Ban adalah salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan, pada umumnya ban berbahan karet dan memiliki tekstur yang dapat mengembang dan mengempis. Ban dapat mengembang dikarenakan adanya tekanan angin diruang ban dalam, dari bahan dan sifat ban tersebut tentunya ban akan mudah rusak atau bocor bila tidak dirawat.

Mengingat fungsi ban sangat penting dalam sebuah kendaraan maka yang harus kita lakukan adalah mengecek dan merawat ban, supaya ban motor awet dan tahan lama. Berikut cara merawat ban motor supaya awet dan tahan lama.

Advertisement

Dalam proses perawatan dan pengecekan ban sebaiknya dilakukan secara rutin hal ini dilakukan supaya ban awet dan tidak cepat rusak.

1. Membersihkan Ban Secara Rutin

Dalam proses membersihkan ban sebaiknya dilakukan secara rutin hal ini bertujuan untuk menjauhkan kotoran yang menempel diban tersebut, tentunya bila kotoran atau pasir menempel diban dapat membuat ban mudah bocor atau pecah. Dalam membersikan ban sebaiknya menggunakan sikat dan membasahi ban dengan air sabun.

2. Memeriksa Dop (pentil)

Memeriksa dop sangatlah peting hal ini dilakukan karena jika dop terdapat kotoran atau pasir ban akan mudah kempes, dan kita bisa memeriksa kebocoran dop dengan membasahi lubang dop dengan air bersih. Bila dop terdapat buih atau gelembung menandakan dop bocor, bila tidak mengeluarkan gelembung maka dop dalam kondisi baik.

3. Memeriksa Tekanan Angin Ban

Kita harus memeriksa tekan angin ban secara rutin agar kita dapat mengetahui ban dalam kondisi kempes atau tidak, bila kondisi ban kempes maka sebaiknya kita menambah angin ban, dan jangan paksakan mengendarai motor saat ban dalam kondisi kempes karena ban akan mudah bocor bahkan bisa retak, dan jangan terlalu memberi tekanan angin terlalu tinggi dalam mengisi angin ban karena ban bisa pecah atau meledak. Maka pengisian angin ban sebaiknya melihat kondisi ban tersebut.

Advertisement

4. Tidak Memberi Muatan Pada Kendaraan Berlebihan

Dalam memberi muatan sebaiknya sesuai dengan kapasitas kendaraan, karena bila memberi muatan melebihi kapasitas dapat merusak ban dan bisa membuat ban mudah pecah atau retak. Dan tentunya dapat membahayakan keselamatan saat berkendara.

5. Menghindari Pemarkiran Kendaraan Diterik Matahari

Pada saat parkir kendaran sebaiknya ditempat yang teduh, karena apabila parkir diterik matahari akan membuat tekanan angin ban meningkat karena pemuaian uadara yang terkena panas, tentunya hal ini bisa membuat ban mudah pecah.

Dari penjelasan tadi tentunya sangat mudah dalam proses merawat ban motor, kita dapat melakukan sendiri dan perawatan ban motor sebaiknya dilakukan secara rutin agar ban dapat awet dan tahan lama.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya