2021 Kini Teknologi Menjadi Tujuan Untuk Mempertahankan Kebudayaan Indonesia

Banyak dari generasi muda hingga lanjut menggunakan teknologi.

Di era teknologi ini yang sangat pesat, teknologi sangat memegang kendali dalam perubahan segala sesuatu. Sebab itulah teknologi ini mendorong manusia untuk akan selalu bergantungan untuk menginovasikan sebuah karya untuk dinikmati penontonnya. Hingga saat ini yang kita ketahui, teknologi telah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi telah menjadi sebuah acuan dalam kemajuan suatu negara itu sendiri. Yang kita ketahui di era digital ini, perkembangan teknologi ini membuat budaya-budaya di Indonesia hampir tidak dipentingkan lagi.

Kita sebagai masyarakat yang memiliki rasa nasionalisme harusnya dapat memanfaatkan teknologi ini untuk menjaga dan memperkenalkan budaya nenek moyang dan mempertahankan budaya leluhur, bahkan harusnya budaya kita dikenal sampai ke internasional sehingga eksistensi kebudayaan Indonesia ini tetap terjaga dan membuat masyarakat luar mengetahui citra budaya lokal yang beragam macam. sebagai contoh, dapat kita aplikasikan dengan teknologi saat ini dengan adanya membuat film dan drama pendidikan bahasa indonesia sampai ke mancanegara atau dapat juga dengan adanya membuat aplikasi games dengan struktur kebudayaan yang ada di Indonesia, sehingga membuat masyarakat luar tertarik dan mempelajari bahasa, adat – adat di Indonesia dan membuat eksistensi kebudayaan Indonesia tetap dipertahankan dan digunakan sangat baik hingga anak cucu kita nantinya.

Teknologi jika kita manfaatkan menjadi nilai untuk bangsa pastinya akan membuat jiwa nasionalisme bangsa menjadi semakin meningkat. Tidak perlu khawatir, walaupun kebudayaan kita sudah mulai punah termakan oleh zaman. Saya yakin bahwa dengan adanya perubahan sedikit demi sedikit dari segi teknologi yang menampilkan hal yang bernilai kebudayaan dalam negeri ini lagi pastinya generasi kita akan masih tetap dapat menikmati kebudayaan nenek moyang kita. Harus kita sadari, bahwa jika kita tidak mengembalikan kebudayaan asli negeri ini pastinya generasi ke generasi selanjutnya akan termakan oleh budaya barat.

Bukan hanya itu, bisa saja membuat lunturnya rasa kesopanan dan toleransi kita ke sesama budaya yang ada di negeri ini. Saya yakin ini waktunya yang tepat untuk mengubah nilai – nilai yang tinggi dengan mengandalkan teknologi yang canggih. Tanpa kita sadari, nyatanya banyak dari generasi muda hingga lanjut menggunakan teknologi. Karena itu teknologi dapat dijadikan acuan untuk mengembalikan budaya nenek moyang kita. Mungkin dari hal kecil terlebih dahulu seperti yang kita bahas diawal yaitu membuat film yang bernilai perjuangan bangsa kita, menampilkan tarian adat dari berbagai di media dengan memanfaatkan platform yang ada atau bahkan dengan video ajakan untuk melindungi kebudayaan kita setiap bulannya sehingga timbulnya rasa nasiolisme dari penikmatnya.

Karena itu kita sebagai generasi muda haruslah semangat untuk mempertahankan kebudayaan Indonesia sampai ke internasional sehingga rasa nasionalisme kita semakin tinggi terhadap negara ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis