Bosan adalah hal yang wajar dirasakan manusia. Bangun pagi, mandi, sarapan, berangkat kerja; segala rutinitas yang seringkali membuat kita merasa jenuh. Tapi, kita pun tidak bisa menjalani hidup tanpa rutinitas. Satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah berdamai dengan rasa bosan itu sendiri.

Nah, di artikel kali ini Hipwee sudah menyiapkan 10 cara yang akan membantu menghalau rasa bosan yang kamu rasakan. Apa aja sih caranya?

1. Temui Teman-Temanmu

rencanakan bertemu teman via kliksmuparakan.wordpress.com

Sebagai karyawan, kamu terbiasa pergi ke kantor dari hari Senin hingga Jumat. Melewati 8 jam untuk menyelesaikan tugas-tugas yang jadi tanggung jawabmu di kantor. Kadang, saking banyaknya pekerjaan, kamu masih harus melanjutkannya di rumah. Hmm…apa kamu nggak lelah? Bukankah dirimu juga berhak untuk bersenang-senang?

Jangan biarkan dirimu larut dalam rutinitas dan rasa bosanmu sendiri. Kamu punya teman-teman yang bisa membantu menghalau kebosanan yang kamu rasakan. Segera kirim pesan singkat ke beberapa teman dan ajak mereka berkumpul sepulang kerja. Pilih tempat nongkrong yang jadi favorit kalian dan nikmati waktumu untuk bersenang-senang.

2. Siapkan Liburan di Akhir Pekan

Advertisement

liburan di akhir pekan via ayobuka.com

Cara lain untuk mengusir rasa bosan adalah dengan pergi berlibur. Kamu bisa memanfaatkan akhir pekanmu untuk menikmati sunset di pantai atau mendaki demi mencumbui puncak gunung. Pergi berlibur sendirian atau bersama teman tentu tidak jadi soal. Yang penting, kamu bisa sejenak menyegarkan pikiran dan tubuhmu.

Ingat, liburan itu penting lho! Selain menjaga fisik dan psikis-mu supaya tetap ‘normal’, liburan juga bisa membuatmu menemukan pandangan-pandangan baru dalam hidup. Melihat keindahan alam atau berkenalan dengan orang baru akan membuatmu lebih ‘kaya’ dan merasakan hidup yang lebih bermakna.

3. Beli Buku Baru

beli buku baru via www.flickr.com

Hmm…kira-kira, kenapa ya kamu bisa merasa demikian bosan dengan hidupmu sendiri? Yup, alasannya karena tidak ada hal baru yang membuatmu tertarik. Kamu terbiasa mengerjakan dan menghadapi hal-hal yang itu-itu saja sehingga segala sesuatu tampak tidak menarik bagimu.

Namun, sebuah buku bisa secara ajaib mewarnai hidupmu. Apa sih bacaan favoritmu? Novel, buku motivasi, atau komik? Sisihkan uangmu dan segera bawa pulang bacaan kegemaranmu. Biarkan dirimu sejenak tenggelam dalam kisah yang kamu baca. Dengan membaca, imajinasi akan membawa dirimu pergi ke dunia baru dan sejenak melupakan kehidupan sesungguhnya yang membuatmu bosan.

4. Temukan Teman-Teman Baru

temukan teman baru via www.merryrelationships.com

Hei, tidak ada seorangpun yang bisa hidup tanpa teman. Rasa bosan bisa muncul ketika kamu terlalu sibuk dengan dirimu sendiri. Kamu melupakan keluarga, teman, dan orang-orang yang sebenarnya bisa mewarnai hidupmu.

Jangan malas untuk menemukan teman-teman baru. Semakin banyak teman akan membuat dirimu semakin kaya. Kamu bisa kok berteman dengan siapa saja dan dimana saja. Nah, teman-teman baru inilah yang akan membuat hidupmu lebih menarik untuk dijalani. Teman baru akan berbagi cerita dan pengalaman hidupnya yang mungkin menginspirasimu.

5. Tambahkan Olahraga dalam Jadwal Aktivitasmu

rutin berolahraga via blog.pearsports.com

Sebagian dari kita seringkali merasa malas untuk berolahraga. Biasanya, kesibukan dijadikan alasan untuk tidak melakukan kegiatan yang satu ini. Hayo, apakah kamu salah satu diantaranya?

Olahraga sebenarnya punya manfaat sangat baik bagimu. Selain bisa menjaga kebugaran tubuh, olahraga akan membantu mengurangi stres. Selain itu, berolahraga juga bisa menimbulkan perasaan bahagia dalam dirimu. Dengan tubuh bugar dan perasaan bahagia, tentu hidup tidak lagi membosankan, bukan?

6. Kerjakan Sesuatu yang Membuatmu Senang

temukan kesenanganmu via truth-will-out.com

Setiap orang tentu punya sesuatu yang menjadi hobi atau kegemarannya. Apa sih hobimu? Kamu mungkin suka menulis, membuat hasta karya, mencoba olahraga ekstrem, atau belajar fotografi.

Apapun hobi atau kegemaranmu, buatlah satu proyek yang bisa membuatmu merasa senang ketika mengerjakannya. Misalnya nih, kamu bisa merencanakan menulis sebuah novel dalam waktu satu bulan. Kamu juga bisa membuat 100 foto bertema alam dalam waktu 100 hari. Hmm…unik ‘kan? Kegiatan semacam ini bisa membuat dirimu merasa tertantang dan menikmati setiap hari dalam hidupmu.

7. Cinta dan Kasih Sayang Bisa Jadi Penawar Kebosananmu

Yang satu ini bisa jadi cara yang paling unik untuk menghalau rasa bosan. Yup, ternyata punya pacar adalah solusi atas rasa bosan yang melanda hidupmu. Jika kamu masih berstatus single, boleh lho segera menemukan kekasih hati yang bisa berbagi cinta dan kasih sayang setiap harinya.

Tapi, gimana ya kalau sudah punya pacar tapi tetap saja merasa bosan? Mungkin, kamu hanya perlu menjalani hubunganmu dengan ‘rasa’ yang baru. Jika selama ini kamu dan pacarmu terbiasa pergi berdua di Malam Minggu, cobalah untuk mengganti jadwal pertemuan di hari lain. Cara ini bisa mengatasi kejenuhan yang kamu rasakan.

8. Mencoba Bekerja Sambilan

kerja sambilan via www.republika.co.id

Sekali lagi, rasa bosan bisa timbul lantaran melakukan kebiasaan yang itu-itu saja. Jadi, untuk segera menghalau rasa bosan dalam hidup, kamu hanya perlu menemukan kegiatan baru. Tapi, apa sih yang bisa kamu lakukan agar tidak merasa bosan?

Bekerja sambilan ternyata bisa jadi solusi. Pilihlah satu pekerjaan yang menurutmu menyenangkan dan tidak menggangu jadwal kegiatanmu yang lain. Mengusir rasa bosan dengan bekerja sambilan justru bisa menambah uang sakumu, masa’ sih nggak berminat?

9. Kamu Bisa Belajar Keahlian Baru

keahlian baru via www.sherwin-williams.com.jm

Sebagian dari kita mungkin menyimpan keinginan yang belum bisa terpenuhi. Salah satunya, belajar skill atau keahlian baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Coba deh kamu ingat-ingat kembali keinginan-keinginanmu yang belum sempat diwujudkan.

Kamu punya cita-cita naik gunung, ingin belajar melukis atau berharap bisa pandai memasak; banyak hal yang sebenarnya bisa kamu lakukan. Inilah kesempatanmu untuk berhenti merasa bosan dan segera menggeluti kesenangan barumu itu.

10. Menyiapkan Usaha Impianmu

menyiapkan usaha via www.yourcupofcake.com

Profesi sebagai wirausahawan kini makin populer. Orang-orang berebut kesempatan untuk bisa menjajal dan mewujudkan konsep usahanya sendiri. Belajar menjadi wirausahawan bisa mengobati kebosanan yang sedang kamu rasakan.

Pasalnya, menyiapkan usaha impian akan menyita waktu dan fokusmu. Kamu tidak lagi sibuk dengan rutinitas kantor dan merasa bosan. Tapi, kamu akan menikmati kesibukan barumu dan menjadi lebih bersemangat daripada sebelumnya. Kira-kira, kelak kamu pengen punya usaha apa? Lihat gambar cupcakes di atas, pengen nggak punya toko kue sendiri?

Nah, dari 10 cara mengusir rasa bosan  di atas, mana sih yang paling cocok denganmu? Pilih salah satu dan terapkan ketika rasa bosan begitu menyiksamu. Selamat mencoba, ya!