Takut Menghadapi Ujian Sekolah? Ini Dia Tips-nya!

Beberapa waktu menjelang ujian di setiap sekolah banyak siswa yang mendadak mengalami stress, cemas, bahkan takut. Kondisi seperti ini sudah sering terjadi pada sejumlah siswa, karena mereka merasa takut akan hasil yang mereka dapatkan nantinya. 

Advertisement

Mendapatkan nilai yang memuaskan dalam ujian di Sekolah merupakan impian setiap siswa. Lantas jika semua siswa takut menghadapi ujian bagaimana impian tersebut bisa tercapai?

Untuk mewujudkannya memang bukan perkara mudah. Diperlukan sebuah usaha dan persiapan yang matang. Kamu juga harus tahu trik-trik dalam menghadapi ujian agar kamu siap secara maksimal dalam mengerjakannya, penasaran dengan tips dan trik nya? 

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum menghadapi ujian, yaitu:

Advertisement



1. Menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan

Suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan akan membuat suasana hatimu lebih bersemangat. Bagaimana suasana belajar yang nyaman dan tenang itu? Seperti disebuah taman yang asri, kamar mu yang bersih, atau diluar rumah misalnya coffee shop, dan masih banyak lagi.

2. Memilih waktu yang tepat untuk belajar

Memilih waktu yang tepat untuk belajar adalah sesuatu yang paling penting. Beberapa teori menjelaskan waktu belajar yang tepat adalah pada malam hari, ada juga yang mengatakan bahwa saat subuh adalah waktu terbaik. Namun alangkah lebih baik kamu menyesuaikan dengan dirimu sendiri.

Kamu harus bisa mengetahui kamu lebih efektif belajar pada saat malam atau pagi hari, jika sudah mengetahuinya lakukanlah secara rutin.

Advertisement

3. Memahami bukan menghapal

Dengan cara memahami bukan menghapal kamu akan lebih mudah mengingat materi dari pelajaran tersebut, karna kamu akan memahami secara detail isi dari materi pelajaran tersebut.

4. Belajar secara bertahap

Hindari SKS atau Sistem Kebut Semalam. Sistem kebut semalam adalah sistem belajar dadakan yang kurang efektif karna akan menyita waktu istirahat kamu. 

Sebaiknya kamu mulai belajar secara bertahap. Bukan hanya memberikan waktu istirahat cukup, kamu juga akan lebih mudah memahami materi secara mendalam.

Semoga keempat tips tersebut bisa membantu kamu dalam proses belajar menuju ujian mendatang. Namun, jika sudah memahami tips yang bisa membantumu mari kita cek apakah kamu sudah siap dalam segi semangat.



Beberapa siswa sudah bisa menjalankan tips belajar, namun masih sangat sulit membangun semangat belajar dalam dirinya sendiri.



Semangat belajar sangat dibutuhkan, baik menjelang ujian ataupun untuk keseharian, karna tanpa adanya semangat belajar, semua akan nampak seperti angin lalu. Dalam artian lain adalah masuk telinga kanan keluar telinga kiri.

Beverapa hal yang bisa membantumu mwmbangun semangat belajar, diantaranya:

1. Bergaul dengan teman yang memiliki semnagat belajar tinggi

2. Membuat sebuah target yang ingin kamu capai

3. Menghindari kebiasaan buruk

4. Mencaru suasana baru dengan belajar bersama teman

5. Self Reward

Bagaimana sudah siap menghadapi ujian sekolah? Pastikan kamu siap dan bersemangat, semoga sukses dengan apa yang sudah kamu usahakan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE