Impan gigi merupakan suatu metode pemasangan gigi palsu dengan menanamkan implan berupa skrup yang berfungsi menjadi penompang dan menggantikan funsi akar gigi. Di Jakarta sendiri, implan gigi sangat di minati oleh banyak orang. Sehingga ada begitu banyak dokter gigi implan di Jakarta yang menyediakan perawatan implan gigi.

Meski terdengar sedikit mengerikan, implan gigi adalah cara paling tepat untuk menggantikan gigi asli yang tanggal atau sebagai gigi palsu. Mengapa demikian? Berikut 7 alasan implan gigi sangat direkomendasikan dibandingkan dengan gigi palsu.

1. Daya kunyah mendekati gigi asli

Daya kunyah gigi palsu besarnya hanya 10% dari gigi asli. Berbeda dengan implan gigi yang memiliki daya kunyah sebesar 70-90% dari gigi asli atau mendekati gigi asli. Impan yang sukses dapat memungkinkan Anda memakan makanan keras tapi bukan makanan yang sangat keras atau terlalu keras. Sehingga apabila anda berminat melakukan implan gigi, sangat wajib mencari dokter yang berkompeten, bersertifikat, dan berpengalaman agar implan gigi yang dilakukan sukses tanpa efek samping.

2. Kenyamanan serupa gigi asli

Advertisement

Implan gigi yang berhasil dapat memberikan rasa nyaman serupa gigi asli. Berbeda dengan gigi palsu yang rasanya kurang nyaman. Implan gigi memungkinkan Anda mengunyah makanan seperti menggunakan gigi asli. Implan gigi juga memungkinkan Anda merasakan suhu makanan dan tekstur makanan. Menarik bukan?

3. Daya tahan lebih baik dan ekonomis

Implan gigi dapat bertahan hingga bertahun-tahun bila Anda menggunakan dan merawatnya dengan baik. Jangan pernah melanggar pantangan implan yang diberikan oleh dokter gigi implan ketika Anda melakukan implan gigi. Mengapa? Hal ini hanya akan memperpendek usia implan Anda.

Untuk dapat bertahan lama, memang dibutuhkan ketelitian atau perawatan yang baik dari pasien. Pada tahun ke 10 setelah pemsangan implan gigi, Anda memiliki peluang 50:50 untuk implan masih bertahan. Namun pada tahun ke 20, peluang bertahan masih ada namun hanya di bawah 50%. Akan tetapi jika anda melanggar pantangan-pantangan implan, umur implan bisa lebih pendek.

4. Melindungi gigi di sebelah ruang ompong

Implan gigi hanya dipasang pada ruang gigi yang ompong tanpa perlu mengusik atau mengikis gigi sebelah kanan dan kirinya. Berbeda dengan pemasangan gigi palsu yang harus mengikis gigi sebelah kanan dan kiri.

5. Implan gigi lebih nyaman dan mudah dibersihkan

Alasan paling banyak orang melakukan implan gigi adalah kenyamanan dan kemudahannya. Implan gigi lebih nyaman karena tertanan dalam tulang alveolar seperti gigi asli dan tanpa perlu peralatan-peralatan tambahan yang dipasang di mulut Anda. Hal yang paling menarik adalah keserupaan dengan gigi asli yang memungkinkan Anda membersihkan gigi seperti biasanya yaitu berkumur, sikat gigi, atau dengan dental floss.

6. Memelihara kesehatan dan keutuhan tulang rahang

Implan gigi memungkinkan tulang rahang menjadi lebih sehat dan mencegah terjadinya penyusutan pada tulang penyangga gigi. Hal ini disebabkan penempatan implan gigi sendiri yang berada di dalam tulang gigi. Sehingga implan gigi dapat menjadi solusi yang tepat untuk menghindari penampilan kempot yang membuat Anda terlihat lebih tua.

7. Tidak mungkin ada lubang di implan

Implan gigi yang terbuat dari logam dan mudah untuk dibersihkan, membuat implan tidak mungkin menimbulkan kavitas atau lubang di gigi.

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, menggambarkan dengan jelas betapa banyak manfaat implan gigi dibandingkan menggunakan gigi palsu. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah carilah dokter gigi implan yang memang bagus, bersertifikat, dan berpengalaman agar proses implan gigi Anda berjalan sesuai dengan yang diharapkan.