Dunia kerja memang tak seindah dunia perkuliahan. Namun, setelah lulus kuliah dan menyandang gelar sarjana, memasuki dunia kerja adalah kewajiban yang tak bisa kamu abaikan begitu saja.

Tapi, bukan berarti kamu harus buru-buru mencari pekerjaan begitu lulus kuliah kok. Sah-sah saja kalau kamu ingin menikmati waktumu dulu. Kamu gak pusing ya bertahun-tahun kuliah, eh udah lulus langsung kerja? Refreshing dululah, regangin otot-ototmu, sambil kumpulkan bekal sebanyak-banyaknya sebelum memasuki dunia kerja. Nah, apa aja sih yang hal yang bisa kamu coba setelah lulus kuliah? Jawabannya…

Advertisement

Tidak ada resep rahasia, semuanya ada pada dirimu sendiri!
– Kungfu Panda

1. Keliling Indonesia atau dunia bisa jadi pilihan pertama. Pengalaman ini yang akan menyadarkanmu akan keindahan semesta.

Alam Ini Indah

Alam Ini Indah via www.exposure-magz.com

Ya, ada baiknya saat kamu udah lulus kuliah puas-puasin dulu deh jalan-jalan keliling indonesia. Kamu lihat dunia yang selama ini tidak pernah kamu kunjungi, dan perhatikan betapa super duper awesome-nya keindahan alam. Selain kamu bisa melihat luasnya dunia dan belajar untuk bersyukur, mentalmu akan semakin tangguh sebelum memasuki dunia kerja yang baru. Ingat! Setelah memasuki dunia kerja nanti, rutinitas bisa jadi membuatmu kesulitan meluangkan waktu buat pergi-pergi.

2. Maksimalkan potensi yang ada dalam dirimu. Tak ada salahnya belajar mandiri mengembangkan usaha sesuai passion-mu.

Kamu tahu Om Bob Sadino? Ya, Seorang pengusaha sukses kebanggaan indonesia. Saat beliau lulus sekolah, beliau langsung memulai karir sebagai pedagang, dan sekarang beliau termasuk orang sukses di Indonesia karena kegigihannya dalam berdagang.

Advertisement

Gimana? Menarik ‘kan? Nah, hal inilah yang bisa kamu coba dan membuatmu berbeda dari teman-temanmu. Siapa tahu berwirausaha adalah jalan rejekimu. Bukan gak mungkin kamu bisa lebih dulu sukses daripada teman-temanmu sesama fresh graduate, lho!

3. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Temui kawan-kawan lama yang kini jarang bersua.

Back to School

Back to School via data.whicdn.com

Ya, menghubungi teman-teman lamamu dan kembali menjalin silaturahmi adalah hal yang sangat menarik. Selain bisa mengobati rindu, kamu juga bisa bernostalgia tentang masa-masa dulu. Bonusnya, kalian bisa saling diskusi dan sharing dengan pengalaman masing-masing. Siapa tahu hal ini justru membukakan jalan rezekimu untuk bertemu jodoh ataupun mendapatkan pekerjaan yang kamu sukai.

4. Sempatkan untuk menikmati momen bersama mereka – keluarga yang selama ini sering terabaikan lantaran kesibukanmu di kampus.

Keluarga adalah bagian terpenting dalam hidup kita. Tanpa kamu sadari saat kamu sedang asik kuliah kamu mengabaikan mereka yang setiap hari selalu setia mendoakanmu, sedangkan kamu hanya sibuk dengan perkuliahan. Nah, inilah saatnya kamu meluangkan waktu bersama mereka. Berikan waktu terbaikmu kepada mereka sebelum kamu masuk dunia kerja dan jadi semakin sibuk nantinya.

5. Perkaya kemampuan diri dengan ikut berbagai kegiatan. Rajin-rajin datang ke seminar wajib banget kamu lakukan!

Banyak deh seminar-seminar pengembangan diri tentang leadership yang bisa kamu coba ikutin. Dari mulai tentang bisnis, kuliner, entertaiment, dan lain-lain. Ini sebenarnya bisa menjadi modal usaha kamu untuk lebih siap menghadapi dunia kerja nantinya, lho! Selain itu bisa nambah-nambah pengalaman kamu di CV juga. Dan semakin banyak kegiatan positif yang kamu lakukan, makin terbuka lebar kesempatan mendapat pekerjaan yang kamu impikan.

6. Jangan malas belajar bahasa asing. Siapa tahu ternyata kamu dapat kesempatan bekerja ke luar negeri! Asik banget ‘kan?

learning english

learning english via secure.static.tumblr.com

Cobain deh kamu nyobain Les bahasa Asing, misalnya bahasa Inggris, Jerman, Mandarin, Perancis dan masih banyak lagi. Selain bisa menambah pengetahuan, juga bisa membuatmu kenal dengan kebudayaan negara lain. Syukur-syukur bisa kerja di luar negeri. Asik banget ‘kan kalau kamu dapat kesempatan emas ini?

Tenanglah, setiap orang itu punya jalan hidup dan karir yang berbeda. Tidak harus sama, kamu berhak membuat hidupmu sendiri lebih berwarna. Semoga sedikit tulisan ini bisa memberi semangat untukmu yang baru saja jadi sarjana, ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya