#DiIndonesiaAja-Sebuah Mutiara tersembunyi di Kalimantan Barat, Cocok Banget Dijadikan List Tempat Liburan Kalian, nih!

Destinasi Pantai Temajuk yang super-super keren banget lho,

Nah guys, untuk kalian yang liburan ke Kalimantan Barat jangan lupa untuk mampir juga di sini, di Pantai Temajuk. Untuk kalian yang mampir ke sini nggak akan nyesel deh, karena pemandangan di sini bener-bener menghipnotis mata kalian. Keindahan panorama di sini telah mulai tersaji saat wisatawan melakukan perjalanan Pantai Temajuk yang terletak di Desa Temajuk, desa yang berada di sebelah utara dari bagian barat Pulau Kalimantan, hanya berjarak 4 kilometer dari Telok Melano, Malaysia.

Advertisement

Desa ini secara administratif berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Desa ini memiliki garis pantai yang sangat panjang yakni sekitar 60 kilometer, dan terdapatlah Pantai Temajuk yang sangat cantik itu. Ditambah lagi dengan pasirnya yang berwarna coklat memberi panorama yang eksotis disanding dengan luasnya laut biru.

Selain itu, Pantai Temajuk ini sering disinggahi penyu untuk bertelur saat malam hari, tapi please banget untuk siapapun yang para wisatawan yang berkunjung di sini jangan ganggu mereka ya. Di Pantai Temajuk ini kalian dapat menikmati keindahannya dengan berjalan di tepi pantai dan dermaga berenang. Pada bulan Oktober-Februari merupakan saat yang tepat bagi peselancar untuk menguji adrenalin, karena angin cukup kencang dan tinggi gelombang di pantai ini bisa mencapai 2 meter, bahkan lebih.

Di Dermaga Temajuk yang sangat panjang dan menjorok ke laut, anda bisa melihat panorama yang indah, terutama pada saat sunset, jangan sampai melewatkan detik-detik matahari tenggelam kembali ke peraduan yang eksotis dari Pantai Temajuk. Anda juga bisa menikmati keindahan di bawah laut dengan menggunakan snorkeling di Teluk Atong.

Advertisement

Keseruan di Temajuk bukan hanya keindahan pantainya jika anda beruntung anda bisa melihat satu hewan yang tergolong langka dan di lindungi yaitu penyu, yang biasanya datang ke pesisir pantai pada malam hari. Di Temajuk juga memiliki villa yang unik ni, jadi untuk kalian yang ingin berkunjung ke sini namun jauh dari daerah ini, jangan khawatir lagi. Di sini sudah memiliki fasilitas villa untuk penginapan kalian, sehingga membuat kalian betah di sini.

Pembangunan villa ini hasil kerjasama pemerintah Daerah Kabupaten Sambas bersama warga sekitar merupakan salah satu bukti bahwa Pantai Temajuk sangat digemari pengunjung, dengan harga yang termasuk murah yaitu IDR 150.000,00 rupiah sampai dengan IDR 300.000,00 rupiah saja, apalagi posisinya berhadapan langsung dengan pantai, sehingga kalian juga bisa menikmati keindahan pantai dari villa tersebut.

Advertisement

Untuk mencapai Desa Temajuk, perjalanan menggunakan sepeda motor dari Kota Singkawang, membutuhkan waktu tempuh sekitar 6 jam, dengan jarak tempuh sekitar 200 kilometer. Perjalanan dimulai dari Kota Singkawang menuju Kota Sambas, kemudian ambil jalur menuju Kartiasa. Setiba di Kartiasa, kita menyeberang sungai menggunakan feri tujuan Teluk Kalong dengan tarif Rp 5.000 per sepeda motor atau Rp 35.000 jika menggunakan mobil pribadi. Selanjutnya ke arah Paloh-Dusun Ciremai-Desa Temajuk.

Nah, tunggu apalagi. Ayo buruan ke sini, jadikan Pantai Temajuk ini ke salah satu list liburan kalian sekeluarga dengan harga murah meriah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE