Berbicara tentang NTT sebenar nya masih banyak kekurangan, terutama di bagian pendidikan. Masih banyak anak-anak di sana susah dengan adanya buku. Mereka sangat minim dalam buku untuk pendidikan atau untuk membaca seperti buku cerita. Tetapi orang-orang kota masih kurang melihat keberadaan saudara-saudara kita yang masih belum mampu untuk membeli buku pelajaran atau buku cerita.

Seiring perkembangan zaman banyak loh orang tua yang meninggalkan budaya mendongeng untuk anak. Kini para orang tua lebih memanfaatkan teknologi untuk menghibur anak-anak mereka. Padahal dongeng yang dikisahkan langsung dari mulut orang tua nerupakan hiburan yang tepat untuk anak-anak kita. Selain menghibur sang anak, aktifitas ini juga memiliki banyak manfaat yang membantu pekembang sang anak di masa mendatang.

Advertisement

Tidak ada istilah terlalu kekinian dalam mendongeng. Saat anak-anak kita masih dalam kandungan pun aktifitas mendongeng sudah biasa anda lakukan, ketika anak kita lahir kita biasa meneruskan kegiatan itu. Saat anak anak masih kecil memang mereka belum bisa memahami kata-kata yang kita ucapkan, tetapi denga mendengar suara kita menjadi awal untuk merangsang untuk kemampuan mendengar dan menganal suara-suara. Berikut adalah manfaat untuk mendongeng untuk anak-anak:


  • Membangun daya pikir anak

  • Mengembangkan imajinasi anak

  • Meningkatkan keterampilan anak

  • Meningkatkan minat baca anak

  • Melatih kemampuan mendegar

  • Sebelum mendongeng, pastikan anda mengetahui alur cerita

  • Ceritakan dengan penuh ekspresi agar si anak antusias mendengarkannya

  • Usai membacakan dongeng, Anda bisa bertanya kepada anak mengenai cerita tersebut atau membiarkannya untuk bercerita. Hal ini bermanfaat untuk melatih daya ingatnya. Namun ingat, hindari memberikan dongeng kepada anak dengan melalui gadget, contohnya membiarkan anak menonton cerita melalui televisi atau dengan aplikasi dongeng. Itu akan membuat anak malas membaca .

Advertisement

Anak–anak di NTT mereka sebenarnya mengetahui apa itu dongeng, tetapi orangtuanya juga tak melakukan hal–hal seperti itu, dan mereka sangat minim dalam buku. Mereka sangat jarang melihat buku-buku yang berwarna dan bergambar. Walaupun dengan keadaan yang sangat minim mereka tetap bersemangat bersekolah, mereka sangat antusias mendapatkan sumbangan buku dari salah satu artis indonesia. Salah satu artis Indonesia Cut Mini melakukan CSR di NTT daerah bajawa, dan anak-anak sangat antusias dengan kedatangannya. Bantuan yang mereka berikan membuat anak-anak sangat senang mendapatkan buku-buku baru.

Yuk bagi kalian yang memiliki buku sudah tidak dipakai, sumbangkan lah buku-buku kalian! 1 buku yang kalian sumbangkan sangat bermanfaat untuk anak-anak di NTT.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya