5 Cara Mencegah Mata Lelah Saat Kuliah Online yang Bisa Kamu Coba

Pentingnya menjaga kesehatan mata di tengah kuliah online.

Semenjak pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak 2020 semua kegiatan dilakukan secara daring. Metode pembelajaran juga dilakukan secara daring hal ini mengakibatkan kita menatap layar HP atau laptop dalam waktu yang lebih banyak daripada sebelumnya. bukan tidak mungkin mata kita menjadi lelah karena hal tersebut.

Advertisement

Nah, buat kalian yang merasa mengalami mata lelah nah kita akan merangkum tips mencegah mata lelah selama belajar online. Yuk, Simak Cara dibawah ini!

Atur Posisi Duduk saat Kuliah Online

Posisi duduk saat kuliah online sangat penting agar kalian bisa nyaman dalam mengikuti perkuliahan. Jarak Ideal saat menggunakan laptop pada saat kuliah online adalah 40 sampai 50 meter atau setara lengan kalian.

Advertisement

Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

Nah kacamata anti radiasi juga bisa membantu kalian mencegah mata lelah dan radiasi pantulan laptop ke mata kita secara langsung.penggunaan kacamata radiasi sangat bermanfaat untuk digunakan saat kuliah online.

Advertisement

Stop Menggunakan HP Saat Kuliah Online

Handphone memiliki layar retina yang kecil sehingga membuat mata kalian berkontraksi atau fokus pada layar yang kecil. Nah, ini menyebabkan mata Kalian menjadi lelah. Jadi hindari penggunaan HP pada saat kuliah online yah!

Istirahatkan Mata dengan Metode 20-20-20

Tips yang ketiga yaitu menggunakan metode 20-20-20 yang artinya, setiap 20 menit yang dihabiskan untuk menatap layar. Kalian perlu mengistirahatkan mata dengan melihat benda yang berjarak 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik. Cara ini bermanfaat untuk mata kalian menjadi rileks.

Atur Kecerahan Laptop

Kecerahan laptop dapat mempengaruhi mata kalian saat digunakan. Usahakan pencahayaan tidak terlalu terang atau terlalu gelap agar mata tidak cepat lelah saat kuliah online.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Buah-buahan

Makanan seperti ikan segar, sayuran hijau, dan buah-buahan yang mengandung vitamin A dan nutrisi baik untuk memilihara kesehatan mata dan tubuh seperti wortel, brokoli, kangkung dan bayam.

Olahraga yang Cukup

Tips yang terakhir adalah olahrga yang cukup. Olahraga yang cukup bisa membantu kamu mencegah mata lelah dan menyegarkan badan dengan olahraga yang dilakukan.olahraga yang dilakukan bisa berupa lari ditempat, lari keliling kompleks maupun senam beberapa menit.

Itu dia tips dan cara mempelihara kesehatan mata di tengah pandemi Covid-19 yang bisa kalian ikuti selama kuliah online. Ingat mata juga merupakan salah satu aset tubuh yang penting yang harus dijaga dengan baik.

Maka dari itu lebih baik mencegah daripada mengobati kan teman-teman? Mari mulai terapkan kelima cara mencegah mata lelah saat kuliah online!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mahasiswa akuntansi umm angkatan 2020

CLOSE