Setiap orang pasti punya hobi dong? Dari mulai bidang olahraga, kuliner, jalan-jalan, menulis, dan lain sebagainya. Kalian sadar nggak sih, terkadang ada orang-orang tertentu yang hobinya terkesan unik, langka, jarang yang punya hobi seperti dia, pokoknya anti mainstream. Salah satunya adalah saya, hehe. Saya ada beberapa hobi yang bisa di bilang anti mainstream sih, walaupun tingkat mainstream nya nggak sampai extreme banget. Mau tau apa saj? Bahkan mungkin kalian mau mencobanya juga? Simak 4 hobi yang saya jalani berikut :

Merawat Tanaman Unik

Advertisement

Ada yang hobi merawat tanaman atau bunga? Jenis bunga apa saja yang biasa kalian rawat? Bunga Mawar, Anggrek, Matahari, Bougenville, Kenanga, Lily, atau mungkin bunga Melati? Ahhh itu semua sudah biasA. Pernah kepikiran nggak untuk merawat tanaman karnivora ? Apa malah kalian baru dengar kalau ada jenis tanaman pemakan daging ini? Lebih spesifiknya sih tanaman ini memakan serangga, jadi nggak makan ayam, daging sapi, ikan, dan lain-lain.

Ada lho tanaman pemakan serangga. Tapi nggak langsung keliatan kaya hewan atau orang yang lagi makan daging. Jadi, mereka membuat semacam perangkap serangga, menghasilkan cairan pencernaan sehingga serangga yang terperangkap akan larut. Dari sinilah tanaman karnivora ini mendapatakan nutrisi. Perangkap jebakannya pun juga berbeda-beda, seperti perangkap fly kertas, perangkap pukulan, perangkap kantong dan jebakan pot Lobster. Contoh tanaman karnivora yang populer di Indonesia antara lain : Dionaea Muscipulalebih dikenal dengan penangkap lalat Venus, Aldrovanda vesiculosa – juga dikenal sebagai tanaman kincir air, Byblis – tanaman pelangi, Nepenthes – tumbuhan kantong semar.

Yang lain browsing sendiri ya, nggak akan saya bahas panjang lebar disini. Soalnya koleksi tanaman saya juga hanya 4 itu, wkwkw. Saya fokus aja membahas tentang jenis hobi-hobi anti mainstream ya. Beli tanamannya dimana? Googling aja ya. Yang jelas nggak semua toko bunga menjual tanaman-tanaman yang saya sebutkan diatas tadi.

Advertisement

Teman saya saja Bu Novi dari adorableflorist (toko bunga di daaerah Jakarta), nggak menjual tanaman-tanaman karnivora. Jadi harus pandai-pandai cari tempat yang jualan tanaman-tanaman karnivora tersebut. Coba saja aktif di forum kaskus yang membahas tentang tanaman-tanaman langka, nanti pasti kalian akan dapat info tentang jual-beli tanaman karnivora ini.

Memelihara hewan eksotis

Apa hewan peliharaan kesayangan kalian? Kucing, anjing, burung? Ahh itu mah biasa saja. Mau yang anti mainstream? Kalau di Arab Saudi lagi viral tuh memelihara macan alias harimau. Ada yang berani coba..? :-D

Saya sendiri memelihara kucing juga sih.Tapi saya juga ada hewan peliharaan yang anti mainstream juga lho, saya memelihara tarantula. Dulu hewan ini belinya harus import, tapi kalau sekarang sudah banyak beredar di Indonesia. Jadi jika kalian tertarik untuk memelihara tarantula, nggak perlu repot-repot import lagi, tinggal gabung ke grup tarantula di sosial media, di situ banyak yang jual-beli tarantula.

Saya dulu memelihara jenis P. Metallica, Greenbottle Blue (GBB), dan jenis Orange Baboon Tarantula (OBT). Itu merupakan jenis tarantula yang mempunyai warna-warna cerah dan tentunya sangat eksotis banget. Selain tarantula, kalian juga bisa memelihara beberapa hewan eksotis yang anti mainstream seperti : kalajengking, iguana, landak mini, ubur-ubur upside-down jellyfish, Axolotl (kadal anti mainstream yang menyerupai ikan), burung hantu, semut, ular, dan leopard gecko. Dijamin deh, pasti teman kalian akan kagum dengan hewan peliharaan kalian yang anti mainstream ini.

Fotografer Serangga

Kalian pernah berkeinginan menjadi seorang fotografer? Apa yang ada di bayangan kalian saat menjadi seorang fotografer? Memfoto model cantik, foto wedding dan pra-wedding, foto produk makanan, atau mungkin ada bayangan tersendiri di benak kalian? Pernah nggak terbayang buat foto hewan kecil serangga, misal nyamuk, semut, undur-undur, dan lain-lain. Ini sebenernya masuk kategori foto macro, yang nggak terlalu anti aminstream.

Tapi di sini saya fokuskan ke serangga yang berukuran kecil-kecil. Kalau yang foto kupu-kupu, capung, atau belalang, itu udah banyak yang lakuin. Nah, buat kalian para pecinta fotografi macro, cobalah naikkan level kalian buat foto serangga kecil semisal nyamuk. Pasti ada tantangan tersendiri tuh, saya jamin kalian akan merasa kesulitan. Tapi saat kalian berhasil melakukannya, kalian akan melihat betapa indahnya serangga kecil tersebut saat dilihat dari balik lensa macro kalian. Dan pasti kalian akan ketagihan. Teman-teman kalian pun pasti akan terkagum-kagum dengan hasil foto kalian yang anti mainstream ini.

Tampilan Nyeleneh

Ini mungkin hobi terakhir saya yang anti mainstream. Seperti diketahui, setiap saat kadang tampilan dan gaya berbusana atau berpakaian ada trend nya. Tapi kalau kalian mengikuti trend terus, itu artinya kalian nggak ada bedanya sama orang lain. So, apa menariknya? Ayo, cobalah untuk berani beda dari orang lain, ya walaupun kadang malah di bilang aneh, tapi setidaknya kalian punya ciri khas.

Saat lagi trend celana model pensil, pakailah celana cutbray. Saat lagi trend pakai kemeja rapi, cobalah pakai kaos-kaos pantai ala Hawaii. Saat lagi trend rambut rapi klimis, cobalah bergaya rambut berantakan, atau sebaliknya. Ya mungkin kalian akan dianggap nyeleneh, tapi yang jelas hobi gonta-ganti busana yang menantang trend ini pasti anti mainstream dong? Bagaimana? Tertarik untuk mencoba hobi anti mainstream yang saya jalani tersebut. Atau mungkin kalian punya hobi anti mainstream lainnya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya