Berawal Dari Hobi Jadi Peluang Usaha

Mengasah kemampuan dari hobi yang dimiliki, sangat penting!

Sejak kecil saya sangat suka pada binatang salah satunya yaitu kelinci. Rasa suka pada binatang ini membuat saya mempunyai hobi yaitu beternak. Awal mulanya, saya meminta bapak saya untuk membuatkan kandang kelinci dari bambu. Setelah kandang selesai dibuat. Saya pergi ke suatu tempat untuk membeli sepasang kelinci dari seorang pengusaha ternak kelinci yang sukses. 

Advertisement

Disitu harga kelinci terpaut murah, kelinci yang dijual sehat dan mempunyai kualitas yang baik. Dari situ saya mengamati cara merawat kelinci yang benar dan cara membudidayakan supaya kelinci dapat bertambah banyak. Dari hasil mengamati saya tertarik untuk membeli dan mengikuti jejak beliau. 

Kelinci yang saya beli termasuk kelinci pendaging dan mempunyai corak warna yang bagus. Kelinci jantan memiliki warna putih campur hitam atau loreng dan betina berwarna cokelat. Setelah membeli saya bergegas pulang. Sesampai dari rumah saya langsung menuju belakang rumah untuk meletakkan sepasang kelinci di kandang yang sudah siap dipakai. 

Awalnya saya cuman iseng menaruh sepasang kelinci tadi dalam satu kandang. Saya mikir jika dicampurkan nanti bisa melakukan perkawinan dan berkembang biak menjadi banyak. Ternyata keisenganku terwujud. 

Advertisement

Setelah dua minggu berlalu, saya meraba perut kelinci betina. Tujuan saya merabanya yaitu untuk melihat dan merasakan apakah ada benjolan-benjolan kecil diperut kelinci. Dan ternyata ada benjolan yang menandakan kelinci betina sedang bunting. Sehingga saya memisahkan kelinci betina dari kadang kelinci jantan. Saya tempatkan di kandang yang khusus untuk betina. 

Saya memberikan makanan kelinci, seperti: rumput, kadang wortel dan sisa sayuran yang tidak digunakan dan memberi air. Beternak kelinci itu gampang-gampang susah. Mengapa demikian? Karena kondisi kadang kelinci setiap hari harus dalam keadaan steril. Mengapa kandang kelinci harus bersih? Karena kelinci itu rentang terhadap penyakit. Apabila lalai tidak membersihkan kandang sampai beberapa hari akan menimbulkan wabah penyakit bagi kelinci seperti skabies. Orang jawa menyebut penyakit gudiken. 

Advertisement

Selama satu bulan sudah kelinci saya melahirkan 8 ekor. Kelinci anakan tersebut mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dibandingkan dengan hewan yang lain. Mengapa pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan hewan yang lain? Karena kelinci umur 2 minggu sudah tumbuh bulu yang banyak, sudah dapat melihat serta bergerak. Umur satu bulan kelinci mulai aktif bergerak dan mulai makan sendiri. Penyapihan kelinci saya lakukan ketika umur 2 bulan. 

Indukan kelinci saya pindahkan ke kandang kelinci jantan supaya melakukan perkawinan. Perkawinan kelinci dapat dilakukan selama 5 kali dalam setahun. Sehingga kelinci betina rata-rata memiliki banyak anak, karena usia kehamilannya hanya sekitar 1 bulan. Dan penyapihan anakan dilakukan ketika genap umur 2 bulan. Hal tersebut membuat kelinci saya dari awalnya cuman hanya sepasang, sekarang menjadi puluhan ekor. 

Sekarang banyak orang yang tergiur untuk berternak kelinci. Karena kecepatan dalam perkembangbiak dan jumlah anakan yang dihasilkan cukup banyak. Tetangga, teman dan saudara sekitar saya tertarik untuk memelihara kelinci yang saya miliki. Saya bersyukur karena perjuangan membudidayakan kelinci dari dua pasang bisa menjadi banyak dan bisa membantu kondisi keuangan keluarga. 

 

Walaupun banyak kendala yang saya hadapi dalam berternak karena baru pemula, tapi kendala tersebut dapat saya atasi dengan menghadapinya secara baik. Saya yakin segala kesulitan yang ada pasti setelah itu ada kemudahan.      

Waktu kelas sepuluh dulu, saya ditunjuk oleh waka kesiswaaan untuk mengikuti dan berpartisipasi dalam acara generasi milenial dengan berternak kelinci yang diadakan oleh Dinas Peternakan dan perikanan. 

Saya senang sekali bisa ditunjuk serta mewakili sekolah dalam acara tersebut. Saya memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Karena saya tau kesempatan tidak akan datang kedua kali, bukan? 

Dengan mengikuti acara tersebut saya mendapatkan banyak ilmu pengetahuan mengenai bagaimana cara beternak yang baik. Bagaimana tentang membudidayakan hewan peliharaan? Bagaimana cara mengatasi jika hewan peliharaan sakit? Semua itu menambah wawasan dan bekal saya untuk menjadi pengusaha ternak kelinci yang sukses dan berjaya. 

Pada intinya mempunyai hobi itu sangat penting dimiliki oleh diri seseorang. Karena hobi membuat kita dapat mengasah kemampuan kita dan memberikan dampak positif seperti menghilangkan stress. Apakah kalian mempunyai hobi? 

Saya yakin semua orang pasti mempunyai hobi masing-masing. Jika kita bisa menekuni dan mengasah hobi yang dimiliki sesuai bidang atau kemampuan kita pasti hobi tersebut akan memberikan makna yang berarti bagi kehidupan kita dan mewarnai hari-hari yang kita miliki.

Hobi yang dimiliki seseorang bisa menjadi ladang usaha bagi diri sendiri dan bermanfaat untuk orang lain. Apabila kita bisa menempatkan dan mengembangkan sesuai kemampuan yang dimiliki. InsyaAllah hobi yang dimiliki membawa keberkahan dalam hidup. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

CLOSE