Dalam sebuah hadist riwayat Tirmidzi sudah di jelaskan bahwa membaca satu huruf dalam Al Qur'an akan mendapat satu kebaikan dan satu kebaikan itu akan di lipat gandakan oleh Allah SWT. Yang dimaksud dengan satu huruf yaitu huruf alif lam mim di hitung tiga huruf, alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.

Jika kita bisa membaca satu ayat, satu surat, satu juz, atau mengkhatamkan Al Qur'an berapa banyak kebaikan yang akan kita dapatkan.

Advertisement

Ada banyak sekali manfaat membaca ayat suci Al Qur'an, misalnya surat Yasin yang sering di baca oleh jama'ah Yasin-an di malam Jum'at, ketika tahlilan dan pada orang sakaratul maut yang tujuannya untuk mempermudah orang tersebut menghadap ilahi.

Selain itu masih ada banyak lagi manfaat membaca surat yasin, misalnya membaca surat Yasin setelah sholat. Waktu setelah sholat fardu adalah salah satu waktu yang sangat baik atau waktu yang dikabulkan doa-doanya, dan berikut ini manfaat membaca surat yasin setelah sholat fardu lainnya.

1. Meningkatkan keberkahan hidup

Advertisement

Membaca surat-surat dalam Al Qur'an akan memberikan pahala yang berlimpah. Jadi seringlah membaca Al Qur'an, meskpiun itu hanya satu ayat. Kalau hidup kita di berkahi Allah SWT, maka hati akan terasa tenang karena keridhoan Allah yang membuat urusan menjadi lancar.

2. Mendekatkan diri pada Sang Pencipta

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa surat yang ada dalam Al Qur'an adalah firman Allah SWT, jadi melalui surat-surat itu Allah menyampaikan dan menyadarkan kodrat manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya.

3. Menambah ilmu dalam memahami Al Qur'an

Bukan hanya surat Yasin, namun semua surat yang ada dalam al qur'an perlu kita pelajari mulai dari bacaan arab, tafsir dan artinya. Karena setiap manusia memiliki kemampuan yang sangat terbatas, terutama bahasa. Yang perlu anda ketahui membaca surat yasin dan terjemahannya bisa menambah ilmu agama dan pemahaman seseorang.

4. Menambah keimanan seseorang

Surat yasin di turunkan Allah SWT untuk menjawab keraguan orang-orang kafir atas kerasulan Nabi Muhammad SAW. Surat ini berjumlah 83 ayat dan mengisahkan tentang kerasulan Muhammad SAW sebagai pengantar wahyu di jalan yang lurus.

Maka dari itu membaca surat Yasin dapat meyakinkan kita bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Itulah empat manfaat surat Yasin setelah sholat fardu, jangan lupa di amalkan lagi pada teman-teman muslim lainnya. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya