Telat datang bulan biasanya dijadikan acuan oleh para wanita sebagai tanda-tanda kehamilan. Tetapi sebenarnya telatnya datang bulan bukanlah tanda utama akan datang nya kehamilan, bisa jadi itu karena pola makan yang salah atau hormon sedang tidak stabil. Kondisi yang stress juga dapat menyebabkan telatnya datang bulan.

Lalu apa tanda tanda kehamilan yang sebenarnya ?

Kram Perut

Selain dari telat datang bulan, kram perut juga menjadi acuan akan datang nya kehamilan. Ketahuilah bahwa mengalami kram perut itu bisa jadi kamu akan segera hamil. Cara mengatasi sakit akibat kram ini, kamu bisa mengompres perut menggunakan botol yang diisi air panas.

Advertisement

Payudara Membesar

Tanda hamil yang kedua bisa kamu lihat dari ukuran payudara yang terasa membesar. Biasanya gejala ini akan menimbulkan rasa sakit pada payudara dan bila dipegang akan terasa lembut.

Perubahan Bentuk Tubuh

Tanda hamil yang lainnya adalah perubahan bentuk pada tubuh yang berbeda dari keadaan sebelumnya. Jika setelah beberapa minggu kamu melakukan hubungan intim dengan suami dan merasakan perubahan bentuk tubuh. kemungkinan itu adalah tanda kehamilan.

Advertisement

Perubahan bentuk tubuh yang dimaksud seperti membesarnya perut, bokong, dan bagian dada. Jika ketiga bagian tubuh itu membesar maka itu bisa dikatakan gejala hamil.

Sering Buang Air Kecil

Jika wanita sedang hamil maka akan sering untuk buang air kecil. Hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan janin yang menimbulkan tekanan pada bagian kandung kemih, sehingga memicu untuk melakukan buang air kecil. Perlu diingat wanita yang sedang hamil tidak boleh menahan buang air kecil, karena dampaknya akan meracuni janin.

Keluar Flek Darah

Selain itu masih ada lagi tanda yang lain seperti munculnya flek darah, hal ini sangat mirip dengan haid, tapi warna darah yang dihasilkan sangat berbeda. Warna darah yang muncul itu lebih pucat dari darah saat haid. Flek darah memiliki wana yang pucat akibat dari implantasi embrio ke dalam dinding rahim.

Muntah

Wanita yang sedang hamil muda pasti akan merasakan mual dan muntah di pagi hari. Memang tidak semua yang hamil akan merasakan hal ini. Ada juga yang tidak sama sekali merasa mual saat mengandung. Saat kamu mengalami mual dan muntah-muntah, cobalah meminum minumam herbal atau minum air hangat untuk mengilangkan rasa mual dan muntah pada saat hamil.

Sekarang kamu udah tahu kan tanda-tanda hamil selain telat datang bulan? Jangan sepelekan lagi ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya