Terpaaan masalah memang seringkali berhasil membuat sebagian besar orang pesimis dan merasa lemah. Memikirkan skenario terburuk memang perlu, tapi kalau terus-terusan malah akan membuat rasa kepercayaan dirimi terusik. Yang awalnya kamu berani dan nekat, bisa jadi luntur antusiasmenya.

Sebelum kamu terlarut dalam kesedihan, ada hal yang seringkali nggak disadari tentang ketangguhan yang ada di dirimu. Sembari jadi pengingat, kamu juga tetap bisa meyakinkan diri bahwa kamu tetap kuat dan tangguh dalam segala hal.

1. Melakukan kesalahan untuk pertama kalinya adalah wajar. Teguran memang kamu dapat, tapi bikin kamu sadar dan tak mengulangi kesalahan yang sama.

Nggak apa-apa kok

Nggak apa-apa kok via unsplash.com

Hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah kamu lakoni, kadang akan menuntunmu pada kesalahan. Tenang, dari kesalahan ini, akan banyak pelajaran yang akan kamu dapat. Teguran dari orang sekitaran bisa kamu jadikan sebagai pegangan untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Dari situ, kamu akan belajar untuk makin berhati-hati dalam mengambil langkah.

2. Menyembuhkan hati dari rasa sakit putus dengan mantan, kamu bisa. Lihat, sekarang move on-mu sudah paripurna.

Wajar.

Wajar. via unsplash.com

Menyembuhkan hati yang patah bukanlah sebuah perkara mudah. Terlebih lagi setelah jalinan kisah bahagia bersama dia yang sebelumnya berstatus kekasih, kini harus berubah manjadi mantan. Memang, dulu hatimu yang ringkih sempat dibuat sedih saban hari. Tapi, kamu mampu meyakinkan diri untuk mendapatkan pengganti yang lebih baik dan menyegerakan buat move on. Tuh, sekarang move on-mu sudah paripurna, bukan? Kamu sudah berhasil menguatkan hatimu kembali, guys.

3. Karena tanggal tua datang, perut yang lapar kuat kamu tahan. Makan sehari dua kali, bukan masalah.

Makan apa?

Makan apa? via unsplash.com

Kalau kamu masih belum menemukan banyak bukti tentang ketangguhanmu, coba ingat-ingat apa yang kamu lakukan saat tanggal menuju gajian masih jauh di awang-awang. Makan yang sehari 3 kali, kamu kurangi jatahnya hanya 2 kali. Memang, kamu perlu menahan rasa lapar lebih giat lagi. Nyatanya, walau pernah lapar banget kamu bisa melewati hal itu, kan?

5. Kuat menahan hasrat untuk beli barang yang sudah diincar sejak setahun lalu. Karena kamu perlu nabung dulu.

Tahaaan

Tahaaan via unsplash.com

Punya keinginan untuk memiliki sesuatu sudah jadi sifat bawaan tiap orang. Apalagi kalau kamu sudah mengincar barang yang sudah kamu impikan sejak lama, bukan kepalang senangnya jika bisa dimiliki segera. Tapi apa daya, karena harganya yang mahal kamu pun harus menabung lebih lama dan sedikit menunda. Kemauan yang kuat juga akan kamu tancapkan dalam angan, demi bisa kesampaian. Hehehehe. Nah, kemauanmu saja sudah kuat, masih butuh apalagi?

5. Mumpung masih muda, kekuatanmu yang membara juga kamu alihkan buat memperhatikan penampilan.

Lebih perhatian sama penampilan

Lebih perhatian sama penampilan

Kekuatan dalam dirimu sudah jelas terpancar dari perawakanmu. Punya badan yang sehat saja sudah bikin kamu jadi terlihat lebih kuat. Kamu pun nggak malas-malasan lagi buat olahraga. Sekalian membentuk badan. Hehehehe. Bukti kamu yang kuat dan tangguh ini juga bisa jadi barometer kesuksesanmu, guys. Kamu bisa ngeklaim ini sebagai salah satu #ItuSuksesku! Yuk kuat, yuk sehat!

6. Namanya juga usaha, memutus urat malu untuk bisa chat dan lebih dekat dengan gebetan juga pernah kamu coba.

Hasil itu urusan belakang

Hasil itu urusan belakang via bs.serving-sys.com

Ketika hati sudah memantapkan pilihan dengan seseorang, bawaannya pingin tahu segala update tentang dia. Chat berkali-kali pun kamu lakoni. Urat malu dan gengsi, sudah nggak peduli. Nah, kamu tahan banting! Apalagi cuma di-read sama dia, bukan jadi penghalang buat bisa kenal lebih dekat. Itu adalah salah satu buktu #ItuSuksesku yang wajib kamu banggakan. Toh, dari hal ini bisa membuktikkan kalo kamu itu kuat orangnya!

Mulai sekarang, kamu perlu buang jauh-jauh tentang hal-hal yang ternyata melemahkanmu. Karena usahamu di saat-saat lainnya juga perlu diperhitungkan. Karena itu bisa jadi kebanggaan dan kesuksesanmu kapan saja.

Saat kamu masih belum sukses, jangan berhenti! Yuk, kita sebarkan tentang #ItuSuksesku! Semoga bisa bikin kamu nggak nyerah dan tetep kuat, guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya