Kita memang mengenal ungkapan “don’t judge the book by its cover”.  Jangan menilai seseorang dari penampilan luarnya saja. Namun, pada kenyataannya orang lain memang menilaimu dari penampilan luar terlebih dahulu. Hal-hal yang terlihat sering kali jadi acuan untuk menentukan kepribadianmu.

Meski penilaian tersebut terkesan nggak adil, tapi itulah yang menjadi tolak ukur orang lain memperlakukanmu. Karena itu, ada baiknya kamu tahu apa saja sih hal-hal yang diam-diam sering dinilai oleh orang lain dari dirimu. Karena kepribadian itu bisa dibentuk, dari hal-hal kecil ini kamu bisa belajar memberikan kesan yang baik tentang dirimu.

1. Nggak hanya untuk menyampaikan pesan, tulisan tangan juga bisa mendeskripsikan bagaimana kepribadianmu lho!

Tulisan tangan cermin kepribadian lho.

Tulisan tangan cermin kepribadian lho. via nanoka12.tumblr.com

Advertisement

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Pen Company, seseorang yang memiliki tulisan tangan kecil adalah pribadi yang pemalu, teliti dalam bekerja, dan rajin. Sementara kamu yang memiliki tulisan tangan yang lebih besar adalah pribadi yang mudah diajak bergaul, lebih terbuka, lebih serius dalam menyikapi sesuatu. Kalau kamu terbiasa menulis dengan huruf yang tebal dan jelas, maka kamu adalah pribadi yang mudah berempati pada orang lain dan sensitif.

Hipwee juga pernah menuliskan tentang cara melihat kepribadian dari tulisan tanganmu. Cek di sini ya! 🙂

2. Mulai sekarang, jabat tangan orang yang baru kamu kenal dengan erat. Itu pertanda kamu adalah pribadi yang percaya diri!

Jabat tangan dengan erat ya.

Jabat tangan mereka dengan erat ya. via incredibila.tumblr.com

Orang lain juga dapat menilai dirimu dari bagaimana kamu berjabatan tangan. Kamu yang menjabat tangan orang lain dengan kuat, tandanya adalah pribadi yang terbuka, mudah bersahabat dengan orang lain, dan percaya diri. Sebaliknya, kamu yang memiliki jabatan tangan yang lemah, biasanya mencerminkan pribadi yang kurang percaya diri dan terkesan lemah. FYI nih, kamu yang menawarkan jabat tangan terlebih dahulu, tandanya adalah pribadi yang tulus, ramah, dan nggak angkuh.

Advertisement

P.S: Besok-besok kalau kamu kenalan sama gebetan, jabat tangan dia dengan erat ya! 😛

3. Mata adalah jendela hati. Melalui tatapan, lawan bicaramu bisa dengan mudahnya mengerti kamu benar-benar tulus atau tidak

Mata adalah jendela hati.

Mata adalah jendela hati. via favim.com

Memang benar melalui mata kamu bisa melihat ketulusan seseorang. Menurut penelitian, seseorang yang melakukan kontak mata saat berbicara dengan lawan bicaranya, pertanda bahwa ia adalah orang yang menghargai lawan bicaranya. Ia juga merupakan pribadi yang tegas dan berkemauan keras. Meski bagi sebagian orang, menatap mata lawan bicaranya adalah hal yang sulit. Antara malu atau memang nggak nyaman. Tapi, hal sekecil tatapan langsung ketika berbicara bisa menentukan kesan yang berbeda yang berpengaruh terhadap kesuksesan percakapan. Karena itu, nggak ada salahnya ‘kan untuk membiasakan diri menatap mata lawan bicaramu? 🙂

4. 90 % kepribadian seseorang bisa dilihat dari sepatunya. Hmm… mulai sekarang cermat lah dalam memilih sepatu!

90% kepribadian seseorang dilihat dari sepatunya.

90% kepribadian seseorang dilihat dari sepatunya. via www.sepatupatu.com

Menurut peneliti Omri Gillath dari University of Kansas, Amerika Serikat, 90% kepribadian seseorang tercermin dari sepatunya. Apa aja yang diceritakan oleh sepatu seseorang? Harga, warna, gaya, hingga kondisi sepatunya mencerminkan pemiliknya. Dari hasil telaah tersebut, kamu bisa memperkirakan pendapatan, jenis kelamin, usia, kebersihan, lingkungan dan kebiasaan sang pemilik sepatu. Contohnya, kamu yang hobi pakai sepatu kets, biasanya adalah orang yang santai dan easy going. Sementara kamu yang doyan memilih high heels sebagai alas kaki adalah pribadi yang feminin nan anggun.

5. Warna pakaian yang sering kamu kenakan pun turut membentuk citramu. Masing-masing warna punya nuansa kepribadian yang berbeda

Warna juga mewakili kepribadianmu lho.

Warna juga mewakili kepribadianmu lho. via www.pinterest.com

Warna pakaian favorit yang sering kamu kenakan, ternyata mendeskripsikan kepribadianmu lho. Kamu yang menyukai warna hijau adalah pribadi setia dan lovely. Kalau kamu sering memakai baju warna putih, tandanya kamu memiliki cara berpikir yang logis dan cenderung lebih gampang diatur. Sementara kamu yang sering mengenakan baju warna biru, maka kamu adalah pribadi yang memiliki emosi yang stabil, lebih peka terhadap keadaan sekitarnya, serta mudah mendapatkan perhatian dari orang lain. Kalau sering mengenakan pakaian warna merah? Tandanya kamu adalah pribadi yang penuh dengan semangat. Yeaay!

6. Kamu mungkin nggak sadar, kata-kata makian yang biasa keluar dari mulutmu juga menjadi gambaran latar belakangmu

Nah, kata-kata makian juga mewakili siapa kamu lho. Kalau sering memaki dengan ungakapan jancuk, tandanya kamu arek Jawa Timur. Kalau sering memaki dengan mengucap kata anying atau kehed, berarti kamu urang Sunda. Kalau kamu memaki dengan menyebut nama benda, tandanya kamu adalah pribadi yang lembut.

Dasar asbak, dasar kipas angin, dasar stop kontak!

Soalnya nggak berani berkata kasar, dan hanya bernyali menyebut nama perabotan rumah tangga. 😀

7. Suka menggigit kuku di depan umum? Kurangi! Orang lain bisa dengan mudah tahu bahwa kamu sedang gugup

Katanya kamu adalah pribadi yang sering gugup jika sering gigit kuku.

Katanya kamu adalah pribadi yang sering gugup jika sering gigit kuku. via www.gurl.com

Mulai sekarang baiknya kamu mengurangi intensitas menggigit kuku di depan umum. Karena menurut penelitian, seseorang yang cenderung suka menggigit kuku adalah pribadi yang mudah tegang, sering gugup, dan perfeksionis. Seseorang yang menggigit kuku sebagai reaksi dari suatu hal, bisa jadi itu adalah bentuk dari kebosanan, frustasi, ketidakpuasan akan suatu hal.

8. Jadilah pribadi yang selalu tepat waktu. Karena itu pertanda kamu adalah pribadi yang menghargai orang lain

Kamu harus menghargai waktu ya.

Hargai waktu dan hargai orang lain via www.petacinta.com

Ketika kamu berjanji untuk bertemu orang, usahakan untuk tepat waktu. Karena seseorang yang tepat waktu, tandanya kamu adalah pribadi yang menghargai waktu. Seseorang yang menghargai waktu, tandanya menghargai orang lain dan banyak hal dalam hidupnya. Ia mengerti bahwa orang lain yang akan bertemu dengannya pun punya agenda lainnya, dan keterlambatan mungkin akan membuat rencana-rencana lain jadi berantakan.

Yuk, biasakan diri untuk tepat waktu tiap janjian!

Nah, meski penampilan nggak menjamin isi hati seseorang, kamu tetap harus lebih memerhatikan hal-hal kecil ini ya. Setidaknya, jangan sampai orang lain menilaimu buruk hanya karena kesan pertama yang tidak baik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya