#BelajarDiNegeriOrang-3 Hal yang Memperkaya Hidup dari Sekolah di Luar Negeri

Cinta, Keluarga, Rival

Senin 22 Maret 2021, hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 serentak diumumkan. Ada suka cita bagi siapapun yang berhasil masuk ke perguruang tinggi favoritnya. Adalah sebuah kebanggan untuk bisa berkuliah dan mendapatkan gelar sarjana dari kampus negeri yang ternama. Selain pilihan kampus di atas itu, masih ada satu pilihan yang ternyata lebih bergengsi lagi, yaitu belajar di luar negeri.

Advertisement

Kata Mozart Seorang pria dengan talenta biasa akan selalu menjadi orang biasa, baik ia bepergian atau tidak; tetapi seorang pria dengan talenta superior akan hancur jika dia tetap selamanya di tempat yang sama. Lantas kenapa mesti melewati batas negara?

Karena meski masih berada dalam satu daratan yang sama atau hanya berjarak beberapa mil di seberang lautan sana. Sistem yang dianut Negara lain akan sangat berbeda, termasuk dalam sistem pendidikannya. Hal yang bisa dibuktikan secara langsung dengan perbandingan Negara tercinta ini dengan Brunei, Malaysia dan Singapura yang masih dianggap serumpun.

Akan tetapi selain mendapatkan pengalaman dan pengetahuan spesifik yang berkualitas untuk menunjang ketika terjun ke dunia kerja, bersekolah di luar negeri juga memiliki implikasi yang sangat besar dalam hidup. Sehingga akan memperkaya kehidupan pelakunya, seperti 3 hal berikut ini.

Advertisement


Cinta


Dengan berada di luar negeri akan menimbulkan sebuah perasaan cinta yang baru. Cinta tanah air yang belum pernah dirasakan sebelumnya karena berada di tempat yang jauh dan cinta pada negera tempat menuntut ilmu yang menjadi rumah kedua. Perpaduan cinta akan melahirkan sesuatu yang baru. Kebudayaan maupun teknologi yang baru. Sebuah produk dari Ilmu dan teknologi maju dengan kearifan lokal Indonesia yang tinggi.

Advertisement

Bahkan tak jarang sebuah Cinta yang romantis pun dapat hadir dengan lawan jenis dari Negara lain membuat sebuah kisah cinta yang manis untuk selalu dikenang. 


Keluarga


Berada di lingkungan yang baru dan jauh dari keluarga di Indonesia membuat diri terkadang merasa insecure. Namun sebenarnya berada di luar negeri juga merupakan kesempatan untuk menemukan keluarga yang baru. Dimana kita akan menemukan orang-orang yang dapat dipercaya dan membuat merasa aman dan nyaman sehingga hubungan yang kuat terbentuk layaknya keluarga.


Rival


Menjadi pelajar Indonesia di luar negeri berarti juga menjadi wakil, dan salah satu wajah Indonesia di dunia internasional.  Untuk terus mengembangkan diri, penting untuk membangun persahabatan yang sekaligus menjadi rival untuk terus berkembang. Dengan  bersekolah di luar negeri, rivalitas yang dibangun berskala internasional sehingga akan memacu perkembangan yang inovatif dan progresif.

Demikianlah tiga hal yang memperkaya hidup sehingga bukan hanya CV yang mengkilap dengan pengalaman internasional tapi juga kehidupan pribadi sebagai seorang personal yang memiliki cinta, keluarga dan rival berskala internasional.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE