Pergi pagi pulang malam, lembur dengan senang hati. Kalau nggak hibernasi seharian, weekend pun kadang masih mengurusi pekerjaan. Hasilnya memang lumayan. Ini itu yang kamu inginkan bisa kamu dapatkan. Tinggal menunggu waktu saja hasil jerih payahmu berbuah kesuksesan dan posisi yang semakin bagus.

Tapi di luar tekad dan niat kerja kerasmu yang patut diacungi jempol, ada hal-hal sederhana yang kamu lupakan. Alasannya memang masuk akal, karena waktumu sudah habis untuk pekerjaan. Padahal tanpa melakukan hal-hal sederhana itu, percuma saja kamu kerja keras dari pagi sampai pagi. Apakah selama ini kamu sering melakukan hal-hal ini?

1. Sibuk mengurusi pekerjaan bukan excuse untuk telat atau malah nggak makan. Ingat, kamu kerja salah satunya untuk cari makan, bukan?

Jangan hanya makan biskuit doang

Jangan makan biskuit doang via www.theatlantic.com

Advertisement

“Kamu udah makan?”

“Udah. Eh udah belum ya? Entah deh, lupa. Lagi banyak kerjaan ini.”

Alasan orang bekerja memang banyak. Ada yang bekerja untuk berkarya, untuk kepuasan diri sendiri, dan pastinya untuk memenuhi kebutuhan. Makan adalah salah satu kebutuhan hidup yang krusial. Kalau karena sibuk bekerja, kamu sampai mengabaikan pola makan, kadang bahkan nggak makan, sia-sia dong kamu kerja keras selama ini?

2. Tubuh juga perlu istirahat dengan layak. Kerja keras tanpa peduli tubuh, ujungnya malah kamu tumbang dan nggak bisa kerja esok hari

Tubuh juga butuh istirahat

Tubuh juga butuh istirahat via archinect.com

Setelah seharian bekerja keras, tubuhmu perlu diistirahatkan juga. Tidur yang nyenyak dan cukup bisa membuat tubuhmu segar dan siap untuk berkarya lagi esok hari. Kalau kamu mengabaikan kebutuhan istirahat karena kamu masih banyak pekerjaan, lelah tubuhmu akan menumpuk-numpuk. Dan ujungnya, kamu akan tumbang karena tubuhmu sudah mencapai ambang batasnya. Pada akhirnya, kamu malah nggak bisa bekerja. Pilih mana?

3. Olahraga sering kamu lupakan karena nggak ada waktu luang. Padahal, push up dan sit up 20x setiap pagi juga sudah lumayan

Olahraga rutin

Olahraga rutin jangan disepelekan via reswaraku.blogspot.co.id

Advertisement

Sudah banyak penelitian yang membuktikah bahwa rajin olahraga akan menambah panjang usiamu. Sayangnya, karena urusan pekerjaan yang mengharuskanmu berangkat pagi dan pulang malam membuatmu nggak punya waktu untuk olahraga. Kalau akhir pekan kamu juga maunya istirahat saja, setelah seminggu bekerja. Itu hanya alasan saja. Rajin olahraga itu juga demi kebaikanmu sendiri, agar tubuhmu selalu sehat dan fresh, serta siap untuk bekerja keras lagi.

4. Kamu kerja keras untuk membahagiakan keluarga. Tapi kalau itu sampai membuatmu lupa berkumpul dengan keluarga, bagaimana ya?

Liburan dengan keluarga

Liburan dengan keluarga via daerah.sindonews.com

Alasan lain kamu bekerja, adalah untuk membantu perekonomian keluarga, dan membuat bangga orang tua. Karena itu, kamu rela bekerja keras, berangkat pagi-pagi pulang-pulang sudah malam dan tinggal ngantuknya saja. Tapi ingat, keluargamu juga ingin ngobrol denganmu. Mereka juga butuh perhatianmu. Sungguh ironis kalau kamu bekerja keras untuk keluarga, tapi kamu sendiri nggak punya waktu untuk bersama-sama mereka.

5. Bertemu dengan teman-teman ibarat nge-charge HP. Kamu membutuhkannya untuk mengembalikan mood dan semangat setiap harinya

nongkrong dengan teman

Nongkrong dengan teman via www.pinterest.com

Berkutat seharian dengan pekerjaan, sibuk hibernasi saat akhir pekan, lalu kembali sibuk lagi dengan pekerjaan, membuatmu kehilangan kehidupan sosial. Coba ingat kapan terakhir kali kamu berkumpul dengan teman-teman, atau bersosialisasi dengan orang-orang baru? Padahal dengan nongkrong bersama teman-teman, bisa menambah baterai hidupmu dan membuat semangatmu muncul lagi. Karena saat bersama mereka, kamu bisa bersenang-senang dan sejenak melupakan soal pekerjaan.

6. Menekuni hobi adalah salah satu sumber kesenangan. Meski kerja keras setiap hari, luangkan waktu untuk ini agar kamu segar kembali

Jangan tinggalkan hobi

Jangan tinggalkan hobi via redheads-thoughts.blogspot.co.id

Selain nongkrong dengan teman-teman, kamu juga bisa mengisi ulang baterai semangatmu dengan menekuni hobi yang nggak bisa kamu lakukan di hari-hari kerja. Melakukan hal-hal yang kamu suka bisa menghilangkan penat dan stres akibat tekanan pekerjaan. Selain itu, siapa tahu dari hobimu kamu bisa mendapatkan uang juga. Kesenangan dan keuntungan materi, semuanya kamu dapatkan.

7. Lupa menabung adalah alasan kenapa kerja kerasmu selama ini seolah nggak ada bekasnya. Lha uangnya habis setiap bulan juga!

Lupa nabung

Sisihkan uang untuk ditabung via youqueen.com

Mungkin selama ini kamu pernah bertanya-tanya, sudah bekerja sekian lama tapi kok nggak ada bekasnya? Gaji habis setiap bulan, belum bisa membelikan apa-apa pada orang tua, keinginan untuk traveling juga belum kesampaian karena uangnya belum ada. Penyebab itu semua adalah karena kamu lupa menabung. Jadi uang yang kamu dapatkan setelah bekerja keras hilang begitu saja tanpa kamu lihat bekasnya. Padahal mungkin kalau kamu perhatikan lagi, banyak hal-hal tak perlu yang kamu beli.

8. Lupa untuk berbagi dengan sesama. Padahal itu bisa membuat hidupmu lebih bermakna. Nggak percaya? Coba saja!

Berbagi dengan sesama

Berbagi dengan sesama via keluarga.com

Terkadang orang menunggu kaya dulu baru berbagi dengan orang yang membutuhkan. Padahal kalau menunggu sampai kaya dulu, kamu juga nggak akan tahu kapan bisa berbagi. Berbagi dengan sesama bisa menambah makna hidupmu. Bukankah senang rasanya saat kamu bisa memberikan bantuan kepada orang lain dan meringankan bebannya?

Kerja keras memang perlu dan harus. Bukan semata-mata untuk memenuhi kehidupan, tapi juga untuk berkarya dan proses aktualisasi diri. Tapi ingat bahwa bekerja adalah salah satu aspek kehidupan. Aspek yang lain masih banyak. Jangan sampai karena terlalu asyik bekerja, kamu mengabaikan hal-hal sederhana saat ini yang bisa sangat berpengaruh nanti di kemudian hari. Karena hidup ini hanya satu kali, dan masa lalu nggak akan pernah kembali, lakukan semuanya sesuai porsi 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya