Yuk Kenali Jejak Digital, Biar Identitas Kamu di Internet Makin Aman

Jejak digital adalah suatu hal yang lazim kita temukan di era modern saat ini, penyebabnya adalah berkembangnya zaman yang dimana sekarang kita sudah tidak dapat terlepas dengan namanya internet, banyak media baru yang bermunculan mulai dari berbagai macam berita faktual dan berita hoax.

Advertisement

Lalu, apakah yang dimaksud dengan jejak digital? Jejak digital merupakan suatu identitas yang dapat mengungkapkan dirimu sebenarnya. Ya, contohnya saja ketika SoHip sedang menjelajahi dunia internet mulai dari melakukan scrolling dan memposting di akun social media, menelusuri web serta melakukan berbagai aktivitas lainnya di internet.

Apakah Jejak Digital Berbahaya?

Berbeda dengan ketika SoHip meninggalkan jejak di pantai yang berpasir saat SoHip menghapus jejak tersebut akan hilang tanpa ada bekas dari jejak yang kita buat, namun jejak digital tidak akan terhapus seluruhnya dari internet, meskipun SoHip sudah menghapus browser dan akun social media namun data tersebut akan tetap ada dan tersimpan di dalam sebuah server, makin banyak SoHip melakukan aktivitas di dunia internet makin banyak juga penyimpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan data tersebut.

Advertisement

Bagaimana cara yang tepat untuk menjaga jejak digital?

Sekarang SoHip sudah tahu mengenai jejak digital dapat mengungkap identitas. Nah, sekarang SoHip pasti mencari cara untuk menjaga jejak digital SoHip agar tetap aman dan terjaga privasi nya, berikut adalah tiga cara yang tepat dan efektif agar jejak digital SoHip terjaga :

Advertisement

       1. Membantu sesama di dunia maya

Banyak forum online di internet dan social media, gunakan dengan bijak dengan cara  berpartisipasi untuk menjawab pertanyaan di forum tersebut agar SoHip dapat membangun reputasi jejak digital dengan baik.

        2. Jaga privasi sebagai tameng di dunia maya

Banyak dari pengguna yang memposting identitas pribadi seperti KTP, lokasi secara realtime sampai curhat di dunia maya, tinggalkan lah hal tersebut karena akan berdampak pada privasi yang SoHip miliki.

         3. Jangan klik link sembarangan

Pernahkah SoHip membuka situs link yang tidak dikenal di dunia maya? Jika SoHip pernah melakukannya sebaiknya SoHip dapat cek kebenaran tautan link tersebut terlebih dahulu.

Ternyata sekecil apapun yang kita lakukan akan berdampak besar terhadap identitas dan reputasi yang SoHip miliki, jadi mulai sekarang yuk bijaklah dalam ber internet dan di social media, ya!.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya suka dengan Technology, Architecture dan juga Hiburan

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE