Masih bingung bagaimana caranya merawat dan menjaga cincin perak kamu agar tetap awet? Cincin perak tidak kalah indahnya dengan cincin dengan bahan logam lainnya. Selain harganya yang terjangkau, perak menampilkan kesan yang elegan dengan warna putih mengkilatnya. Untuk mempertahankan warna dan agar terhindar dari goresan, cukup kamu rawat dengan sepenuh hati dan rajin.

Mau tahu gimana caranya menjaga agar cincin perak kamu awet dan warnanya lebih tahan lama? Cincin merupakan perhiasan yang sarat akan makna, agar awet perlu dirawat dan tetap terjaga tampilannya. Dibawah ini ada beberapa tips yang dilansir dari berbagai sumber yang perlu kamu tahu dan praktikan lho!

Cara membersihkan dengan tepat

Cincin yang berbahan dasar perak memang mulai digemari karena berbagai kelebihannya. Untuk menjaganya pun tidak begitu susah. Warna cincin perak yang terus digunakan juga lama-lama akan terjadi pemudaran jika tidak dirawat dengan tepat. Salah satu tips membersihkannya yaitu dengan menggunankan sabun cuci cair. Caranya sangat mudah, masukan cincin ke dalam wadah berisi air hangat dan setetes cairan sabun yang diaduk rata. Diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih dan dikeringkan. Cukup 2-3 menit saja ya merendamnya! Bahan lain yang bisa digunakan yaitu campuran bubuk soda kue dan garam ke dalam larutan air untuk membersihkan detail kecil tanpa perlu menggosoknya.

Advertisement

Cara mempertahankan kilau perak

Kilau perak yang sangat indah dapat bertahan lama bila dipoles dengan cara yang benar. Tapi tenang, caranya juga sederhana. Bersihkan dengan teratur dan lapisi dengan minyak zaitun saat tidak dipakai, Zat yang ada pada zaitun mampu mempertahankan warna kilau pada bahan perak. Jangan letakkan pada perkakas yang mengandung logam lainnya yang bisa menggores lapisan cincin perak. Selain itu, hindari semprotan langsung berbagai parfum dan produk kecantikan lainnya untuk mempertahankan warnanya. Hal-hal tersebut sangat membantu agar permukaan pada cincin tetap bersinar terkena cahaya.

Tips menyimpan cincin perak

Sebenarnya cincin perak yang selalu dipakai akan memperlambat pemudaran warna. Namun, apabila kamu terpaksa ingin menyimpannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebelum disimpan, bersihkan dengan benar lalu dibungkus dengan kain kering lembut yang tidak menggores perak. Hal itu untuk menjaga suhu permukaan cincin perak agar tidak lembab. Terakhir, hindarkan dari debu luar yang dapat menempel pada cincin dengan menaruh di dalam kotak atau sejenisnya dalam keadaan kering.

Advertisement

Nah, itulah tips sederhana yang dapat kamu coba untuk memiliki cincin perak yang awet dan terawat warna indahnya. Sangat mudah diaplikasikan di rumah. Untuk hasil yang baik perlu dilakukan dengan teratur. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya