Perbedaan Ada untuk Saling Melengkapi Bukan Untuk Saling Menjatuhkan. Dari Perbedaan Itu Kita Bisa Tumbuh Bersama.

Hidup adalah saling menerima dan saling melengkapi.

Setiap dari kita terlahir dalam perbedaan. Di antara kita tidak ada yang sama. Kita memiliki kekurangannya masing-masing dan juga kelebihannya masing-masing. Kita tidak bisa memilih untuk terlahir dengan penuh kesempurnaan tanpa kekurangan. Karena kekurangan dan kelebihan adalah dua hal yang saling berkaitan.

Advertisement

Kekurangan dalam diri kita mungkin membuat kita kurang percaya diri untuk bersosialisasi. Saat berhadapan dengan orang lain mungkin kita berpikir “dia bisa menerima aku nggak ya?”, “dia mau berteman sama aku nggak ya?”.  Pikiran-pikiran seperti itulah yang membuat kita jalan di tempat. Menjadi penghambat dalam pengembangan diri.

Padahal hidup harus terus berjalan, kita harus terus meningkatkan kualitas dan produktivitas hidup. Kekurangan adalah suatu hal yang wajar. Yang perlu kita lakukan adalah memperbaikinya. Belajar dan belajar adalah cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki kekurangan kita. Kita tidak boleh minder dengan kekurangan kita. Begitu juga kita, harus bisa menerima kekurangan orang lain.

Tidak menjadikan kekurangan orang lain sebagai bahan ejekan atau alasan untuk tidak menjalin pertemanan. Melengkapi kekurangan orang lain dengan kelebihan kita adalah cara terbaik. Kita juga harus menyadari bahwa kita juga punya kekurangan. Saling melengkapi adalah perbuatan mulia. Hal itu bisa membuat kita menajdi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Advertisement

Sedangkan kelebihan adalah hal yang dapat menjadikan kita pribadi yang sombong. Merasa hebat diantara yang lain. Menganggap remeh orang lain karena merasa bisa. Hal ini sebisa mungkin kita hindari. Tanamkan dalam diri kita bahwa kelebihan yang kita miliki tidak ada apa-apanya jika tidak bermanfaat untuk orang lain. Kelebihan kita sia-sia jika kita gunakan untuk menyakiti orang lain.

Jadikan kelebihan kita untuk orang lain, untuk melengkapi kekurangan orang lain agar tercipta hidup yang harmonis. Jangan terlena, karena di atas langit masih ada langit. Masih ada orang yang lebih baik dari kita. Kita harus tetap meningkatkan kualitas diri. Kita tidak boleh merendahkan orang lain. Karena kita tidak pernah tahu seperti apa hidup kita ke depannya. Bisa jadi orang yang kita rendahkan lebih sukses dari kita.

Advertisement

“Jangan berkecil hati karena kekurangan yang kita miliki, dan kita pun tidak boleh merasa hebat dengan kelebihan kita. Hidup adalah saling menerima dan saling melengkapi. Untuk selanjutnya tumbuh bersama menciptakan keharmonisan”.

“Tetap semangat kita semua istimewa”

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE