5 Manfaat Berbagi Tanpa Batas Berikut Agar Hidup Lebih Berkah

Teringat sebuah kisah sahabat Rasulullah, Abdurrahman bin Auf. Beliau adalah sahabat Rasulullah yang paling kaya. Abdurrahman bin Auf adalah seorang pedagang sukses dengan harta yang berlimpah yang tak segan membagi hartanya dengan keluarga, saudara, dan agama Allah.

Advertisement

Sesat sebelum beliau meninggal, beliau mengatakan bahwa beliau takut harta yang dimiliki menjadi penghalang beliau masuk surga. Beliaupun mewasiatkan 500 ribu dinar untuk perjuangan di jalan Allah dan 400 dinar untuk setiap orang yang terlibat di Perang Badar.

Dari kisah Abdurrahman bin Auf kita dapat meneladani bahwa harta yang kita miliki dapat memberikan manfaat saat kita membaginya untuk orang lain dan kebutuhan di jalan Allah.

Hingga akhirnya kita akan merasakan manfaat berbagi tanpa batas membuat hidup menjadi lebih berkah dan bahagia.Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Di mana ada banyak saudara kita di luar sana yang kehilangan pekerjaan.

Advertisement

Manfaat Berbagai Tanpa Batas

Percaya tidak jika semakin banyak kita berbagi, maka kita akan semakin kaya? Allah di dalam QS Al-Baqarah : 261 berfirman Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap- tiap bulir seratus biji Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah maha luas karunia-Nya lagi maha mengetahui.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Michael Norton pada tahun 2008 juga membuktikan bahwa berbagi (uang) membuat seorang individu menjadi lebih bahagian dibandingkan saat menghabiskan uang tersebut untuk diri sendiri.

Advertisement

Ada banyak sekali manfaat berbagi tanpa batas yang dapat kita rasakan :

1.Meningkatkan Rasa Syukur

Kita dapat menjadi bahu untuk orang lain. Caranya dengan menyisihkan sebagai harta yang kita miliki dan membaginya kepada orang lain yang membutuhkan. Saat kita berbagi, maka kita dapat melihat kalau masih ada orang yang membutuhkan bantuan kita. Saat kita melihat senyuman orang yang kita bantu, maka akan muncul perasaan bahagia. Kita pun akan menjadi lebih bersyukur atas apa yang kita miliki.

2.Mengurangi Stress

Saat kita bersedekah, tentu kita akan melukis senyum di wajah kita. Pun di wajah mereka yang menerima. Saat kita berbagi, otak akan memproduksi hormon dopamine yang menghasilkan perasaan bagaia dan hormon oxytocin yang mengurangi stress.

Jadi yuk yang sering merasa stress, mungkin sudah saatnya keluar rumah dan berbagi untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan.

3.Membangun Persaudaraan

Ada yang bilang dengan berbagi, maka kita sudah menjalin silaturahmi. Sekecil apapun bantuan yang kalian berikan, orang lain akan senang. Berbagi adalah salah satu jalan agar kita dapat membangun persaudaraan.

4.Meningkatkan Kepedulian Sosial

Pernah tidak kalian mendapatkan kebaikan dari orang lain? Contohnya saat pergi ke kantor, ternyata lupa belum isi BBM. Lalu ada orang yang membantu mendorong motor kita sampai tempat pengisian BBM. Bisa saja kebaikan yang kita terima adalah balasan dari Allah atas apa yang pernah kita lakukan.

Sebagai bentuk kepedulian sosial, IndiHome menyalurkan bantuan sosial untuk Pondok Pesantren Tahfidz Ar-Rahmani, Tangerang Selatan bertepatan dengan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021 dengan tema 'Santri Siaga Jiwa dan Raga'.

5.Menularkan Virus Kebaikan

Jika kita amati, saat ini ada banyak konten media sosial yang berisi kegiatan berbagi. Seperti kegiatan berbagi makanan di Hari Jum’at yang dilakukan oleh komunitas-komunitas. Ternyata saat kita melihat konten berbagi, dapat memunculkan keinginan untuk turut berpartisipasi. Apalagi saat melihat senyum bahagia saudara-saudara kita yang membutuhkan. Tentu kita akan tertular virus untuk ikut berbagi tanpa batas.

Penutup

Sekecil apapun bantuan yang kamu berikan kepada orang lain, insyaAllah Allah akan memberikan balasan berlipat ganda. Entah berwujud harta, kesehatan, ataupun keamanan yang kita rasakan.

Yuk semakin semangat untuk berbagi tanpa batas kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Selamat Hari Santri Nasional 2021.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE