5 Kebutuhan Dasar untuk Mencapai Hidup yang Lebih Baik

hal-hal yang harus dipenuhi seorang manusia untuk mendaptkan hidup yang lebih baik.

Pernah nggak sih kamu merasa hidup kamu itu tidak bermakna dan hampa? Merasa tidak nyaman sama diri kamu sendiri. Akhirnya sikap kamu tidak konsisten kadang marah-marah, kadang baik, kadang mengikuti dengan orang.

Advertisement

Nah, sebenarnya masalah tersebut pernah dibahas oleh seorang psikolog asal Jerman yang terkenal banget yang bernama Erich Fromm. Menurut Fromm manusia Ada 5 kebutuhan dasar yang harus dipenuhi dengan cara positif agar sehat mental.

Kebutuhan yang pertama itu ada Relatedness, Kebutuhan untuk menjalin hubungan dengan orang lain atau relasi. Kebutuhan ini dapat dicapai dengan cara love yaitu care, responsibility, respect, knowledge.

cinta atau love adalah satunya jalan  atau cara untuk manusia bisa memenuhi kebutuhannya di dunia ini, dan dalam waktu yang sama, mereka bisa mendapatkan hubungan satu sama lain dan juga kebebasan. Jadi singkatnya, cinta Dapat terhubung dengan orang lain dapat terkoneksi dengan orang lain dan tetap menjadi diri sendiri serta memiliki kebebasan untuk mengekspresikan diri.

Advertisement

Kebutuhan yang kedua adalah transdence Kebutuhan akan kebebasan, kebutuhan ini bisa dicapai dengan cara create. Kebutuhan untuk kita tau tujuan hidup kita itu apa. Untuk itu manusia juga kreatif dengan banyak cara maksudnya adalah kita aktif dan peduli dengan kemampuan kita untuk menciptakan sesuatu atau berkreasi dalam seni, agama, gagasan, hukum, dan cinta. Singkatnya semua hal hal yang berguna dalam masyarakat.

Kebutuhan yang ketiga adalah rootedness atau Kebutuhan untuk kenyamanan. kebutuhan ini dapat dicapai dengan cara wholeness atau kemandirian. merasa menyatu dengan diri sendiri, udah nyaman dengan diri sendiri dan mau ngambil langkah untuk berkembang secara mandiri

Advertisement

Kebutuhan manusia keempat adalah sense of identity atau rasa identitas, atau kapasitas untuk menyadari diri kita sendiri sebagai sesuatu yang terpisah. Terpisah dari kelompok. oleh karena itu, kita harus membentuk konsep akan diri kita sendiri.

Nahh, cara untuk mendapatkan kebutuhan ini adalah dengan Individuality mengembangkan identitas sesuai diri sendiri. Ketika kita bisa jadi diri kita sendiri, berbicara bebas dan tetap percaya diri dan tidak mengatasnamakan suatu kelompok tertentu. Di situlah kita menemukan sense di diri kita.

Kebutuhan yang terakhir adalah frame of orientasi atau pandangan yang konsisten. Kebutuhan untuk punya pandangan hidup yang jelas. Kebutuhan manusia untuk memiliki pandangan hidup yang jelas.dari banyaknya pengalaman hidup kita sepanjang hidup kita tetap butuh pandangan hidup yang konsisten supaya kita bisa mencapai tujuan.

Cara untuk mencapai kebutuhan ini adalah dengan rational goal memiliki tujuan dan pencapaian jelas saat dimana kita memiliki goals yang jelas, goals yang smart, dengan  kita udah tahu schedule kita maka hidup kita lebih tertata.

Nahh dari kelima kebutuhan dasar menurut Erich Formm tersebut, jika kita lihat lagi maka, seseorang itu sebenarnya untuk menjadi sehat mental Maka kita harus menjadi independen, memiliki tujuan yang jelas dalam hidup dan Menggunakan apa yang kita miliki untuk kebaikan masyarakat. Semoga dengan membaca artikel ini, kita dapat mengetahui kebutuhan-kebutuhan dasar kita.

Dinda Isnaini, Fakultas Kedokteran, Program Studi Psikologi, Universitas Syiah Kuala.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE