Apa yang kamu cari dari sebuah pekerjaan? Pengalaman atau gaji tinggi dengan jerih payah melelahkan? Kalau perlu memang dua-duanya, bukan perkara rakus tapi dua hal tersebut didapat beriringan. Tapi kali ini, perlulah sedikit selektif, di usia muda terlalu memburu gaji tinggi memang nggak salah, tapi terlalu berharap pada gaji tinggi juga melelahkan. Kadang ada saja kesibukkan berlipat, renjana yang terlanjur basi karena jarang dimuliakan. Kalau sudah begini, apa dengan gaji sejutaan kamu lantas tak bersyukur?

Daripada kamu mengucap perih karena gaji yang kamu terima nggak tinggi, baiknya instrospeksi, cari kebaikan di dalamnya. Jangan malah terburu pengen cabut dari kerjaan, siapa tahu ada berbagai keuntungan yang kamu belum tahu. Pekerjaan juga bukan main susahnya dicari, satu pekerjaan yang jalani sekarang barang kali adalah satu harapan besar dari mereka yang belum beruntung dapat pekerjaan!

1. Di usiamu yang masih muda pengalaman yang utama, kamu nggak akan mudah cari pekerjaan lain dengan gaji tinggi

Kumpulkan banyak pengalaman biar masa depan lebih membahagiakan soal kerjaan. via unsplash.com

Advertisement

Pengalamanmu di satu perusahaan tempat kamu kerja penting buat masa depanmu dalam dunia kerja. Selain bisa mengisi daftar pengalaman kerja di lembar CV, kalian juga bisa dapat keterampilan dan teman baru. Jangan menyesal, jalani dan ambil hikmah dari apa yang kamu kerjakan sekarang. Toh, resign dari pekerjaan bukan jawaban dari ketidakpuasanmu itu, cari jawaban yang lebih baik.

2. Gaji tinggi dan manajemen keuangan yang amburadul sama saja bohong. Dengan gaji kecil kamu bisa belajar mengelola keuangan

Belajar mengelola keuangan. via unsplash.com

Gaji yang tinggi memberikan peluang buatmu untuk memenuhi segala kebutuhan, kalau nggak bijak, malah boros. Alih-alih kesusahan, bagi mereka yang bijak gaji yang cuma sejutaan bisa memberikan mereka kesempatan untuk melatih pengelolaan keuangan. Kalau kamu bisa ambil baiknya, kenapa harus menekuri penyesalan terus menerus?

3. Kamu mau dibayar dengan gaji tinggi tapi nggak sesuai passion? Mumpung masih muda, gunakan kesempatan ini melatih kebiasaan bekerja

Tentu lebih asyik kalau sesuai passion… via unsplash.com

Kalau terus-terusan dicari jeleknya, gaji kecil memang nggak istimewa. Tapi lihat deh kamu punya pekerjaan sesuai renjana, paling tidak kamu bekerja sesuai dengan apa yang sudah kamu jalani di bangku perkuliahan. Jangan terlalu dipikir dulu, gaji kecil tak masalah, motifmu bekerja sekarang adalah untuk melatihmu terjun di dunia pekerjaan yang sibuk dan melelahkan. Biar nggak kaget.

4. Syukuri rezeki yang diberikan Tuhan, toh kamu juga belum perlu banyak uang untuk memenuhi kebutuhanmu

Toh kebutuhanmu nggak sebanyak yang kamu kira. via unsplash.com

Advertisement

Apa yang jadi harapanmu dengan gaji tinggi? Menabung? Memenuhi kebutuhan dan segala macamnya itu? Tak harus dengan gaji yang tinggi, kamu masih bisa menabung. Bicarakan baik-baik dengan keluargamu mengenai semua risiko jika gajimu kecil. Jika orangtua tak menganggap itu sebagai masalah, kamu jalani saja dengan semangat. Toh kamu masih muda, kebutuhanmu juga belum terlampau banyak.

5. Kamu tahu, di luar sana masih banyak teman-temanmu yang nggak semujur kamu. Mereka bahkan masih kesulitan dapat kerja

Lihat bahkan mereka yang sudah berumur kadang kurang beruntung via unsplash.com

Barangkali, sudah saatnya kita benar-benar bersyukur melihat banyak kawan di luar sana yang kurang beruntung. Bersyukur, gaji kecil yang kalian terima adalah harapan besar bagi mereka yang masih mencari pekerjaan. Kalau kamu sudah mengerti hal ini, bagaimana mungkin gaji kecil yang kamu terima di awal karir bisa mengecewakanmu.

6. Siapa tahu dengan kesabaranmu bertahan, tahun depan karirmu melonjak dan gajimu juga naik. Jangan buru-buru kabur deh

Siapa tahu tempat kamu kerja dapat menaikkan gajimu dan punya jenjang karir bagus… sabar dulu deh… via unsplash.com

Masa depan adalah misteri, kepayahan yang kamu alami sekarang bukan berarti akan kamu alami selamanya. Kamu bisa saja berhenti bekerja dan mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih baik, tapi belum tentu karirmu akan lebih baik. Nggak ada yang tahu, bisa saja pekerjaanmu kali ini bisa meningkatkan karirmu, gaji naik dan semua yang kamu harapkan terlaksana.

Syukuri semua yang sedang dijalani, bersedih atau berontak dari tempat kamu kerja nggak akan menunaikan kebaikan selanjutnya dengan pasti. Kalau pun kamu ingin resign dari pekerjaanmu sekarang, perhatikan usiamu, jangan sampai pekerjaan berat dan nggak sesuai renjana jadi beban berat hanya demi gaji tinggi. Jalani dulu deh, kalian punya banyak pekerjaan mengasyikan, kalau soal gaji terus kamu pusingkan nggak ada habisnya tuh penyesalanmu. Semangat yak!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya