Sebagai manusia biasa, rasa putus asa dan lelah pada kehidupan itu bisa datang kapan saja. Bila masalah-masalah berdatangan, dan kamu bingung harus mencari solusi untuk yang mana dulu, terkadang kamu berpikir: “Kok hidup gini amat ya?”

Hidup memang berat, semua orang mengakui itu. Tapi toh semua orang mengalaminya. Jadi, kamu tidak sendiri. Tapi terkadang yang membuat hidupmu terasa lebih berat dari yang lainnya justru hal-hal yang kamu lakukan sehari-hari tanpa kamu sadari. Coba deh, hal-hal di bawah ini sering kamu lakukan?

1.  Kamu merasa harimu super melelahkan? Tunggu dulu, mungkin kamu terlalu banyak melakukan atau memikirkan hal-hal yang nggak perlu

Overthinking via thoughtcatalog.com

Saat kamu merasa harimu begitu melelahkan dan pikiranmu begitu penuh dengan hal-hal yang harus dipikirkan, coba deh cek lagi. Mungkin sebenarnya kamu terlalu banyak memikirkan hal-hal yang nggak perlu. Mau makan, kamu galau dulu memikirkan berapa kalori yang akan masuk tubuhmu. Lagi diPDKT-in sama cowok, kamu sudah memikirkan kemungkinan di masa depan kira-kira dia akan selingkuh apa nggak. Ah, kamu lupa ya? Daripada dipikirkan mati-matian, hidup lebih dijalani saja.

2.  Baper juga bisa menambah beban hidup. Jangan mengambil asumsi dari yang belum pasti, biar kamu nggak sensi sendiri

Advertisement

*Ngirim SMS ke pacar*

*30 menit nggak ada balasan*

“Pasti dia udah bosan pacaran dan pengen putus deh 🙁 ”

Istilah anak zaman sekarang “jangan baper ah” sebenarnya ada benarnya juga. Nge-chat teman hanya di-read doang, langsung berpikir bahwa dia membencimu. Duh, asumsi-asumsi nggak berdasar seperti ini akan membuat hidupmu jadi semakin berat. Daripada selalu negative-thinking lebih baik kamu berpikir yang positif-positif saja kan?

3.  Terlalu sering menghindari risiko juga membuat ruang gerakmu semakin sempit. Wajar kalau kamu jadi merasa terjepit

Hidup itu risiko via catracalivre.com.br

“Kalau aku naik angkot, nanti kena macet. Naik kereta, gangguan sinyal, lama juga. Naik ojek, duh, nanti abangnya nggak tahu jalan lagi. Kalau bawa motor sendiri, aku yang nggak tahu jalan. Duh, gimana ya~”

Namanya hidup pasti ada risiko. Wajar memang bila seseorang ingin sebisa mungkin menghindari risiko atau hal-hal buruk. Tapi kalau kamu terlalu berlebihan dalam menghindari risiko, pilihan yang kamu punya juga semakin sempit. Ini itu rasanya nggak ada yang oke. Padahal apapun yang kamu pilih pasti ada risiko yang menanti, karena hidup ini selalu memakai hukum sebab-akibat bukan?

4. Kamu membiarkan komentar orang lain menjatuhkan mentalmu. Padahal mereka nggak tahu apa-apa soal hidupmu

Semua orang nge-judge via siguna.tumblr.com

Sampai kapanpun kamu tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang di dunia. Di tengah-tengah dunia yang memuja Dian Sastro sebagai perempuan dengan kecantikan absolut, pasti ada saja yang tidak suka dengannya. Apalagi kamu? Tidak perlu terlalu mendengarkan komentar orang, apalagi yang sifatnya menjatuhkan. Mengambil kritik yang membangun itu harus, tapi memikirkan komentar negatif yang nggak relevan itu jangan. Ingat, bahwa mereka nggak pernah mau tahu alasanmu atau latar belakangmu melakukan suatu hal. Mereka hanya melihat apa yang kamu lakukan, dan langsung menjugdenya. Jadi, abaikan saja.