Sebagai orang Indonesia, kamu pasti bangga bahwa kita punya beragam kekayaan alam dan budaya. Tapi sejauh ini, apa sih yang kamu ketahui tentang negaramu ini? Jangan-jangan kamu hanya tahu tentang kotamu saja? Ah, padahal Indonesia itu dari Sabang sampai Merauke lho.

Saking luasnya Indonesia ini, wajar kalau terkadang kamu tidak ingat segala detail kekayaan setiap daerah. Namun setidaknya pengetahuan dasar tentang tanah airmu wajib kamu ketahui. Agar nanti saat kamu ke luar negeri dan bertemu dengan orang-orang lain, kamu nggak gelagapan kalau ditanya tentang negara tempatmu berasal.

Advertisement

Yuk kita kembali ke lagi ke masa-masa SD saat buku RPUL menjadi buku bacaanmu sehari-hari!

1. Pasti kamu tahu deh Indonesia itu negara kepulauan. Tapi masih ingat nggak berapa jumlah pulau di Indonesia?

Indonesia negara kepulauan

Indonesia negara kepulauan via family.fimela.com

“Sebutkan pulau-pulau yang ada di Indonesia!”

“Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua, Sulawesi, Papua, Bali, Flores, Pulau Seribu, Nusakambangan…”

Kalau ditanya nama pulau-pulau di Indonesia, kamu hanya menyebutkan pulau-pulau besar yang namanya tercantum di peta. Duh, padahal berdasarkan penelitian terakhir tahun 2010 lalu, jumlah pulau di Indonesia adalah 13.487 pulau (6-7 ribu di antaranya sudah punya nama). Duh, capek dong menghafal nama pulau sampai lebih dari 13 ribu? Mungkin kamu bisa menghafal dari pulau-pulau yang letaknya paling luar di Indonesia seperti pulau Alor dan Pulau Barong di Ujung Timur, Pulau Berhala dan Pulau Nipa di ujung barat, Pulau Marampit dan Pulau Marore di ujung utara, serta Pulau Batek dan Pulau Mangudu di bagian selatan.

2. Indonesia yang luas ini terbagi menjadi 34 provinsi dengan total populasi penduduknya kurang lebih 250 juta jiwa

Tempat syuting film Laskar Pelangi, kabupaten belitung

Tempat syuting film Laskar Pelangi, di Pulau Belitung via archipelagofuntrip.blogspot.co.id

Advertisement

Setelah jumlah pulau, kamu tahu nggak berapa jumlah provinsi di Indonesia? Saat ini jumlah provinsi di Indonesia ada 34, yang terdiri dari 399 kabupaten dan 98 kota. Dulu waktu awal kemerdekaan, jumlah provinsi kita hanya 8, yaitu Sumatera, Borneo (Kalimantan), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, dan Sunda Kecil. Seiring perkembangan zaman, banyak provinsi Indonesia yang dipecah-pecah atau mengalami pemekaran. Ada yang bertambah seperti Irian barat yang baru bergabung di tahun 1969 dan ada juga yang terlepas seperti Timor Leste pada tahun 1999.

3. Selain menerapkan hukum materi, Indonesia juga punya banyak hukum adat yang masih berlaku di banyak wilayah

Hukum Adat Potong Jari suku Dani

Hukum Adat Potong Jari suku Dani via idfl.me

Kamu juga pasti tahu bahwa Indonesia adalah negara hukum. Maksudnya, seluruh rakyat Indonesia hidup berlandaskan dengan hukum dan dijamin hak-haknya oleh hukum negara. Tapi selain hukum materi, kita juga mempunya hukum adat. Meski nggak tertulis, dan nggak dijamin secara resmi, tapi hukum adat ini masih banyak diterapkan di berbagai wilayah Indonesia dan bahkan lebih dihormati daripada hukum nasional sendiri. Di Papua, kalau kamu terlibat kecelakaan yang mengakibatkan seseorang meninggal dunia, kamu diwajibkan untuk membayar ganti rugi berupa uang dan ternak babi yang jumlahnya sangat besar.

4. Kamu harus bangga karena kita punya bahasa daerah terbanyak kedua di dunia

Banyak ragam bahasa daerah

Banyak ragam bahasa daerah via akarpadinews.com

Sebagai negara kepulauan dengan banyak suku bangsa, Indonesia punya ragam bahasa daerah sampai 707 bahasa lho. Ya bagaimana lagi? Berdasarkan sensus BPS tahun 2010, Indonesia punya sekitar 1.128 suku bangsa. Masing-masing dari suku bangsa biasanya punya kebudayaan dan bahasa sendiri.  Meski sama-sama suku Jawa, Jawa Ngapak dan Jawa Jogja juga sudah beda bahasa. Sayangnya beberapa bahasa daerah terancam punah, karena penutur asli sudah meninggal dan penutur yang tersisa kurang dari 100 orang. Soal banyak-banyakan bahasa daerah ini, kita hanya kalau dengan Papua Nugini yang memiliki ragam bahasa daerah sampai 839 bahasa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya