Bulan ramadan sudah berada di pertengahan, artinya ibadah puasamu menjelang usai. Tapi di momen-momen inilah godaan justru datang lebih besar. Banyak teman-temanmu yang sudah mulai nggak puasa. Nggak jarang mereka menguji imanmu untuk berbuka saja daripada lapar dan haus. Dengan sekuat hati kamu mesti menolaknya sebab bagimu ibadah lebih penting dari solidaritas.

Saat berpuasa pasti ada momen di mana kamu hampir tegoda oleh godaan untuk berbuka sebelum waktunya. Rasanya lapar dan dahaga sudah tak bisa ditahan lagi. Ganjaran pahala pun kadang sampai terlupakan tertutup oleh keinginan untuk berbuka yang sudah tak tertahankan lagi. Nah kalau sudah begitu, sejatinya kamu butuh motivasi tambahan supaya tak jadi batal puasa. Dan berikut Hipwee akan ulas 5 di antaranya.

1. Kamu yang ingin mengurangi berat badan tapi sering kali malas diet, puasa di bulan Ramadan lah solusi tepat untuk memulai diet ketat dengan sehat

Advertisement

Buat kamu yang nggak pede dengan postur tubuhmu yang berisi, sejatinya kamu bisa memanfaatkan ketidakpedean ini menjadi motivasi untukmu selalu berpuasa. Kalau hari biasanya kamu kesulitan untuk mengontrol nafsu makanmu, nah bulan ramadan inilah waktu yang pas untuk mengatasinya. Menahan lapar dan dahaga pas puasa bisa kamu manfaatkan sebagai ajang diet.

Kalau kamu ingin hasil yang maksimal, imbangi dengan olahraga. Nggak perlu yang berat-berat, yang penting rutin. Kalau pas puasa kamu nggak kuat, kamu bisa olahraga malam harinya setelah berbuka. Puasa, ajang diet yang berpahala.

2. Puasa sebulan penuh pun bisa bantu usahamu untuk mengencangkan ikat pinggang alias mengirit pengeluaran

Menabung buat masa depan via www.pexels.com

Puasa juga sejatinya mendukung program menabungmu sebagai modal nikah dengan calonmu. Kalau biasanya pengeluaranmu untuk makan tiga kali dalam sehari (belum termasuk jajan), saat puasa praktis jam makanmu cuma dua kali: saat sahur dan berbuka.

Advertisement

Jadwal makan yang berkurang satu kali ini tentunya membuat pengeluaranmu berkurang, dan uang makanmu itu bisa kamu sisihkan untuk ditabung. Kalau mau irit lagi, kamu bisa memanfaatkan masjid yang menyediakan gratis berbuka untuk lebih mengirit pengeluaranmu.

3. Mulai dari melatih kesabaran hingga mengendalikan hawa nafsu pun bisa dijadikan motivasi puasa sebulan penuh

Belajar mengendalikan emosi via www.pexels.com

Selain menahan lapar dan haus, puasa juga melatih kita untuk mengendalikan hawa nafsu. Salah satunya adalah emosi kita. Meski lemas dan lapar, sejatinya puasa menganjurkan siapa saja yang menjalankannya untuk selalu bersabar atas segala godaan yang ada. Sabar juga menjadi takaran penilaian seberapa paripurna puasa kita.

Nah kalau sudah begitu, manfaatkanlah puasa sebagai medium pembelajaranmu untuk berlaku sabar. Supaya kedepannya kamu sanggup menghadapi segala masalah dengan kepala dingin.

4. Menahan lapar seharian selama sebulan harusnya tak jadi masalah, sebab di luar sana banyak orang yang kelaparan setiap hari dan itu berbulan bahkan tahunan

Bersyukur via www.kaskus.co.id

Motivasi lain yang bisa kamu pakai agar puasamu lengkap sebulan penuh adalah dengan menjadikan puasa sebagai cara bersyukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan kepadamu. Sebab bukankah esensi puasa adalah sebagai wahana berempati dengan nasib-nasib mereka yang kurang beruntung di luar saana.

Nggak hanya berempati, namun puasa memberikan pengalaman untukmu ikut merasakan apa yang mereka rasakan selama ini. Pada hari-hari biasa saja mereka kuat menahan lapar, sementara kamu sebulan saja masa nggak kuat?

5. Selain bekal amalan di akhirat, puasa pun bisa menghapus dosa-dosa yang pernah kamu lakukan

Penyeimbang dosa via www.unsplash.com

Puasa nggak bisa dipisahkan dari pahala, begitu juga sebaliknya. Pahala yang berlimpah, rezeki yang dilancarkan, doa-doa yang diijabah menjadi ganjaran yang menggiurkan bagi siapa saja yang menjalankan puasa. Pahala yang berlimpah inilah yang menjadi bekalmu nanti di akhirat. Meskipun kamu belum bisa menjalankan sunnah-sunnah lainnya di bulan puasa, minimal berpuasalah penuh sebulan, itung-itung sebagai penyeimbang neraca amalanmu yang barangkali penuh dengan dosa.

Itulah beberapa motivasi lain yang bisa menguatkan tekadmu untuk berpuasa penuh sebulan. Kalau mau merayakan hari kemenangan dengan sempurna, maka puasamu mesti dijaga. Sayang-sayang lho setahun sekali puasanya. Masa iya mau dilewatkan begitu saja bulan yang penuh berkah ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya