Sebagai manusia normal yang nggak terlepas dengan kekurangan dan kelebihan, pasti ada aja yang bikin kamu dipandang sebelah mata. Meski udah berusaha melakukan yang terbaik, tetap aja cibiran-cibiran selalu menyertai. Padahal yang memandang sebelah mata pun nggak jauh beda sama kamu.

Mau menanggapi omongan mereka cuma bikin lelah aja. Daripada kamu jadi capek sendiri, lebih baik ikat 5 hal berikut ini di kepalamu saat lagi diremehin orang. Nggak perlu ikut-ikutan jadi negatif, hal-hal ini justru bisa membantumu menyikapi keadaan dengan bijaksana. Kalau udah, nanti tinggal say good bye aja sama orang-orang yang suka meremehkan. ;p

1. Setiap orang punya kelebihan. Daripada mengeluh dan bersedih terus, mending sibukkan diri untuk mengembangkan kelebihanmu

selami kelebihanmu ;)

Dalami kelebihanmu ūüėČ via www.mastipost.com

Advertisement

Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Wajar saja kalau sesekali kamu mengeluh dan bersedih karena kekurangan yang kamu miliki. Tapi jangan sampai keseringan juga ya! Jadikan aja hal tersebut sebagai titik balik kamu supaya lebih kuat. Lagipula sebaiknya sibukkan diri sama hal-hal yang kamu kuasai deh. Dengan begitu cibiran-cibiran orang lain juga bakal hilang sendiri karena tertutup sama kelebihanmu yang menonjol.

2. Sebagai manusia kamu¬†memang punya kekurangan. Tapi jika diniatkan, bukan berarti kamu nggak bisa memperbaikinya ‚Äėkan?

kamu bisa memperbaikinya

Kamu bisa memperbaikinya via omglolno.tumblr.com

Memperbaiki keadaan memang nggak mudah. Namun nggak ada salahnya kalau kamu terus berupaya memberikan yang terbaik. Contohnya kamu punya kesulitan dalam beradaptasi sama orang-orang baru. Nah secara perlahan kamu bisa latihan untuk meningkatkan kepercayaan dirimu, misalnya dengan banyak berinteraksi sama lingkungan sekitar. Dengan mengerti dan menerima kekurangan itu, kamu pun akan terpacu untuk mengatasinya. Jika sudah terbiasa, lambat laun segala hal yang kamu rasa kurang akan bisa kamu atasi untuk jadi lebih baik lagi.

3. Jangan ragu mencoba berbagai hobi baru. Selain menambah kenalan, kemampuan dan sudut pandangmu jadi semakin kaya

Cari hobi yang membuatmu tetap produktif berkarya

Cari hobi yang membuatmu tetap produktif berkarya via recoveringshopaholic.com

Salah satu hal wajib yang kamu lakukan supaya cepat move on dari cibiran orang yaitu mencoba hobi baru. Coba pikirkan sesuatu yang membuatmu tertarik tapi belum pernah kamu coba. Misalnya ikutan kegiatan sosial, les bahasa asing, les memasak, atau gabung sama komunitas baru. Dari kegiatan baru ini semangatmu akan tumbuh lagi. Kepercayaan dirimu juga akan meningkat seiring waktu yang kamu habiskan untuk menekuni kegiatanmu yang baru. Selain menambah teman, kemampuan dan sudut pandangmu jadi semakin kaya.

4. Simpan dengan baik tenagamu buat mengerjakan hal lain yang lebih berharga dibanding menjawab cibiran orang. Biar nggak mubazir! ;p

cuekin aja yang cibirin kamu ;p

Cuekin aja yang cibirin kamu ;p via weheartit.com

Advertisement

Jangan lagi deh membuang tenagamu buat menanggapi cibiran orang. Karena yang ada kamu malah jadi emosi sendiri dan bikin kamu rugi. Sebaiknya simpan tenagamu biar nggak mubazir terbuang. Kan kamu sendiri yang capek meladeni omongan mereka. Anggap saja mereka yang mencibirmu itu memang nggak ada kerjaan lain, sampai rela buang-buang tenaga untuk mengucapkan apa yang bahkan nggak akan dapat tanggapan. Malah kalau bisa jadikan aja apa yang terucap oleh mereka sebagai motivasimu untuk lebih baik.

5. Ketika kamu merasa jenuh dan tersudut, melakukan perubahan itu perlu. Asal nggak mengubah sisi positif diri ya!

yang penting tetap positif ya

Yang penting tetap positif ya! via www.yahoo.com

Saat kamu dicibir oleh orang lain, kamu pasti berpikir bahwa ada yang salah dalam dirimu. Tidak masalah berpikir seperti ini selama niatnya adalah introspeksi. Jika memang ada yang perlu diperbaiki, memang kamu perlu nih mengubah dirimu secara perlahan. Tapi ingat, jangan sampai sisi positifmu menghilang. Melakukan perubahan berarti selangkah lebih maju dalam menjalani hidup. Oleh karenanya, jadikanlah proses perubahan itu sebagai motivasimu menuju ke arah yang lebih baik lagi.

Jangan lagi deh bermuram durja karena ejekan orang! Kamu harus ingat kalau nggak ada manusia yang sempurna. Jadi semua nggak pernah terlepas dari kekurangan. Setiap manusia juga punya kelebihan masing-masing. Daripada tenggelam dengan kekurangan yang selalu menjadi cibiran, sebaiknya sibukkan diri dengan hal-hal yang membuat kamu lebih keren.

Semangat ya! Kamu bisa kok. Nanti akan tiba saatnya kamu tinggal bilang¬†bye-bye¬†aja sama semua orang yang pernah meremehkan. ūüėČ

Baca juga kisah inspiratifnya Laura Theux yang berhasil bangkit dari keterpurukannya di masa lalu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya