Kamu nggak hanya hidup di era globalisasi, tapi juga digital. Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menuntutmu tak hanya memiliki satu atau dua kemampuan saja. Seperti misalnya, dilihat dari pasar dunia digital banyaknya start-up asing mengharuskanmu menguasai beberapa bahasa asing terutama Inggris. Atau, ada dari kamu yang ingin mempunyai pekerjaan sampingan yang ringan dan menyenangkan. Pokoknya, kemampuan yang kamu miliki tak hanya yang didapatkan dari bangku sekolah atau kuliah saja.

Keinginan menambah skill lain memang ada. Tapi sayangnya, kamu tak cukup memiliki biaya atau waktu untuk mengikuti kursus ini itu. Tenang, ada banyak lho situs-situs yang menawarkan belajar ketrampilan ini itu dengan gratis. Selain gratis, pastinya kamu juga bisa belajar di mana dan kapan aja. Untuk lebih lanjutnya lagi, mending kamu langsung simak beberapa situs yang Hipwee rangkum buat kamu ya.

1. Punya kemampuan multibahasa itu penting di era globalisasi. Kalau kursus bahasa kantongmu tak mampu, kamu bisa kok belajar banyak bahasa di duolingo.com

Belajar cas-cis-cus di banyak bahasa via duolingo.com

Sering nggak sih kamu merasa minder dengan orang-orang yang bisa bercas-cis-cus dengan bahasa selain bahasa Indonesia? Entah itu bahasa Inggris, Jerman, Belanda, Jepang dan lain-lain, pokoknya bahasa-bahasa yang memang biaya kursusnya cukup mahal. Alih-alih kamu putus asa dan tak lagi punya keinginan untuk belajar bahasa negara lain, mending kamu langsung intip situs duolingo.com ini

Situs duolingo.com ini nggak cuma gratis, tapi juga tersedia aplikasinya di ponsel. Kelengkapan pembelajaran, mulai dari listening, speaking, reading hingga writing membuat duolingo.com bisa kamu andalkan sebagai pengganti kursus.

2. Suka banget gambar, namun hasilmu masih terasa kurang bagus? Mending kamu langsung buka dan bedah isi dari situs belajarmenggambar.com

Advertisement

Biar mahir, belajar menggambar di via belajarmenggambar.com

Kamu terlalu sungkan untuk gabung ke komunitas-komunitas gambar. Kemampuan menggambarmu yang masih amatir sekali ini jadi alasannya. Nah, berarti kamu perlu membuka dan membedah isi dari situs belajarmenggambar.com ini. Tampilan menariknya udah pasti membuat kesan yang menyenangkan. Bagaimana tidak kalau tutorial dan info tentang alat-alat serta bahan bisa kamu pelajari dengan cukup lengkap. Rasa-rasanya seperti belajar langsung ‘kan?

3. Asah kecepatan dan ketepatan mengetik kamu di Typeracer

Biar ngetikmu tingkat dewa via play.typeracer.com

Hayo siapa yang masih ngetik dengan sebelas jari? Ngetik cuma pakai telunjuk tangan kanan dan kirimu aja. Hehehe

Buat kamu yang kerjanya berkaitan dengan dunia pengetikan, seperti para penulis, editor, atau jurnalis, harus memiliki kemampuan mengetik yang nggak cuma cepat tapi juga tepat. Tapi kenyataannya pun masih banyak yang sering typo saat harus mengetik cepat.

Berarti, kamu memang harus berkenalan dengan situs Typeracer. Situs yang memang khusus memberi kamu tes menulis cepat dan tepat ini, punya cara yang menarik dan seru. Tes mengetiknya dilakukan seperti sebuah balapan, di mana kamu bisa terkoneksi dengan pengguna-pengguna lain yang juga sedang mengikuti tes. Sedangkan di akhir tes bukan cuma info kamu ada di peringkat berapa, tapi juga ada info tentang kecepatan kamu menulis per detik dan keakuratan kata yang kamu tuliskan.

4. Kamu harus tahu situs Desain Grafis Indonesia kalau ingin belajar desain grafis

Minat kamu di desain grafis via dgi.or.id

Buat kamu yang punya minat di desain grafis, situs Desain Grafis Indonesia ini bisa membantu kamu meniti kembali cita-citamu. Situs ini termasuk ke lembaga kolaborasi, berfokus pada pengembangan desain grafis di Indonesia melalui pencatatan sejarah, pengarsipan artefak, penerbitan, diskursus, penghargaan, dan beragam kegiatan lainnya. DGI ini juga menjamin kamu mendapatkan info terkini mengenai perkembangan desain grafis serta kegiatan-kegiatan yang bisa kamu ikuti.

5. Situs belajarcaramerajut.com ini cocok buat kamu yang baru ingin mencoba merajut

Merajut menjaga kewarasan dan kesabaranmu via belajarcaramerajut.com

Merajut bukan cuma kegiatan ibu-ibu atau nenek-nenek lho ya. Kamu, anak muda mau cowok atau cewek bisa dan boleh banget mencoba kegiatan merajut ini. Selain punya banyak keuntungan yang jarang dimiliki oleh orang lain, setidaknya merajut bisa mengisi waktu-waktu senggang.

Di sini nggak cuma disediakan panduan-panduan dasar kniting, cast onpurl, dan lainnya. Tapi juga menyediakan macam-macam teknik lain yang bisa kamu tiru. Situs ini juga ada kelas-kelasnya lho.

6. Mumpung belum nikah, belajar masak dulu aja dari video-video yang ada di kokiku.tv. Bisa jadi bekal untuk kamu, calon ibu muda

Buat calon-calon ibu muda via kokiku.tv

Keahlian memasak bukan hal yang mutlak harus dimiliki setiap cewek. Tapi, nggak ada salahnya juga kan kamu bisa memasak paling nggak makanan-makanan ringan. Nggak usah mikir hal-hal yang ribet terlebih dulu tentang proses memasaknya. Mending kamu belajar dulu cara-caranya langsung dari video-video yang ada di situs kokiku.tv ini.

Nggak cuma memberi informasi tentang bahan dan alat, tapi juga langsung mempraktikkan step by step cara memasaknya. Dijamin deh, setelah melihat ini kamu langsung tergiur untuk coba mempraktikkannya.

7. Di era digital ini programing paling banyak dibutuhkan. Buat kamu yang punya ketertarikan disana, coba belajar coding di jagocoding.com aja dulu

Asah kemampuan cooding via jagocoding.com

Di era serba digital ini programer memang paling laris dicari banyak perusahaan. Paling tidak, kamu yang ingin punya alternatif pekerjaan lain yang cukup menjanjikan, belajar coding bisa jadi salah satu jawabannya. Nggak perlu kursus atau beli buku dengan CD tutorial mahal, cukup buka aja situs jagocoding.com. Di sana tutorial yang bisa kamu dapat lengkap sekali, mulai dari tutorial for baby, tutorial for newbie, tutorial for standart, tutorial for advice, sampai dengan tutorial for expert. Wah, wajib di coba ‘kan?

Bagaimana ada yang sudah kamu buka dari salah satu situs yang Hipwee uraikan di atas? Selamat belajar ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya