#DiIndonesiaAja-Menikmati Pesona Bendungan Selorejo kala Swastamita, Tanpa Harus Mengeluarkan Biaya

Wisata alam di Ngantang, Malang

Bendungan yang selesai dibangun pada tahun 1970 ini berlokasi di Ngantang, Malang. Fungsi utama dibangunnya bendungan ini yaitu untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Namun karena keindahan alam di sekitar lokasi bendungan, mambuat bendungan ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat wisata.

Advertisement

Ada beberapa titik lokasi berbeda yang dapat kita kunjungi, meski lokasinya terbilang berbeda namun masih dalam lingkar bendungan. Jadi, kita tetap dapat menatap dan menikmati pesona bendungan ini dari berbagai sudut pandang. Dengan begitu kita jadi bisa memilih dan memilah berbagai tempat yang cocok untuk digunakan sebagai spot foto berlatar Bendungan Selorejo.

Bendungan yang memiliki dwifungsi ini, sekarang menjadi ikon atau salah satu tempat wisata favorit yang berada di daerah Ngantang. Karena keindahan alamnya itulah bendungan ini cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Bagi warga sekitar, lokasi wisata ini dapat menjadikan ladang rezeki, karena dengan adanya wisatawan yang berkunjung mereka jadi bisa membuka usaha dagang di sekitar tempat wisata Bendungan Selorejo.

Mungkin wisatawan akan dipungut biaya jika ingin menggunakan jasa hiburan seperti berkuda, naik perahu dan lain-lain. Namun jangan khawatir, di sana tetap ada beberapa titik lokasi yang dapat kita akses secara gratis tanpa kecuali, jadi setiap orang yang singgah di sana tidak akan dipungut biaya. Jika kita hanya ingin menikmati keelokan alamnya saja, kita tak perlu repot-repot mengeluarkan biaya.

Advertisement

Selain menikmati keindahan alam bendungan ini, kita juga dapat menikmati keelokan alam lainnya yakni Gunung Kelud. Jika dilihat dari sebelah selatan bendungan maka akan nampak jelas gunung yang terletak tak jauh dari sana, sungguh perpaduan alam yang sangat indah.

Menikmati senja ditempat ini benar-benar menakjubkan, bagaimana tidak, kita bisa memandang matahari kembali ke peraduannya di balik Gunung Kelud. Dengan bersantai di tepian bendungan kita memandang senja, mengantarkan matahari pulang ke tempat asalnya. Sungguh keindahan alam yang menentramkan jiwa.

Advertisement

Di tempat ini kita tak perlu repot-repot mengeluarkan cuan, alias gratis. tempat yang telah didesain alam dengan sedemikian indahnya itu dapat kita nikmati secara cuma-cuma. Biasanya banyak muda-mudi yang datang ke sini saat sore hari, dan mereka bebas menikmati pemandangan di sana. Tak jarang dari mereka menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk memadu kasih. Memang perpaduan yang romantis antara alam dengan dua insan yang sedang dilanda asmara itu bercengkerama di tepi bendungan dengan latar suasana senja.

Hangatnya swastamita yang dibarengi oleh semilir angin semakin membuat tempat ini berkesan di hati para pengunjungnya. Setiap orang yang pernah datang ke tempat ini pasti menyimpan cerita mereka masing-masing. Acap kali tempat ini juga dijadikan lokasi foto pre wedding bagi mereka yang mungkin memiliki kesan tersendiri di tempat ini. Selain itu, mungkin karena tempat ini juga tak memakan biaya jika ingin digunakan sebagai lokasi foto. Meski lokasi Bendungan Selorejo ini di kelola oleh pihak Perum Jasa Tirta, setiap orang yang berkunjung ke tempat ini tidak dipungut biaya sepeserpun.  

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE