Kenapa sih hidup harus banyak cobaan gini?

Tiap ada masalah kamu selalu mengeluh. Tiap hidupmu sedang berada di bawah roda kehidupan, kamu selalu bertanya dimana letak keadilan. Belum lagi kalau sesuatu yang kamu perjuangkan ini gagal di tengah jalan. Kamu pasti akan habis-habisan merutuki kehidupan. Saat berada di bawah ini, kamu merasa jatuh bangun dalam hidup itu tak bermanfaat sama sekali. Namun saat kamu berada di atas, kamu lantas lupa akan hal-hal ini.

Advertisement

Padahal layaknya timbangan, momen jatuh bangun inilah yang menjaga agar hidupmu seimbang. Kalaupun jatuh bangun dalam hidup ini benar-benar dihapuskan, jangan kaget kalau hal-hal di bawah inilah yang akan terjadi. Mari tarik nafas dulu, hal-hal paling nggak enak akan kamu baca setelah ini.

1. Setiap hari rasanya sama. Sebab nggak ada tantangan yang buat hidupmu ada gregetnya

Tiap hari begini-begini aja~ via unsplash.com

Normalnya, akan ada hal-hal berbeda setiap harinya. Perbedaan itulah yang buat hidup terasa lebih baik atau justru lebih buruk dari hari sebelumnya. Namun jika hidupmu datar-datar aja, setiap hari akan terasa sama. Ibarat jalan raya, kamu akan lurus-lurus aja melaju ke depan. Nggak ada lubang atau bahkan jalan berbatu yang buat perjalanmu lebih mengasyikkan. Kalau hanya datar-datar saja seperti ini, apa nggak sayang dengan hidupmu sendiri?

2. Satu hari rasanya berjalan dengan lama sekali. Kebosanan akan menderamu berkali-kali

Sehari rasanya lamaaa sekali via unsplash.com

Satu hari memang ada 24 jam. Kalau hidupmu ada dinamikanya, kadang sehari bisa terasa cepat sekali. Tahu-tahu udah sore hari aja, saking kamu asyiknya menghadapi kehidupan yang ada. Tapi lain cerita jika hidupmu nggak ada naik turunnya. Waktu seharianmu pasti akan terasa lama. Sebab hal yang kamu lakukan itu-itu saja. Kalau sudah seperti ini, kebosanan nggak hanya sekali kamu alami. Tapi berkali-kali hingga buatmu lelah sendiri.

3. Akan ada masanya kamu nggak tahu apa yang ingin dilakukan. Hidupmu terasa nggak punya banyak pilihan

Hari ini ngapain ya? via unsplash.com

Advertisement

Hidup yang datar-datar aja jelas nggak akan memberimu banyak pilihan. Dengan pilihan yang nggak banyak ini, akan ada masanya kamu akan merasa hampa. Ya, kamu pasti akan merasakan nggak tahu lagi harus berbuat apa. Mau melakukan ini tapi sudah khatam kamu lakoni. Mau melakukan hal itu tapi sudah bosan sekali.

4. Semangatmu dalam meraih sesuatu juga segitu-gitu aja. Sebab kalau sudah bisa diraih ya rasanya biasa aja

Kamu nggak kenal kecepatan tinggi dan rendah via unsplash.com

Kalau hidup ada naik turunnya, kamu pasti akan punya semangat dalam meraih sesuatu. Sebab selain hasil, kamu juga mendamba proses yang buatmu kaya akan pengalaman. Namun lain halnya jika hidupmu berjalan dengan datar-datar aja. Jangankan keinginan untuk menikmati prosesnya, semangat untuk meraih sesuatu hanya segitu-gitu aja. Bahkan bisa jadi sampai nggak ada semangatnya. Kalau hidup tanpa semangat seperti ini, berarti kamu menyia-nyiakan apa yang Tuhan beri bukan?

5. Kamu juga nggak akan tahu seberapa kuat dirimu. Sebab kamu nggak pernah sekalipun merasa terjatuh sekali atau merasa di posisi paling tinggi

Seberapa kuat dirimu, jelas kamy nggak tahu via unsplash.com

Kuat atau tidaknya seseorang bisa ditentukan dari hal-hal yang pernah dialaminya. Mulai dari kegagalan yang buatnya merasa terjatuh sekali sampai kesuksesan yang buatnya bahagia. Normalnya hal-hal tersebut buatmu tahu batas-batas sejauh mana kamu bisa berjuang. Tapi jika hidup nggak ada jatuh bangun dan naik turunnya, ya bisa dibayangkan bagaimana kelak kamu akan mengambang di antara fase sedih dan bahagia.

6. Tanpa jatuh bangun, kamu akan tumbuh menjadi manusia yang nggak peka. Ini sih yang bikin bahaya

Manusia bodo amat via unsplash.com

Kepekaan seseorang bisa tumbuh karena pernah merasakaan hal yang nggak enak. Tapi jika hidupmu tak pernah merasakan hal-hal yang nggak enak itu, bisa jadi kelak kamu akan tumbuh menjadi manusia yang kurang peka. Tumbuh menjadi manusia yang nggak peka ini bahaya sekali. Sebab kamu jelas akan lebih rapuh dan tak bisa bertahan lama. Karena sejatinya, manusia itu hidup sebagai makhluk yang butuh sesama. Dan dengan kepekaan inilah hal itu bisa tercipta.

7. Saking nggak ada geregetnya, kamu jadi merasa ada yang salah. Saat terus mencari, barulah kamu akan paham bahwa tanpa jatuh bangun hidupmu jelas monoton

Ada yang salah dengan hidup ini via unsplash.com

Hidup tanpa jatuh bangun itu seperti berada di zona abu-abu. Ketidakjelasan pasti mengiringi langkahmu. Saking nggak ada geregetnya kamu sampai bertanya berkali-kali, normalkan hidup seperti ini? Sampai di satu titik kamu akan sadar, bahwa hidup tanpa jatuh bangun itu sesungguhnya adalah sebuah kesia-siaan.

Jatuh bangun dalam hidup itu memang penting. Untukmu yang tengah merutuk diri karena berada di fase terbawah dalam hidup, nikmati saja. Toh nggak selamanya kamu akan berasa di sana. Untuk kamu yang tengan berada di atas, jangan terlalu terlena. Sebab kesenangan itu bisa menjadi pisau bermata dua. Kalau hal-hal nggak enak ini yang akan kamu rasakan, masih mau berdoa agar cobaan dihilangkan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya