Hidup tentu lebih berwarna jika dijalani bersama teman-teman yang ada di sekitar kita. Teman adalah mereka yang menemanimu menghabiskan waktu bersama, jadi tempatmu berbagi cerita, hingga mencurahkan segala susah senang yang pernah dirasa. Tapi sadarkah kamu bahwa kehadiran teman-teman pula yang mungkin menghambat kesuksesanmu?

Kesuksesan akan mudah diraih ketika kita fokus dan berjuang tanpa perlu banyak bicara. Sayangnya, fokusmu mungkin akan terganggu dengan kehadiran orang-orang disekitarmu. Ya, tidak semua teman datang membawa kebaikan. Tidak sedikit dari mereka yang justru memberi pengaruh buruk dalam perjalananmu mencapai kesuksesan. Nah, teman-teman macam apa yang sebaiknya perlahan kamu tinggalkan lantaran tak membawa kebaikan?

Jauhi teman yang hobi nyinyirin keadaan. Tanpa sadar, kamu bisa meniru sifat buruk itu dan menjadikannya kebiasaan.

jauhi dia yang hobi nyinyir via www.usatoday.com

“Aku udah sebel banget sama kantorku. Bosnya gak bener, sistem gak jelas, temen-temen kantor juga gak asik. Males deh pokoknya!”

Salah satu karakter teman yang sebaiknya kamu jauhi adalah si tukang nyinyir ini. Dia yang selalu cerewet mengkritisi segala hal dalam hidupnya, termasuk soal pekerjaan. Dia paling suka mengeluh soal ini dan itu, tapi tak pernah melakukan apa-apa untuk memperbaiki keadaannya.

Advertisement

Jika kamu terlalu sering bergaul dengan teman jenis ini, maka kamu akan terbiasa mendengar keluhannya. Akibatnya, kamu pun terpengaruh dan melakukan hal yang sama. Kamu menjadi lebih suka memandang hal-hal dari sisi negatifnya dan menjadikannya bahan gunjingan dengan temanmu itu.

Ada pula teman yang malas berusaha. Dia merasa bahwa hidup yang layak akan didapat dengan sendirinya.

teman yang malas memperjuangkan hidupnya via www.theeighty8.com

Teman yang satu ini memang terbilang unik. Meski tidak banyak jumlahnya, orang-orang jenis ini nyatanya akan semakin banyak kamu temui. Yup! Meraka adalah orang-orang yang merasa bahwa hidup tidak perlu dijalani dengan kerja keras dan usaha. Mereka percaya jika kehidupan yang layak kelak akan datang dengan sendirinya.

Teman-teman jenis ini tentu akan membahayakan hidupmu sendiri. Semakin sering kamu bergaul dengan mereka, maka sedikit demi sedikit kamu akan menganut pola pikir yang sama. Dan ketika kamu merasa bahwa hidup tak perlu diperjuangkan, maka kesuksesan pun akan semakin mustahil untuk didapatkan.

Mereka adalah orang-orang yang enggan bermimpi. Hidup seperti robot bahkan rela menjalani pekerjaan yang tak disukai.

dia yang malas bermimpi via www.pexels.com

Sah-sah saja berteman dengan orang-orang jenis ini selama kamu tidak mudah terpengaruh dengan jalan pikiran mereka. Pasalnya, mereka adalah orang-orang yang enggan bermimpi. Mereka merasa bahwa segala sesuatunya sudah ditetapkan dan mereka tidak mau berjuang.

Temanmu yang satu ini bahkan menjalani hidup layaknya seorang robot. Bangun tidur, menjalani pekerjaan yang dibenci, lalu kembali ke rumah dan tidur lagi. Begitu seterusnya dan tidak sedikit pun dia berusaha untuk mengubahnya. Dia mudah puas dan bersikap seakan-akan semua baik-baik saja.

Padahal, hidup dengan banyak mimpi mengharuskanmu menjalani hidup di atas rata-rata. Kamu bekerja lebih keras daripada orang lain, berjuang lebih gigih daripada orang-orang kebanyakan, dan mau bersusah payah demi apa yang kamu inginkan.

Kamu wajib menjauhi teman yang hanya suka bersenang-senang. Dia yang tak punya angan-angan atau gambaran tentang masa depan.

teman yang hobinya senang-senang via favim.com

Temen: “Eh, malem ini rencana kemana?”

Kamu: “Aku mau nyelesaiin kerjaan kantor buat besok.”

Temen: “Ya elah! Besok aja ngerjain di kantor, malem ini kita party dulu lah. Refreshing!”

Nah, ini dia tipe teman yang wajib banget kamu jauhi jika ingin lebih cepat menggapai kesuksesan. Mereka yang hidupnya hanya diisi dengan bersenang-senang pastilah tidak akan membawa banyak kebaikan untukmu. Justru kehadirannya hanya akan mengacaukan fokusmu.

Sesekali kumpul dengan teman tipe ini memang sah-sah saja. Toh kamu juga manusia yang butuh hiburan dan melonggarkan pikiran. Tapi ingat, jangan sampai lepas kendali dan membiarkan dirimu dalam arus mereka. Jika kamu tak punya kemampuan untuk bertahan, maka bisa dipastikan masa depanmu pun akan berantakan.

Meski bisa jadi pendengar yang baik, dia ternyata jadi yang paling berbahaya. Dialah teman yang selalu pesimis dan meragukan kemampuanmu.

dia yang takut bermimpi via onelilfreak89.wordpress.com

Sekilas temanmu ini memang terlihat sebagai seorang pendengar yang baik. Dia cenderung tidak banyak bicara dan memahami keinginanmu untuk menggapai berbagai keinginan dalam hidupmu. Sayangnya, dia pula yang akan mematahkan semangatmu. Dengan dalih tidak mau terlalu berharap atau melihatmu kecewa, dia justru meyakinkanmu untuk tidak bermimpi terlalu tinggi. Bersama dia, kamu pun tidak akan pernah bisa meraih apa yang akan menjadi hal paling luar biasa dalam hidupmu.

Kadang, hambatan dalam meraih kesuksesan tidak datang dari diri sendiri, tapi justru dari orang-orang di sekitar kita. Salah satu contohnya dari teman-teman terdekat yang kita miliki. Teman yang tepat akan membuatmu meraih kesuksesan lebih cepat, sedangkan salah memilih teman akan membuat masa depanmu menjadi berantakan.