Kedewasaan seringkali membawa perubahan-perubahan yang nggak bisa kita prediksi sebelumnya. Salah satunya ketidakpastian hidup, entah dalam hal karir ataupun asmara. Momen di mana kita galau dan bingung akan masa depan hidup kita. Momen di mana kita nggak tahu mesti berbuat apa.

Ketidakpastian seringkali membuat semangat untuk hidup meredup. Kondisi ini terbilang genting. Kamu jelas butuh motivasi untuk bangkit lagi. Sebab kalau dibiarkan lama-lama, masa depanmu yang jadi taruhannya.

1. Ingat lagi impian dan cita-cita yang selama ini kamu perjuangkan. Kamu sudah jalan sampai sejauh ini, masa iya mau berhenti?

Ingat lagi jalan yang sudah tertempuh via unsplash.com

Advertisement

Sementara, ingat lagi mimpi.. juga janji-janji.. jangan kau ingkari lagi..

Petikan lagu Float berjudul Sementara itu barangkali bisa kamu jadikan inspirasi. Saat kamu sedang down karena hidup banyak ketidakpastian. Tarik mundur ke belakang. Ingat lagi mimpi dan cita-cita yang ingin kamu raih. Ingat pula bahwa kamu sudah berjanji pada diri untuk selaku berjuang meraihnya.

2. Jangan melulu melihat ke atas, terkadang kamu harus melihat ke bawah agar tetap merasa bersyukur atas apa yang terjadi padamu selama ini

Lihat lebih dekat via www.unsplash.com

Di saat kritis semacam ini ada baiknya kamu menunduk bukannya mendongak. Rendahkan diri dan buka mata lebih lebar. Barangkali kamu terlalu banyak melihat ke atas sampai lupa bersyukur atas apa yang sudah dirimu miliki. Memang kamu sedang dirundung banyak hal yang tak jelas ujungnya, namun jangan pernah berpikir bahwa hidupmu nggak berguna. Kamu hanya sedang dalam fase stuck saja. Bersabarlah dan terus berusaha, niscaya akan ada jalan yang terbuka.

3. Kamu harus terus berpikir positif tentang apa yang sedang dirimu perjuangkan. Jangan hambat diri sendiri dengan kegelisahan dan ketakutan

Stay positif via www,pexels.com

Advertisement

Di usiamu yang saat ini adalah wajar jika kamu mengalami kegalauan atau ketidakpastian karir atau asmara. Namun kondisi nggak bisa dibiarkan begitu saja. Kamu mesti terus positif dalam memandang hidup. Suka atau nggak dengan pekerjaan yang kamu lakukan sekarang, jangan menyerah di tengah jalan. Sesulit apapun masalah asmaramu jangan sampai mengganggu hidupmu.

4. Nggak kunjung berhasil bukan berarti kamu gagal, mungkin memang belum waktunya. Jadi teruslah berusaha sampai dirimu tahu ujung perjalananmu

Terus berusaha via www.unsplash.com

Ketidakpastian hidup yang kamu rasakan sekarang barangkali akibat dari tidak adanya prestasi yang membanggakan sampai sejauh ini. Jangan khawatir sebab ini wajar dialami oleh orang seusiamu. Namun sebenarnya kamu tinggal mengubah persepsimu. Karena sebenarnya capaianmu yang sekarang ini nggak buruk-buruk banget. Kamu sedang berada di tengah perjalanan. Jangan berpikir untuk menyerah. Teruslah melangkah sampai kamu benar-benar tahu ujung jalan itu.

5. Nggak ada salahnya mencoba hal yang baru. Kamu masih muda dan masih punya banyak modal serta kesempatan untuk sukses di masa mendatang

Coba hal baru via www.unsplash.com

Kalau pun kamu sudah nggak yakin dengan jalanmu yang sekarang, maka jangan ragu untuk mencoba sesuatu yang baru. Memang sih mesti mulai dari awal. Tapi apa salahnya demi kepastian hidup? Kamu toh masih tergolong muda dan memiliki energi dan semangat yang berlimpah. Boleh jadi memang kesuksesan karirmu di bidang yang lain selain dari apa yang sedang kamu jalani saat ini.

Dan nggak perlu menyesali apa yang telah kamu kerjakan. Meski nggak berakhir seperti yang kamu inginkan, itu bukan berarti kamu gagal. Nggak ada yang sia-sia dari sebuah perjuangan. Kamu toh sudah mendapat banyak pengalaman. Ini yang penting kamu jadikan bekal untuk karirmu selanjutnya.

6. Jika semua hal sudah kamu lakukan. Maka tinggal pasrah berdoa dan meminta pertolongan Tuhan untuk keluar dari segala keresahan

Berserah diri via www.unsplash.com

Saat segala cara telah kamu coba lakukan namun belum menemui hasil, maka yang perlu kamu lakukan adalah berserah diri. Kamu telah melakukan segala yang kamu bisa, kamu telah melakukan bagianmu. Sisanya biar Dia Yang Maha yang memberikan jawabannya. Berdoalah untuk meminta kemudahan dan ditunjukkan jalan menuju ke suksesan. Ketidakpastian hidup yang kamu jalani sebelumnya bisa jadi karena kamu terlena, lupa meminta kepada Sang Maha Pemberi.

Semua orang pernah merasakan fase resah dan merasa hidup dalam ketidakpastian. Maka dari itu kamu nggak perlu pesimis atau bahkan takut. Kamu hanya perlu terus melangkah dan berpikir positif. Percaya rezeki atau jalan hidup telah di atur oleh yang di atas. Selama ada usaha, pasti ada jalan. Percayalah!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya