Buat kalian yang emang suka traveling biasanya sih (udah) punya cara tersendiri buat dapetin tiket pesawat murah. Tapi buat yang masih jarang traveling dan bingung gimana caranya dapetin tiket murah, nah, jadi gini guys, cara yang gue "imani" buat ngedapetin tiket pesawat murah. Hihihi. Ya barangkali cocok juga di logika kalian, monggo diterapkan :)

GIMANA CARA DAPETIN TIKET PESAWAT MURAH / PROMO?

Advertisement

1. Daftar Newsletter

Yes, ini perlu. Dengan gue regis newsletter maskapai tertentu, gue jadi tau maskapai mana yang lagi ada promo dan rute yang promo apa. Gak tiap minggu amat kan gue inget untuk buka situs maskapai. Karena #MenurutGue tiket murah / promo itu gak terjadi sim-salabim begitu aja.

2. Manfaatkan Kartu Kredit

Advertisement

Apa hubungannya manfaatin kartu kredit sama ngedapetin tiket murah? Sejauh ini sih ya gue masih membutuhkan kartu kredit buat ngeduluanin beli tiket murah yang gue temukan itu. Sama aja kan, nemuin tiket murah tapi gak ada duit buat bayar. Kesempatan lewat bung 😀 Tapi ini kan gue ya, kalo lu ada cash keras sih ya lebih baik lagi yekan.

3. Fleksibel Waktu dan Tempat Tujuan

Jangan menentukan tempat tujuan. Yes, gue selalu begitu. Gue gak pernah nentuin gue mau ke Korea di bulan Mei atau gue mau ke Hong Kong di bulan Maret. Nope. Yaa namanya juga beli tiket murah, jadi seketemunya aja hihi

4. Beli Tiket di Waktu Yang Tepat

Lagi-lagi ini untuk case Airasia. Gue gak terlalu yakin untuk maskapai lainnya. Carilah tiket di hari Minggu atau Senin karena biasanya AirAsia memulai promonya di awal pekan. Kalau udah hari ke-3 atau ke-4 dari masa promo, biasanya harga udah lumayan naik. Dan juga tiket-tiket harga baik di waktu baik (re: hari-hari yang banyak tanggal merahnya) udah sold out.

5. Tidak berangkat di hari Jumat / Sabtu dan Tidak pulang di hari Minggu / Senin

Soale hari-hari di atas banyak peminatnya sehingga seat murahnya cepet abis. Biasa sih gue lebih suka ambil tiket berangkat di hari Rabu / Kamis dan pulang di hari Senin / Selasa (tapi gak mutlak begini loh ya).

6. Pantengin Account Socmed Travel

Coba pantengin account socmed Travel Blogger, mereka suka share kalo lagi ada info promo tiket murah hihi :)

7. Mode Incognito / Private Browsing

Kalo di Chrome, coba klik Ctrl + Shift + N. Dengan pake mode incognito, cookies gak akan tersimpan dan langsung dihapus oleh browser. Biasanya situs maskapai sering manfaatin cookies kita, jadi langsung dikenalin dan nampilin tarif tertentu. Kita terdeteksi udah pernah ngunjungin situsnya. Sedangkan nih misal kita pengunjung baru, biasanya kita ditawarin harga yang lebih murah. Walau kita udah berkali-kali buka, kita akan tetep dapetin harga (lebih) rendah.

TRUS, ADA TIPS LAINNYA YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MAU BELI TIKET PESAWAT?

Ada! Jangan mentang-mentang tiketnya murah, jadi langsung lu hajar beli. 2 tips lagi ajee nih.


  • Perhatikan jam keberangkatan dan jam tiba (baik untuk perjalanan pergi dan juga pulang). Kalau perjalanannya singkat 2-3 jam, mending perjalanan sepagi mungkin. Lebih hemat biaya penginapan dan hari itu udah bisa dimanfaatin untuk jalan-jalan. Sayang aja lu berangkat jem 6 sore, jem 8 udah sampe disana, jem 9 di hotel, udah gak bisa kemana-mana juga, tapi udah ke-charge 1 malem penginapan. Yekan 😀 Beda cerita kalau perjalanannya (termasuk transit) >6 jam, lebih baik berangkatnya malem. Jadi tiba disana pagi dan bisa langsung beraktivitas. #TipsDalamTips, kalau perjalanan malem gue saranin minum antimo biar pules-les-les. Biar pas besok paginya tiba disana kaga ngantuk-ngantuk karena kurang tidur.

  • Dan misal ada transit, liat berapa jam yang diperlukan untuk transit. KECUALI, emang lu ada rencana explore tempat transitannya dulu. Tapi kalo gak, hindari waktu transit yang terlalu lama.

Sekian duls, semoga bermanfaat yaaa! Cheers! :D

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya