Bulan Puasa atau bisa juga disebut sebagai bulan Ramadhan, merupakan bulan yang paling berkah sebab pada bulan Ramadhan semua pahala kebaikan akan dilipat gandakan. Tapi percuma juka anda melakukan kebaikan namun anda sendiri tidak menjalankan ibadah puasa.

Mereka yang sudah biasa puasa bisa jadi tidak menemukan kendala kesehatan saat berpuasa, namun anda yang baru belajar tentunya akan merasa jika puasa akan menggagu kesehatan anda. Hilangkan semua persepsi jika puasa itu tidak menyehatkan justru sebaliknya puasa mendatangkan kesehatan meskipun anda melakukan kerja berat.

Advertisement

Ada cara tersendiri agar puasa anda menjadi berkah, dan tentunya anda tetap sehat dan vit ketika menjalani ibadah puasa. Selagi niat anda tulus ingin menjalankan ibadah puasa karena Allah, bukan karena, pacar, istri, suami, atasan, mertua dan sebaginnya Insa Allah puasa anda akan menjadi berkah tanpa kendala suatu apapun.

Berikut Cara Tetap Sehat menjalani Puasa

Jangan Tinggalkan Sahur

Advertisement

Selain bernilai pahala karena termasuk amalan sunah, sahur juga penting untuk kesehatan tubuh anda agar memiliki energi lebih untuk dapat beraktivitas sepanjang hari selama berpuasa. Kemudian sahur juga bisa meningkatkan konsentrasi serta produktivitas anda selama anda menjalankan ibadah puasa.

Usahakan Hindari Tidur Setelah Salat Subuh

Waktu setelah subuh merupakan waktu yang tepat untuk menghirup udara segar, segerelah itu juga manfaatkan kemunculan matahari pada pagi hari ini bagus untuk kesehatan otak dan tulang anda sebab matahari di pagi hari mengandung vitamin D, bukan hanya itu manfaat matahari di pagi hari juga bisa merangsang pelepasan hormone endorfin yang dapat meningkatkan mood baik.

Merawat Kesegaran Serta Kebersihan Mulut

Setelah sahur jangan lupa sikat gigi, hal ini untuk merawat lesegaran serta kebersiha gigi dan mulut anda, dengan menggosok gigi anda dapat membersihkan flek sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi atau bagian mulut lainnya. Pakai obat kumur jika diperlukan. Dengan begitu anda akan semakin percaya diri.

Jangan Malas Berolahraga

Ibadah puasa jangan dijadikan alasan untuk tidak berolahraga, sebab dengan berolahraga dapat meningkatkan kebugaran, membakar kalori, menurunkan tekanan darah, dan yang penting akan membuat mood anda naik serta bersemangat dalam menjalani aktivitas. Lakukan olah raga ringan seperti push up, shit up atau berjalan kaki selama 30 menit.

Lakukan Istirahat yang Cukup

Jangan sampai karena alasan pahala yang dilipatgandakan membuat anda kemaruk dengan melakuka banyak ibadah dan perbuatan yang bernilai ibadah (baik). Namun anda jusrtu mengabaikan kesehatan anda. Hal ini tentunya tidak baik. Tubuh anda juga butuh istirahat. Maka beristirahatlah secukupnya sebab orang yang berpuasa tidurnya saja dianggap ibadah. Tapi jangan tidur terus-terusan,atau sambil istirahat anda bisa gunakan untuk dakwah di media sosial seperti Instagram.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya