Weekend udah semakin dekat, daripada kamu nggak kemana-mana, lebih baik pergi jalan-jalan aja. Nah buat kamu yang tinggal di Jawa Tengah atau sekitar Solo, nih ada rekomendasi tempat wisata untuk kamu semua! Catat dulu aja, siapa tahu nanti beneran mau jalan tapi bingun kemana~

Keraton Kasunanan Surakarta

Image result for Keraton Kasunanan Surakarta

Kalau kamu m au tau tentang sejarah di kota solo kamu bisa langsung dateng ke Bangunan bersejarah di kota Solo ini dibangun pada Tahun 1745 oleh Pakoe Boewono II. Tempat bersejarah di Solo ini memiliki koleksi seperti wayang kulit, kereta kencana, bermacam senjata.

Advertisement

Selain itu masih banyak lagi benda peninggalan lainnya.Keraton Kasunanan Surakarta, Solo. Berwisata sekaligus belajar sejarah bisa anda lakukan di Keraton Kasusanan Surakarta ini. Kini, Museum Keraton Surakarta ini dibuka untuk umum pada jam-jam tertentu. Pukul 08.30 – 14.00 setiap harinya dan khusus hari Minggu hanya dibuka pada pukul 08.30-13.00.

Taman Sriwedari

Image result for Taman Sriwedari

Taman Sriwedari, Solo. Tempat wisata yang kedua ini tidak kalah kerennya konon katanya, tempat ini dibuat sebagai tempat peristirahatan para keluarga kerajaan. Tempat ini dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tempat berlangsungnya tradisi malem slikuran. Tempat wisata terkenal ini juga pernah digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan PON I pada tahun 1948.

Selain itu taman di kota Solo ini juga memiliki fasilitas umum yang baik. Wisata murah Solo ini hanya dibuka di jam 10.00 – 22.00 dengan tarif yang terjangkau yaitu Rp. 3.000.

Pura Mangkunegaran

Image result for  Pura Mangkunegaran

Advertisement

Pura Mangkunegaran, Solo, Didirikan pada tahun 1757, tempat wisata di solo ini merupakan kediaman Sri Paduka Mangkunegara yang berbentuk seperti sebuah keraton kecil. Di tempat wisata budaya ini tersimpan dengan baik koleksi peninggalan Pura Mangkunegaran seperti, gamelan, wayang, maupun benda antik lainnya.

Konon benda antik itu dikumpulkan dari berbagai daerah seperti Madura, Yogyakarta, Bali, maupun Cirebon. Tempat bersejarah di kota Solo ini dibuka setiap harin dari jam 09.00 – 14.00. Khusus untuk hari jumat hanya dibuka mulai dari jam 09.00 – 12.00.

Monumen Pers

Image result for Monumen Pers

Nah, kalau tempat wisata yang satu ini juga ga kalah menarik loh, travel addict. Dan tempat ini sangat menambah wawasan juga. Tempat ini terletak di Jl. Gajah Mada 59, Surakarta. Tempat wisata sejarah di Solo ini menyimpan banyak koleksi Koran lama, majalah, dan benda pers dari tahun-tahun awal kemerdekaan. Fasilitas yang bisa anda nikmati disana yaitu Perpustakaan, Koran gratis dan Ruang Multimedia.

Kampoeng Batik Kauman

Image result for Kampoeng Batik Kauman

Kalau tempat yang satu ini pun juga ga kalah menarik dari tempat wisata lainnya, kalo kamu lagi bosen dengan wisata solo yang biasa- biasa aja, kamu bisa dating ke kampoeng batik kauman, tempat ini terletak di Jl. Cakra, Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57122. Kampoeng batik kauman sendiri adalah sentra kerajinan batik di kota solo, Batik buatan Kampoeng Batik Kauman ini telah menjadi langganan para pecinta batik, bahkan dari luar negeri sana. Banyak orang-orang di luar negeri yang sengaja datang ke kota Solo ini dan menjadi pelanggan batik. Bahkan yang harganya harga jutaan rupiah. Selain berbelanja, tempat piknik di Solo ini juga memanjakan kamu, untuk kamu yang ingin belajar demo pembuatan Batik dengan "canting".

Galabo Solo

Image result for Galabo Solo

Nah, kalo yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan, kurang lengkap rasanya kalo dateng ke solo hanya berwisata saja dan tidak mencicipi kuliner yang ada di solo, di tempat ini ada beberapa makanan khas yang wajib kamu coba yaitu nasi liwet, susu shijack, klewer, dan wedang dongo. Tak ketinggalan pula sate sapi, gudeg ceker, dan bestik lidah adalah di lokasi Gladak Langen Bogan ( Galabo ). Tempat wisata kuliner di Solo ini dikunjungi lebih dari 1500 – 2000 setiap harinya. Gladak Langen Bogan bertempat di lokasi di Jl. Mayor Sunaryo depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo.

Tersedia kuliner tradisional seperti sate kere, thengkleng, wedang dongo, mie kethoprak, maupun wedang ronde. Di tempat nongkrong di Solo ini juga menyediakan fasilitas free WI-FI. Tenang aja kantong kamu enggak bakalan jebol kok, kulineran di disini karena murah meriah dan buat kalian puas dan kenyang parah.

Grojogan Sewu

Related image

Buat kamu yang suka banget sama wisata alam yang kece parah, ada kok. Grojogan Sewu Tawangmangu, Solo, urakarta mempunyai tempat wisata alam yang wajib anda kunjungi yaitu Grojogan Sewu Tawangmangu. Tempat wisata air terjun di solo dan berada di 37 Kilometer dari pusat kota Solo, yaitu di Kabupaten Karanganyar Soal biaya ga kalah terjangkaunya kok, kamu cukup bayar dengan harga Rp. 18000 aja, murah bangetkan.

Air Terjun Jumog

Image result for Air Terjun Jumog 

Sebelum kamu ke air terjun grojogan sewu kamu wajib melipir dulu ke air terjun yang enggak kalah keren juga ini, Tempat wisata air terjun jumog di kota Solo ini berlokasi kurang lebih 40 KM dari Kota Solo. Untuk harganya jangan khawatir, Hanya dengan Rp. 5.000, tempat wisata ini menawarkan wisata pemandangan alam di solo yang sangat menakjubkan untuk dikunjungi.

Ngarsopuro Night Market Solo

Image result for Ngarsopuro Night Market Solo

Berkunjung ke Solo nggak akan lengkap kalau belum mampir ke tempat wisata kuliner di solo dan Ngarsopuro Night Market. Tempat wisata malam di Solo ini merupakan salah satu tempat favorit warga Solo. Pasar malam tradisional ini berada di sebelah Selatan Pura Mangkunegaran. Bisa juga dijadikan sebagai tempat nongkrong di Solo bersama keluarga menghabiskan waktu di sore hari yang senggang.

Museum Batik Danar Hadi Solo

Image result for Museum Batik Danar Hadi Solo

Coba datang ke Museum Batik Danarhadi Solo. Selain ternama, tempat ini juga membuka outlet penjualan.Di tempat wisata budaya di Solo ini, anda akan diperkenalkan batik dari berbagai daerah di seluruh nusantara. Danar Hadi juga merupakan museum yang menyimpan berbagai macam batik dari seluruh nusantara.

Pasar Klewer

Image result for Pasar Klewer

Pasar Kewer, Solo. Berbelanja kain, batik serta pakaian murah oleh-oleh khas Solo untuk keluarga di rumah? Jangan lupa mampir ke Pasar Klewer. Karena pasar ini merupakan tempat wisata pasar tradisional terbesar yang berada di Solo.yah, seperti Pasar Tradisional Beringharjo di Yogyakarta.

Selamat jalan-jalan ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya