Aku termasuk pemilih untuk sekedar mendengar lagu-lagu Barat. Sebenarnya sih malah sangat pemilih karena aku pecinta lagu Korea. Tapi tak semua lagu Korea kusukai juga, hanya lagu tertentu saja. Eh, sama saja ternyata, aku pemilih, haha. Okay, let's go to the point, secara ta sengaja aku sedang browsing di internet, mencari lagu barat yang baru saja kusuka lalu kutemukan seseorang yang rupanya embak cantik meng-cover lagu yang kucari tadi.Waaaa.. tiba-tiba pengen ketemu embak itu deh, hehe.

Nah, gegara itu akupun jadi mencari tahu seputar UK. Why? Because she is a British singer. Siapa tahu kan kalau aku ke sana, bisa jadi ketemu dia. Ini menjadi satu alasan kuat mengapa ingin ke sana. Berhubung aku belum pernah ke sana, aku mendadak me-riset ada apa sih di UK? UK dan Inggris sama atau berbeda? Spot-spot mana yang instagramable? Berada di benua yang berbeda, pastilah banyak ragam budaya di sana. Budaya apa yang paling unik? Segudang pertanyaan yang ada di kepalaku ini harus dijawab, hehe.

Advertisement

United Kingdom (UK) atau lebih lengkapnya The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland adalah sebuah wilayah perserikatan kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara. Britania Raya adalah gabungan beberapa negara yaitu Inggris, Skotlandia dan Wales. Jadi, wilayah UK ini lebih luas daripada Inggris.

Anyway, UK yang terdiri dari negara kepulauan ini memiliki banyak unsur budaya. Mulai dari sastranya, banyak sastrawan yang hasil karyanya sudah mendunia. pasti kalian tahu siapa William Shakespeare, dia penyair dan dramawan. Tokoh kartun Winnie the Pooh -kartun favoritku nih- pencptanya A.A. Milne. Penulis fantasi abad ke-20 J.K. Rowling dengan karyanya Harry Potter. Sherlock Holmes ceritanya ditulis oleh Arthur conan Doyle.

Setelah mencari informasi di sana-sini akhirnya aku menemukan ada beberapa hal unik di UK.

Advertisement

Morris Dancing

Morris dancing adalah tarian rakyat Inggris yang diiringi musik. Tarian ini biasanya menggunakan tongkat sebagai asesoris dan penarinya mengenakan baju putih berkerah dengan tambahan rompi. Tarian dilakukan secara berkelompok dan gerakannya ditekankan pada kelincahan kaki. Oh ya, di kaki penari disematkan lonceng sehingga saat menari akan terdengar suara gemerincing lonceng. Morris dancing ini bisa disaksikan saat adafestival atau pertunjukan. Meskipun ini tari tradisional tapi keren banget. Aku sudah menonton soalnya, menonton video, hehe.

Straw Bear

Taraaaa… ada-ada saja ya hari unik di dunia ini. Hari beruang jerami atau straw bear ini ternyata tradisi yang sudah ada sejak zaman dulu. Jadi, tradisi ini sebenarnya sudah tua dan diperingati tiap 7 Januari. Straw bear ini adalah hari peringatan untuk mengawali masa bertani. Peserta mengenakan kostum jerami kemudian berjalan, mengetuk pintu rumah-rumah sambil menari. Sang pemilik rumah pun memberi hadiah untuk penari. Kostum jeraminya benar-benar menutupi seluruh badan, seperti orang-orangan sawah. Jerami yang dipakai juga tidak sembarangan karena jenisnya jerami halus dan tidak dipanen menggunakan mesin pertanian modern. Penari straw bear ini juga melakukan parade di jalanan dengan diiringi Morris dancing dan tarian lainnya.

Pearly Kings and Queen

Pearly Kings and Queen adalah sebuah acara amal yang diadakan oleh kelas buruh dan pekerja. Mereka memakai pakaian hitam yang berkilau karena dihiasi kancing mutiara, begitu pula dengan topinya.

Worm Chramping

Worm Chramping adalah tradisi menangkap cacing tanah. Aneh tapi kenapa ada tradisi unik ini? Menangkap cacing ini rupanya termasuk kategori olahraga yang dikenalkan oleh seorang warga pada tahun 1980. Peserta yang mengikuti ini boleh melakukan cara unik apa saja atau bahkan bermain musik agar cacing di dalam tanah mau keluar. Hal yang tidak boleh dilakukan adalah memancing cacing dengan air atau obat.

Travelling ke UK rasanya kurang greget kalau tidak mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau tempat dengan panorama indahnya. Tenang, kalian tidak akan kecewa, kok. Banyak destinasi menarik yang wajib dikunjungi setibanya di sana. Kalau kusebutkan semuanya susah, jadi kurangkum beberapa tempat yang menarik versiku.

Buckingham Palace

Istana Raja dan Ratu Inggris ini adalah landmark terkenal di London. Meski sudah lama sekali dibangun, namun masih megah sampai sekarang. Saat ke sini jangan sia-siakan kesempatan menonton upacara pergantian pasukan penjaganya. Aku sudah pernah menontonnya juga, di televisi.

Royal Observatory Greenwich

Kita bisa berwisata waktu di sini, Royal Observatory Greenwich, tempat lahirnya GMT. GMT atau Greenwich Mean Time merupakan waktu seluruh dunia, tahu kan? Tempat yang berlokasi di London ini buka pukul 10.00-17.00 waktu setempat. Kalau di kota-kota biasanya ada titik 0 km, kalau di sini adanya Meridian 0. Di observatorium ini terdapat dua lempeng baja yang menandakan garis meridian di dunia. Di lempeng tersebut terdapat nama ibukota negara beserta koordinatnya.

Banyak lagi tempat historis dan klasik selain dua yang sudah kusebutkan, antara lain Windsor Castle (Inggris), Edinburgh Castle dan Old Town di Edinburgh (kota di Skotlandia), Titanic Belfast dan Botanic Gardens di Belfast (Irlandia Utara), Roman Bahts dan Royal Victoria Park di Somerset (Inggris Barat Daya).

Lake District

Di sinilah danau terindah di Inggris, di antaranya Windermere dan Wastwater. Kita bisa menaiki kereta api uap di tepi danau Windermere sambil menikmati pemandangan alamnya. Waaah...it's a wonderful journey. Jika ingin mengeksplor semua sudut danau, naik kapal wisata adalah pilihan yang tepat.

Loch Ness

Danau di Skotlandia ini banyak didatangi wisatawan, lho. Bukan hanya karena danaunya yang indah, tetapi juga karena penasaran pada monster yang menghuninya. Aku tahu, ini cuma mitos, entah itu memang ada atau hanya konspirasi, yang pasti setiap tempat pasti ada penunggunya, hehe.

Pantai di Wilayah Cornwall

Wilayah Cornwall terkenal dengan pantainya yang indah. Bude Beach di Cornwall ini cocok untuk berjemur dan membangun istana pasir bahkan untuk berselancar juga bisa. Pantai lainnya yang bisa dikunjungi Porth Kidney Sands di St. Ives Bay dan Penzance di Mounts Bay.

Nah, itu tadi sedikit destinasi yang bisa dikunjungi di UK karena faktanya ada lebih banyak lagi. So, #AyoKeUK kalau ada kesempatan.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya