Seiring dengan momen wisuda, berakhirlah segala kewajibanmu sebagai mahasiswa. Tapi setelah lulus, bukan berarti kamu bisa berhenti mengembangkan diri. Justru ini kesempatan yang baik untuk semakin memperbaiki kualitas diri, dan meningkatkan potensi yang sudah kamu punya selama ini.

Coba deh lakukan 5 hal di bawah ini supaya kualitas dirimu semakin hebat. Tak hanya agar waktu luangmu bermanfaat — namun juga supaya peluangmu untuk mendapat pekerjaan makin meningkat.

Manfaatkan waktu luangmu saat ini untuk meningkatkan skill. Tak usah kursus mahal-mahal, cari saja situs-situs yang menyediakan kelas gratis di internet

learn

Ada banyak situs di internet yang bisa membantumu meningkatkan skill-mu. Jadi, kamu tak usah menghabiskan banyak uang untuk kursus mahal-mahal. Mulai dari public speaking, coding, crafting DIY bahkan akuntansi. Hipwee sudah pernah menawarkan referensi situs-situs yang bisa meningkatkan keahlianmu di artikel ini dan artikel ini. Dicoba yuk, mumpung kamu punya banyak waktu luang!

Advertisement

Kembalilah mengenal rumah, setelah selama ini ada kesibukan yang selalu menyita waktumu dengan ibu dan ayah

Cobalah untuk melakukan quality time bareng keluarga — hal yang jadi kemewahan ketika kamu masih mahasiswa. Hanya dari percakapan bersama ibu dan ayah, kamu bisa mendapat banyak wejangan tentang hidup. Orangtua, yang sudah lebih lama hidup darimu, tentu punya banyak nasihat tentang bagaimana cara menjalani hidup sebagai orang dewasa. Percayalah, yang kamu dapatkan dari mereka akan membuatmu semakin bijak dan mawas diri. Kualitas dirimu pun akan semakin mumpuni

Pergilah ke tempat paling hits di kotamu. Karena liburan juga salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dirimu

Jalan-jalan ke pantai

Jalan-jalan ke pantai via nana-nanudz.blogspot.co.id

Mumpung kamu masih punya waktu luang, manfaatkanlah dengan bersenang-senang. Misalnya saja, dengan main ke pantai atau sekadar jalan-jalan ke taman dekat rumah. Dengan bersenang-senang, pikiranmu akan jadi lebih segar.

Bangunlah pagi-pagi dan olahraga minimal seminggu tiga kali. Karena setelah kamu bekerja nanti, akan mudah untuk ngeles dan tak melakukan kebiasaan sehat ini

nike-roseh-run-tropical-twist-6

Advertisement

Mumpung kamu belum kerja kantoran, pandai-pandailah menjaga kesehatan. Olahraga minimal tiga kali seminggu untuk me Karena kesempatan akan selalu datang untuk orang yang selalu berusahaningkatkan sistem imun tubuhmu. Anulir dampak-dampak hidup nggak sehat yang sudah kamu jalani selama mahasiswa, dengan mulai mengatur pola makan serta menunya. Jangan malas mencintai tubuhmu sendiri. Selain bisa memudahkanmu lolos tes kesehatan perusahaan, ini juga bisa melatihmu membangun kebiasaan baik — sebelum kamu jadi terlalu sibuk bekerja dan ngeles tak sempat berolahraga.

Sembari mencari pekerjaan, kenapa gak mencari “pengalaman kerja” dengan memulai usaha sendiri?

Membuat plan usaha

Membuat plan usaha via huffingtonpost.com

Pengalaman kerja adalah salah satu aset berharga jika kamu sedang mencari pekerjaan. Tak usah pusing, kamu yang masih fresh graduate bisa mendapatkan pengalaman kerja ini dengan membuka usaha sendiri.

Kamu bisa membuka usaha kecil-kecilan dulu dari hobimu. Kamu yang hobi banget dandan, misalnya, otomatis tahu ‘kan merek-merek bagus di dunia make up. Jadikanlah itu lahan bisnis — misalnya dengan menjadi reseller merek-merek tersebut di Instagram. Entah sukses atau tidak online shopping-mu nanti, paling tidak dengan ini kamu jadi bisa belajar marketing, public relations, consumer relations, sales, dan accounting. Bermanfaat banget, bukan, untuk modal mencari pekerjaan?

 

Jadi jangan malas mengembangkan diri hanya karena kamu sudah sarjana. Justru ada banyak banget hal-hal bermanfaat yang bisa kamu kerjakan selama waktu mencari kerja. Sepakat?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya