Beberapa hari lagi umat muslim akan memasuki bulan suci yang penuh berkah dan ampunan, yaitu bulan suci ramadhan. Banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut bulan suci ini, misalnya persiapan fisik untuk dapat menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh, maupun persiapan mental untuk menahan hawa nafsu selama berpuasa.

Satu hal yang tidak lupa pula dipersiapkan oleh para moms sekalian khususnya yaitu mempersiapkan menu makanan maupun minuman untuk dapat disajikan di hadapan keluarga tercinta. Para moms di rumah biasaanya harus memutar otak untuk bisa menyajikan variasi makanan maupun minuman yang berbeda selama 1 bulan berpuasa, agar anggota keluarga tidak merasa bosan.

Advertisement

Bagi Anda para moms yang bingung variasi minuman yang akan disajikan saat berbuka puasa, berikut ini 7 variasi minuman yang dapat dijadikan ide saat membuat minuman saat berbuka puasa:

1) Es Blewah

Blewah bisa di bilang salah satu buah yang menjadi ciri khas bulan Ramadan. Bersamaan dengan tibanya bulan puasa, maka pedagang buah blewah pun mulai muncul di pasar, bahkan di sepanjang jalan yang kira-kira ramai dilewati orang pulang kantor. Aroma harum buah blewah yang diserut memang bisa menggugah selera saat berbuka puasa.

Advertisement

Selain memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, buah blewah kaya akan vitamin A, C, tidak mengandung kolesterol sama sekali. Selain itu, blewah juga kaya akan mineral seperti kalium dan asam folat. Ketika berpuasa tubuh banyak membutuhkan asupan vitamin, sehingga mengonsumsi blewah sebagai hidangan pembuka puasa akan banyak memberikan manfaat bagi tubuh anda.

Menyiapkan es blewah sangatlah praktis, hanya membutuhkan waktu sekita 10 menit untuk menyiapkan menjelang waktu berbuka puasa.

2) Sop Buah

Hidangan segar yang pertama kali muncul di kota Bandung ini bisa menjadi hidangan pembuka puasa yang menarik. Untuk mendapatkan sop buah yang nikmat, selalu gunakan buah-buahan yang segar. Karena hidangan ini tidak diolah menggunakan panas api, maka sebaiknya semua buah anda cuci hingga benar-benar bersih, sehingga terbebas dari kuman dan sisa pestisida.

Anda bebas menambahkan buah-buahan kesukaan anda di dalam resep sop buah ini, namun selalu ingat untuk memilih yang segar dan mencucinya hingga benar-benar bersih. Waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan resep sop buah ini amatlah singkat, jadi tidak akan merepotkan dalam mempersiapkannya. Hanya dibutuhkan sekitar 15 menit saja untuk bisa menghidangkan sop buah segar untuk keluarga tercinta.

3) Es Klamud

Es Klamud atau es kelapa muda cara praktis untuk disajikan saat berbuka puasa. segelas es kelapa muda dengan kuah gula merah yang legit bisa menjadi minuman yang sangat menyegarkan.

Untuk memilih kelapa yang masih muda, dapat dilihat dari bagian tangkainya. Pilihlah tangkai yang masih terlihat segar dan lentur. Cara kedua dengan menepuk-nepuk pada bagian sabut. Kelapa yang masih segar dan muda akan menghasilkan suara yang berat.

Agar es kelapa muda yang anda buat lebih meriah, anda bisa menambahkan bahan pelengkap yang anda sukai. Misal; rumput laut, manisan kolang-kaling yang diiris tipis, biji selasih, cincau hitam, dan lain-lain. Jika akan langsung disajikan, anda bisa menggunakan es serut, sehingga tampilan es kelapa anda lebih bagus. Namun jika tidak langsung dihidangkan penggunaan ice-cube akan lebih praktis.

4) Es Shanghai

Secara penampilan, es shanghai hampir mirip dengan es teler. Hanya saja dari segi rasa, es shanghai tidak terlalu manis karena tidak menggunakan gula putih cair seperti pada es teler. Ciri khas dari es shanghai adalah penggunaan es serut yang menggunung di atas gelas. Agar es serut tidak mencair, persiapkan es shanghai ini kira-kira 30 menit sebeleum waktu berbuka tiba. Serut es kira-kira lima menit sebelum dihidangkan, agar tidak mencair.

5) Es Tape Ketan

Es tape ketan ada 2 macam, yaitu tape ketan hitam dan tape ketan hijau. Cara membuat resep es tape ketan hijau atau hitam ini cukup sulit bagi para pemula. Jika anda tidak bisa membuat tape ketan hijau atau hitam, anda dapat membeli tape hijau atau hitam yang sudah dalam keadaan siap pakai. Jadi anda tinggal membuat dan menyajikan bahan-bahan lainnya. Agar tampilan es tape ketan menarik, anda dapat menambahkan agar-agar dengan warna merah, sehingga terjadi perpaduan warna yang cukup untuk menggugah selera kita dalam menyantapnya. Kelapa muda pun dapat ditambahkan dalam penyajian.

Tape ketan dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Bagi para ibu yang kesulitan dalam menghasilkan ASI bagi sang buah hati, disarankan anda memakan tape ketan. Tape ketan dapat diolah dalam bentuk es tape ketan, pudding, dan sebagainya.

6) Es Palu Butung

Es Palu Butung adalah salah satu kudapan segar yang berasal dari Makasar Sulawesi Selatan. Es Palu Butung terbuat dari pisang yang dikukus kemudian di potong-potong, lalu di sajikan bersama bubur sumsum, sirup coco pandan, air santan dan serutan es. Sajian yang segar dan menghapus dahaga

Bubur beras yang terdapat dalam Resep Es Palu Butung ini bisa Anda buat lebih menarik salah satunya dengan cara memberikan tambahan pewarna makanan kedalam adonan mentah bubur berasnya. Tambahkan cukup ½ sdt essens pandan (yang umumnya dipakai), warna essens pandan yang hijau akan membuat es palu butung ini terlihat lebih cantik dan menarik.

7) Es Jeruk Kelapa

Es jeruk kelapa kaya akan vitamin C karena vitamin ini terkandung dalam buah jeruk. Pilihlah jeruk yang rasanya manis agar minuman ini terasa lebih segar dan tidak terasa asam pada saat diminum. Agar lebih maknyoss es jeruk ini ditambahkan dengan kelapa muda yang diserut dan irisan lidah buaya. Minuman ini dapat menjadi pelega tenggorokan di saat panas. Agar resep es jeruk kelapa ini tampak lebih menarik, dapat anda tambahkan dengan selasih. Minuman ini juga dapat disajikan dalam keadaan hangat.

Demikian ulasan 7 variasi minuman saat berbuka puasa yang dapat dijadikan ide para moms sekalian menjelang berbuka puasa di bulan Ramadan nanti. Selamat mencoba moms sekalian.

Penulis: Nazifa

Sumber : www.bacaresepdulu.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya