Jika kalian hidup di jaman era digital sekarang ini, mustahil bila nggak mengenal YouTube, yap… situs web berbagi video ini memang banyak diakses baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang tua. Menurut informasi yang didapat YouTube memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia dan semua pengguna YouTube tersebut menonton miliaran jam video dan juga menghasilkan miliaran kali penayangan tiap harinya.

Tapi tahukah kalian, diluar hal tersebut ternyata trending YouTube bisa mencerminkan bagaimana selera tontonan orang-orang Indonesia itu sendiri, jadi apakah semua video yang ada di trending YouTube Indonesia itu berkualitas?

Tiap hari saya memperhatikan semua rekomendasi video yang ada di YouTube, baik dari upload video terbaru, video musik, rekomendasi channel, dll.

Dan tiba saatnya ketika saya iseng memeriksa trending di YouTube, settingan lokasi trending YouTube saya adalah Indonesia, setelah melihat-lihat trending YouTube Indonesia. saya menjadi heran sendiri kenapa sih masih ada video-video yang tidak berkualitas, nggak penting, dan nggak berguna tetapi awet banget berhari-hari di list trending YouTube.

Advertisement

Yah mungkin ini menjadi sentilan sih buat Youtube Indonesia, agar segera membenahi list trending terutama di YouTube Indonesia, terutama buat pemilik channel-channel Re-Uploader dan sebagian channel yang suka mengandalkan suara google translate. Dan bagi para penikmat video di YouTube untuk lebih bijak dalam memilih tontonanmu.