisik, kamu bisa memaknai banyak hal. Salah satunya, untuk mendapatkan tubuh yang bugar itu gak bisa instan, kamu perlu bersusah-payah. Hal ini mengajarkanmu bahwa sesuatu yang baik gak akan datang tanpa kerja keras dan pengorbanan.

Selain itu, mungkin kamu pernah lihat orang yang cedera karena melakukan sesuatu yang melebihi kemampuan tubuhnya. Orang yang benar-benar kuat bukanlah mereka yang bisa mengangkat beban ratusan kilogram dalam sekali angkatan, melainkan mereka yang berani menerima batasan yang dimiliki tubuh mereka sendiri.

8. Melatih fisikmu itu keren dan lakik banget. Sesederhana itu.

Melatih fisik itu lakik! via russhowepti.com

Ya. Saat kamu melatih fisikmu, kamu merasa bahwa setiap peluh yang menetes itu gak sia-sia. Tubuhmu terasa lebih fresh dan kamu terlihat lebih macho di depan cermin. Setiap usai latihan, kamu juga merasakan sebuah pencapaian: bahwa kamu gak berhenti di tengah jalan dan tetap berusaha sampai akhir.

Nah, kini kamu udah punya delapan alasan untuk melatih fisikmu. Omong-omong, latihan fisik itu gak melulu berarti angkat beban di gym lho. Selain nge-gym, ada banyak cara lain yang bisa jadi alternatif untuk melatih fisikmu kok. Ini beberapa di antaranya:

1. Street workout

Street Workout via commons.wikimedia.org

Street workout yang lagi ngetren di Indonesia ini bisa membantu melatih fisikmu dan mendapatkan tubuh ideal dengan metode calisthenics memanfaatkan berat badanmu sendiri. Olahraga ini biasanya dilakukan di ruang terbuka seperti taman dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. Yang wajib ada untuk latihan street workout ini adalah bar atau palang untuk latihan pull-ups, chin-ups, maupun muscle-ups. 

Karena memanfaatkan fasilitas umum, keanggotaannya tidak dipungut biaya lho. Untuk gabung, kamu bisa menghubungi komunitas street workout di kotamu.

2. Parkour

Precision Jump = kontrol diri. via www.flickr.com

Parkour adalah olahraga yang melatih fleksibilitas dan kekuatan tubuh manusia secara keseluruhan agar bisa beradaptasi dengan lingkungan dan melewati rintangan. Parkour gak cuma melatih tubuh kamu, tapi juga mentalmu dalam menghadapi rasa takut. Lewat disiplin ini, banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan lho.

Sama halnya dengan street workout, parkour memanfaatkan fasilitas umum dan lingkungan sekitar sebagai arena latihan. Keanggotaanya juga biasanya gratis lho.

3. Bela diri

Pencak silat via www.fotografindo.com

Ilmu bela diri bukan hanya sekedar olah fisik, ia juga menempa mentalmu dan mengajarkan makna tentang rendah hati dalam filosofinya. Bela diri gak dirancang buat membentuk otot sih, melainkan membuat otot dan seluruh tubuh berfungsi optimal sebagai alat pertahanan diri. Inilah makna “kuat” yang dihadirkan dalam latihan bela diri.

4. Renang

Lewat renang, kamu bisa melatih kekuatan dan ketahanan ototmu sekaligus mengatur pernapasan. Karena dilakukan di air, olahraga ini minim cidera jika dilakukan dengan benar, karena medium air meringankan kerja persendian yang bekerja keras pada olahraga di luar air. Biar lebih menantang, kamu bisa memanfaatkan air yang ada di alam, seperti danau, sungai, atau laut, untuk tempat latihanmu.

5. Lari

Lari adalah olahraga paling praktis yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kamu bahkan gak perlu alat khusus. Selain itu, lari juga memberikan banyak manfaat lho! Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya kamu memadukannya dengan olahraga lainnya.

6. Bantu ibu melakukan pekerjaan rumah tangga.

Lumayan untuk olahraga tangan via nuepoel.wordpress.com

Iya, kamu gak salah baca. Ketika kamu diminta membantu seseorang untuk hal yang melibatkan aktivitas fisik, jangan ragu-ragu untuk mengulurkan tangan. Atau kalo kamu tinggal sendiri, gak perlu berpikir dua kali untuk melakukan hal-hal yang bisa kamu kerjakan sendiri. Apa gunanya jadi kuat tapi malas, ‘kan? Hehehe.

Menjadi kuat itu gak berarti badanmu harus kotak-kotak lho. Yang penting kamu bisa melakukan aktivitas fisik sehari-hari dengan ringan dan bisa selalu punya tenaga. Berangkat dari motivasi yang sederhana, seperti menjadi lebih kuat dari dirimu yang sekarang.

Masih mau menunggu apa lagi? Yuk, latih fisikmu biar lebih kuat!