Tak ada salahnya kamu sudah mulai membayangkan tentang masa depan dan segala halnya. Hidup mandiri tanpa lagi ngerepotin dan jadi orangtua, adalah salah satu hal yang pengen kamu capai dalam waktu dekat.

Terlihat mudah memang, kamu hanya perlu bertahan di tempat baru dan memulai segala kegiatan sendiri. Tapi, bukan berarti semuanya bisa kamu lakukan dengan mudah. Sebelum kamu mantap untuk hidup sendiri, ada beberapa hal yang harus bisa kamu selesaikan. Karena hal ini yang bisa mengukur kemampuan dan kegigihanmu untuk hidup mandiri nantinya. Cari tahu, yuk!

1. Mengorganisir dengan rapi barangmu dulu. Karena kamu nggak akan denger omelan mama nantinya

Udah nggak perlu diomeli via www.youtube.com

Terorganisir atau tidaknya kamu, adalah barometer mutlak apakah kamu sudah layak untuk mengandalkan diri sendiri. Paling tidak, kemampuan buat menata lemari pakaian dan meja di kamarmu bisa kamu lakoni sendiri. Kamu tidak akan dengar omelan dari orangtua di rumah seperti dulu. Kalau kotor, kamu sendiri yang akan merasakan risihnya, bukan? Biasakan mulai sekarang, masih belum terlambat kok.

2. Mengatur pengeluaran sendiri setiap bulannya. Sudah jadi bawaan dari lahir kalau mengatur pengeluaran jadi hal yang wajib dikuasai cewek

Udah waktunya berkutat via www.viitoaremireasa.ro

Berkutat dengan uang dan buku pengeluaran, sudah sewajarnya kamu lakukan. Karena fase ini pasti akan dilalui tiap cewek. Bahkan, seboros-borosnya kamu, paling tidak kamu akan meluangkan waktu buat menghitung saldo di ATM. Yang terampil mengatur pengeluaran, adalah kewajiban buatmu tanggung jawab dengan pengeluaranmu tiap harinya.

3. Pengendalian diri yang kuat buat bedain butuh dan ingin. Kadang, banyak hal yang bisa buat cewek khilaf karena barang lucu

Cewek dan kebiasaaan brutal pas belanja sudah jadi satu paket. Asosiasi ini emang susah ditepis, sih. Hehehehe. Kuasai dirimu terlebih dulu buat membedakan antara kebutuhan dan ingin semata. Barang lucu-lucu nggak akan nangis kok kalau dilewatin begitu aja. Susah emang, tapi kamu perlu menguasai biar pencapaian jadi cewek mandiri dan tegar walau diskon sedang bertebaran.

4. Bisa masak itu bukan tuntutan wajib. Paling tidak saat tempat makan kesukaanmu tutup, kamu masih bisa bertahan tanpa ngerasa kelaparan

At least….. via www.viralnova.com

Semales-malesnya kamu, ada beberapa resep masakan yang wajib kamu kuasai. Yaitu mie instan, goreng telur dan goreng tahu tempe. Memang terasa malas buat belajar masak, paling tidak saat laper tengah malam melanda, kamu nggak akan kelaparan dan tahu solusi tercepat bikin perut terisi lagi, bukan? Hehehe.

5. Kamu sudah mantap dengan potensi yang ada pada dirimu. Nggak perlu ragu untuk mengejar mimpimu, bukan begitu?

Yuk tunjukkan potensimu! via www.sahabatmarina.com

Kalau berbicara mengenai mimpi dan harapan, mungkin kamu sudah mulai melupakan tentang hal-hal indah ini dulu. Keinginan yang udah kamu harapkan sejak lama, jadi tertutupi karena keinginan untuk segera hidup mandiri dan meraih karier yang cemerlang. Tapi, apakah kamu sudah tahu potensi dirimu yang sebenarnya? Nggak perlu ragu buat tetep meraih mimpi itu, mumpung saat ini hanya dirimu sendiri yang kamu jadikan prioritas, lho. Hehehehe.

Untuk kamu yang belum mendapat titik terang tentang potensi yang ada dalam dirimu, jangan gentar untuk cari tahu. Marina Beauty Journey siap ajak kamu untuk mencari jawaban yang selama ini kamu cari. Tentang potensi para perempuan Indonesia untuk tetap meraih prestasi dan mimpi, bersama Marina Beauty Journey. Yuk jadi bagian dari acara ini!

Daftarkan dirimu di website Marina Beauty Journey agar bisa berbagi pengalaman dengan Tasya Kamila, Dellie Threesyadinda (atlet panahan nasional), Lolita Agustine (presenter) dan Marcel Chandrawinata. Siapa tahu kamu adalah salah satu dari 20 Sahabat Marina yang beruntung buat ikutan kelas inspiratif Marina Beauty Journey Camp di Bali. Karena bukan nanti waktumu untuk bersinar, tapi sekarang #SaatnyaBersinar!

Dari semua pencapaian di atas, apakah sudah berhasil kamu dapatkan semuanya? Sudah, jangan ditunda mumpung masih ada waktu!