Adanya Situasi Pandemi Menjadikan New Normal Selaras dengan New Life?

Kita sedang berada di situasi new normal, bukan berarti kita bebas beraktivitas di luar sana.

Saat ini dunia sedang dilanda musibah pandemi covid-19. Sudah cukup lama kita harus menghadapi pandemi covid-19 ini dengan berbagai cara mulai dari lockdown di berbagai daerah, menutup toko dan pusat perbelanjaan serta berbagai tempat nongkrong anak muda juga ikut ditutup sementara. Dunia seakan tidak ada kehidupan lagi akibat adanya pandemi covid-19 ini. Namun seiring berjalannya waktu, perekonomian negara akan terus menurun apabila semua kegiatan harus diberhentikan terus menerus. Para pekerja juga akan kehilangan penghasilan untuk menafkahi keluarganya. Lalu bagaimana cara agar kita tetap bisa hidup dan menjalankan aktivitas seperti biasa?            

Advertisement

Pemerintah kemudian menetapkan adanya “new normal” di kalangan masyarakat. Apa itu new normal?


New normal adalah aktivitas atau kegiatan yang dijalankan seperti kehidupan biasanya namun ada sebuah paraturan atau kewajiban baru yang harus dipatuhi oleh semua masyarakat.


Peraturan atau kewajiban tersebut adalah mematuhi protokol-protokol kesehatan yang suadah ditetapkan oleh pemerintah seperti misalnya selalu mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir, menggunakan hand sanitizer, selalu menggunakan masker, dan yang terpenting adalah menjaga jarak aman. Adanya new normal yang sekarang telah kita jalani di kehidupan sehari-hari, demi sedikit akan membangkitkan keterpurukan perekonomian di negara kita saat ini. Para pekerja juga sudah bekerja seperti normal kembali.

Advertisement

Adanya protokol-protokol kesehatan harus kita jalani kapan pun dan dimana saja kita berada. Tindakan ini bisa meminimalisir adanya kasus peningkatan covid-19 yang ada di masyarakat. Di pusat-pusat keramaian seperti transportasi umum, stasiun, terminal, bandara, pasar, dan mall para petugasnya juga wajib akan keamanan atas dasar protokol-protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Seperti yang kita ketahui seakarang keamanan di pusat keramaian sudah berjalan dengan baik, namun terkadang masih kita temui petugas yang lalai akan keamanan tersebut. Tidak hanya petugas saja tetapi masih ada juga masyarakat yang lalai akan protokol kesehatan yang ada. Pada dasarnya ketertiban tersebut timbul dari kesadaran diri sendiri, kita harus sadar bahwa pandemic covid-19 bukanlah suatu hal yang biasa, namun hal ini merupakan suatu hal yang serius dan patut untuk kita renungi. Apabila kita lalai sedikit saja, dapat menimbulkan kemungkinan besar virus itu hinggap di tubuh kita.

Sebagai sesama masyarakat yang tengah berjuang di tengah pandemi covid-19 ini wajib saling mengingatkan satu sama lain dan juga dari pemerintah perlu adanya ketegasan berupa sanksi bagi masyarakat yang telah melanggar protokol kesehatan. Walaupun kita sedang hidup di situasi new normal sekarang ini bukan berarti kita telah bebas beraktivitas di luar rumah. Harus selalu ingat jaga kebersihan, menggunakan masker, jaga jarak aman. Jangan pergi ke tempat kerumunan karena itu sangatlah beresiko bagi kita semua. Apabila kita tetap bersabar dalam menghadapi pandemic covid-19 ini, maka kita juga harus percaya bahwa perlahan hidup kita akan kembali normal dan angka positf covid-19 akan terus menurun seiring berjalannya waktu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE