4 Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Memilih UKM yang Akan Kamu Masuki. Biar Nggak Salah Pilih

Pilih UKM

Setiap kampus menyediakan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) sebagai wadah mahasiswa untuk berkegiatan di luar kelas. Sebagaimana sebuah organisasi, UKM punya tujuan dan fokus kegiatan masing-masing. Sebut saja pecinta alam yang berfokus kegiatan alam, UKM penulisan ilmiah berfokus menyediakan ruang untuk mahasiswa belajar menulis ilmiah, fotografi menyediakan wadah mahasiswa yang ingin mengembangkan hobi fotografi, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Kehidupan kuliah sangat sayang jika dihabiskan hanya untuk sekadar ke kampus dengan niatan bersenang-senang. Banyak kesempatan dan ruang yang telah disediakan kampus untukmu mengasah keterampilan dan membuka jaringan pertemanan. Atau mungkin karena masih bingung mau memilih UKM apa yang cocok untukmu? Nah, kebetulan sekali Hipwee Motivasi kali ini akan mengulah tentang 4 hal yang mesti kamu pikirkan sebelum memilih UKM.

1. Saat memilih UKM utamakan yang sesuai dengan minat bakatmu. Sayang banget kalau cuma ikut-ikutan teman doang

Jangan cuma ikut-ikut via istockphoto.com

Banyak mahasiswa baru ikut UKM cuma karena di sana ada temannya yang sudah lebih dulu masuk. Hal tersebut memang sah-sah saja dilakukan. Cuma alangkah lebih baik kalau kamu mempertimbangkan minat dan bakatmu juga. Biar waktu yang dihabiskan berkegiatan nggak sia-sia. Soalnya banyak tuh yang ikut UKM cuma bentar, lalu keluar karena merasa nggak cocok.

Ada juga yang suka pindah-pindah UKM kayak orang bingung. Ini karena mereka belum menemukan apa yang hendak dicari dan dipelajari. Pikirkan dulu yang mateng, baru ikut kegiatan. Pilih satu aja tapi yang fokus.

Advertisement

2. Cari UKM yang lingkungannya mendukung kamu untuk berkembang. Nggak jarang UKM jadi toxic karena orang-orangnya kurang mendukung

Pilih yang lingkungannya bikin kamu berkembang via www.hipwee.com

Banyak kasus mahasiswa lulus lama lantaran asyik berkegiatan di UKM. Ada ironi di sini, UKM yang awalnya hanya jadi wadah pembelajaran justru menghambat kelulusan. Dalam kasus ini tentu saja bukan UKM-nya yang salah, UKM hanyalah sebuah wadah. Kesalahan terletak pada manusianya sendiri; bisa jadi karena dianya emang males, bisa jadi juga lingkungannya yang toxic sehingga menghambat progres akademismu.

Makanya sebelum ikut UKM baiknya cermati dulu apa maumu, bagaimana orang-orang di dalamnya. Kalau kamu yakin bisa menjaga diri dan nggak terbawa pergaulan yang menghambat kelulusanmu, silakan ikutan.

3. Memilih UKM bisa juga diselaraskan dengan pekerjaan yang kamu inginkan nanti. Langkah strategis nih

Sekalian cari portofolio via unsplash.com

Banyak fresh graduated mengandalkan pengalaman berorganisasi sebagai portofolio diri. Langkah ini bisa ditiru. Gunakan UKM sebagai ladang mencari pengalaman berorganisasi. Kamu bisa sesuaikan UKM dengan pekerjaan apa yang kamu inginkan nanti. Misalnya kamu pengen jadi jurnalis atau fotografer, daftarlah ke UKM fotografi. Kamu ingin berkarir di dunia film, daftarlah UKM film. Manfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya. Plus, senior-senior di UKM juga bisa menjadi penghubungmu dengan dunia kerja yang kamu inginkan. Kalau kamu bisa memilih UKM yang tepat dan sesuai dengan keinginan, selain ilmu dan pengalaman, kamu juga bisa menjalin jejaring yang sangat penting buat dunia kerja ke depannya nanti.

Advertisement

4. Jangan sampai kegiatan UKM mengganggu kuliah. Pilih UKM yang sesuai dengan kemampuanmu membagi waktu

Harus bisa bagi waktu via www.unsplash.com

Waktu yang dihabiskan untuk berkegiatan atara satu UKM dengan yang lainnya itu berbeda-beda. Ada UKM yang membutuhkan waktu intens untuk diikuti, ada pula yang santuy. Perbedaan ini mesti kamu cermati dan sesuaikan dengan jam kuliahmu. Kalau kuliahmu dirasa sudah padat, jangan pilih UKM yang kegiatannya banyak dan rutin. Pilihlah yang santai-santai aja biar bisa jalan bersama-sama. Pada prinsipnya, jangan sampai kegiatan UKM mengganggu kuliahmu. Kan kamu bayar kampus mahal-mahal buat kuliah, bukan buat ikutan UKM doang~

Itulah 4 hal yang mesti kamu perhatikan sebelum memilih UKM. Kamu nggak bisa sembarangan milih UKM sebab banyak hal yang bisa kamu manfaatkan dari organisasi untuk mahasiswa ini. Kamu bisa dapat banyak ilmu dan pengalaman di sini. Sayang aja kalau cuma asal pilih doang. Takutnya udah menahun berkegiatan, setelah lulus kamu nggak merasa dapat apa-apa.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE