4 Langkah yang Bisa Kamu Ambil Ketika Merasa Salah Jurusan. Masa Depan Masih Bisa Terselamatkan

salah jurusan

Peran jurusan kuliah pada masa depan seseorang itu cukup penting. Dari jurusan yang dipilih, paling nggak kita sudah bisa menerka profesi kerja apa nanti yang bakal dijalani. Memilih jurusan mesti disesuaikan dengan ketertarikan diri. Biar saat menjalani kita bisa menikmati lika-liku proses pembelajarannya.

Advertisement

Namun dalam pelaksanaannya banyak orang yang merasa salah jurusan. Kejadian seperti ini merupakan akibat dari persiapan yang kurang saat memilih jurusan. Ada yang sanggup menjalaninya sampai lulus, ada pula yang nggak betah dan memilih nggak kuliah. Nah contoh yang kedua nggak patut ditiru. Daripada berhenti kuliah, ada baiknya kamu mempertimbangkan 5 opsi yang bisa kamu pakai ini.

1. Jangan buru-buru pasrah saat merasa salah jurusan. Kamu masih bisa transfer jurusan kok selama jurusan yang baru ada kaitannya dengan jurusan yang lama

Pindah jurusan aja kalau punya duit via mojok.co

Salah jurusan nggak semenakutkan itu. Kamu masih bisa memperbaiki semuanya dengan melakukan transfer jurusan. Cara ini biasa dipakai orang yang habis pindah kota. Tentu saja syarat dan ketentuan setiap kampus berbeda-beda. Namun yang jelas, jurusan yang baru mesti ada benang merahnya dengan jurusan yang lama. Nggak bisa tiba-tiba kamu dari jurusan teknik pindah ke kedokteran. Kecuali kamu anaknya yang punya kampus. 😀

2. Jika kamu nggak mampu pindah kampus atau jurusan karena faktor biaya maka perbanyak ikut kegiatan di luar adalah solusinya

Ikut komunitas via pedomanbengkulu.com

Salah jurusan itu berat bagi mereka yang perekonomiannya sulit. Masih bisa kuliah aja sudah untung, masa mau bilang ke orangtua kalau pindah jurusan? Malah jadi pikiran. Alangkah baiknya kuliah itu tetap kamu teruskan lalu kamu cari ruang lain untuk belajar. Kamu bisa ikut les, kursus, diskus, seminar dan lain sebagainya yang ilmunya sesuai jurusan yang hendak kamu pelajari. Tenang, masih banyak jalan menuju Cina.

Advertisement

3. Jangan lupa bahwa di kampus ada organisasi dan UKM yang bisa kamu ikuti. Siapa tahu kamu bisa dapat ilmu dari sana

Belajar di UKM via www.lppmnuansa.com

Setiap kampus punya organisasi kemahasiswaan dan UKM yang bisa kamu jadikan wadah belajar. Untukmu yang ingin pindah ke kampus seni, UKM bisa jadi jalan tengah supaya kamu nggak merepotkan orangtua. Kamu masih tetap bisa lanjut kuliah yang telah dipilih sambil sekaligus belajar musik, teater, film, fotografi, dengan UKM. Ikut organisasi itu penting untuk melatih kepekaan dalam bekerja dan juga menjalin jaringan pertemanan. Suatu saat keduanya akan kamu butuhkan dalam dunia kerja.

4. Kuliah sambil kerja juga bisa kamu lakukan demi mewujudkan keinginanmu pindah jurusan. Kalau pakai uang sendiri kan lebih bebas tuh, jadi aman

Sambil kerja biar bisa bayar sendiri via www.lppmnuansa.com

Keuangan menjadi salah satu hambatan utama orang yang hendak pindah jurusan atau kampus. Ada rasa nggak enak sama orangtua karena selalu merepotkan. Jalan lain yang bisa kamu pilih yaitu bekerja sambilan. Cari penghasilan sendiri biar kamu nggak perlu merasa menyulitkan orangtua. Lanjutkan kuliahmu yang lama sambil kerja, lalu setelah uang terkumpul bisa tuh pindah kampus. Ya harus diakui kalau cara ini memang nggak gampang. Banyak yang malah jadi terlena sama hasil kerja dan melupakan kuliahnya. Namun selama kamu punya niat yang kuat dan mau berusaha, percaya deh kamu pasti bisa.

Advertisement

Salah jurusan adalah sebuah kondisi dilematis bagi banyak mahasiswa. Di satu sisi ingin pindah, di sisi lain merasa kasihan sama orangtua. Mau nyesel karena kecerobohan juga udah terlambat. Pinter-pinterlah cari langkah untuk memperbaiki keadaan. Kamu bisa melakukan langkah-langkah yang sudah Hipwee sarankan di atas.

Tenang, masa depanmu masih bisa terselamatkan kok. Banyak jalan menuju kesuksesan. Belajar juga nggak mesti harus formal di kelas atau kampus. Belajar bisa di mana aja, dari mana saja. Semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE