Wisata tidak hanya terbatas panorama dan alam, tetapi juga Manufacturer

United Kingdom tidak hanya terkenal dari sisi wisata kota, sejarah dan alam saja, mungkin bagi sebagian orang yang memiliki ketertarikan di bidang Aircraft, wajib melirik UK sebagai tempat untuk mempelajari lebih dalam.

Ada apa di UK?

Advertisement

Airbus menempatkan salah satu pabrik pembuatan sayap terbesarnya di Broughton, United Kingdom. Sayap merupakan salah satu komponen yang sangat krusial pada pesawat, maka dari itu Airbus tidak sembarangan dalam memilih lokasi pabrik pembuatan sayap ini, dengan melalui banyak pertimbangan yaitu karena bermula dari sejarah desain sayap canggih Hawker Siddeley Trident (D.H.121) [https://en.wikipedia.org/wiki/Hawker_Siddeley_Trident], dirancang oleh De Havilland. Pada hari-hari awal tim mendesain Airbus, De Havilland yang berbasis di Hatfield mengerjakan desain sayap Airbus dan perakitan sayap dilakukan di Broughton (lokasi manufaktur De Havilland).

Broughton is the birthplace of such aviation classics as the De Havilland Comet and Mosquito.”, [1] dikutip dari official website Airbus yang menjelaskan bahwa Broughton adalah tempat lahirnya maskapai klasik yang bernama De Havilland Comet. De Havilland Comet merupakan komersial jetliner pertama yang ada di dunia pada tahun 1944 [2]. BBC merangkum sejarah panjang mengenai British Airliner yang mengubah dunia penerbangan menjadi lebih baik. [3]

Pada hari Sabtu tanggal 27 Juli 1949, de Havilland Comet berangkat dari Hatfield Aerodrome untuk penerbangan perdananya; mencapai 10.000 kaki dan mengelilingi langit selama kurang lebih 31 menit. Pada saat itu juga, era baru untuk penerbangan komersial diluncurkan, karena ini menjadi pesawat jet murni pertama di dunia. Melalui British Airlines, de Havilland Comet yang membawa sekitar 36 – 44 penumpang pertama kali dari London ke Johannesburg, Afrika Selatan [4]. Pesawat Jet komersial tersebut menjadi Pioneer penerbangan komersial yang ada di dunia saat ini.

Advertisement

Airbus ternyata tidak salah memilih Broughton sebagai tempat pembuatan sayap pesawatnya karena berdasarkan export.gov, [5] UK menapaki urutan kedua terbesar industri aerospace (kedirgantaraan) di dunia ini setelah US. UK juga memiliki reputasi sebagai “Global Center of Excellence for the Design and Production of engines, helicopters, wings, structures, and aircraft Systems” maka tidak heran bahwa UK memiliki lebih dari 3.000 perusahaan aerospace yang beroperasi, serta sektor aerospace ini memiliki jumlah terbesar SME di eropa yang menyediakan lebih dari 282.000 pekerjaan di tahun 2017.

Selain itu, tidak mau kalah bahwa kompetitor terberat Airbus yaitu Boeing juga melakukan ekspansi hubungannya dalam University, Research and Technology dengan University of Bristol, University of Cambridge, University of Cranfield dan banyak Universitas lainnya untuk menyediakan dengan teknologi dan konsep bisnis baru yang inovatif, pendidikan dan pelatihan bagi karyawan Boeing serta calon rekrutmennya. [6]

Semakin ketat bukan persaingan kedua rival Aircraft Industry tersebut?

Dengan reputasi UK di dunia Aircraft Industry ini, maka UK pantas menjadi salah satu negara yang wajib dikunjungi buat kamu yang benar-benar tertarik di bidang ini.

Lokasi pabrik Airbus di Broughton, sebagai informasi bahwa Broughton adalah sebuah kota di daerah Flintshire. Kota ini terkenal dengan pabrik Airbus. Semua sayap pada berbagai macam model pesawat Airbus dibuat di sini. Broughton tidak hanya sebuah kawasan terpadu yang memiliki pabrik besar dengan kecanggihan terkini, namun dibalik itu terdapat sejarah panjang kenapa Broughton itu menjadi suatu tempat yang melegenda yang menjadikannya sebagai lokasi pabrik sayap Airbus. Broughton berada dekat dengan Broughton dan Bretton Wales, perbatasan Inggris, terletak di sebelah barat Kota Chester, Inggris

Sejarah panjang yang diciptakan Broughton, memberikan dampak besar bagi dunia penerbangan komersial jet, serta dampak yang baik bagi lapangan pekerjaan di United Kingdom dan pastinya berdampak pada perekonomian UK. Bagi seorang yang tertarik untuk melihat lebih dalam mengenai aerospace, United Kingdom menjadi satu pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Bahkan BBC meliput pembuatan sayap pesawat Airbus yang memiliki teknologi paling canggih di Dunia.

Apabila ingin jalan-jalan melihat situasi-situasi sekitar pabrik Airbus ini, melalui Google Street kamu bisa lho sightseeing di sekitar pabrik Airbus ini, bisa langsung liburan di sini:

https://www.google.com/maps/@53.1716069,-2.9804735,3a,48.2y,45.05h,86.79t/data=!3m6!1e1!3m4!1sNhxvvRiER9F-mi519t1X-A!2e0!7i13312!8i6656

Mungkin ketertarikanku berbeda dengan kebanyakan, mendatangi pabrik pesawat merupakan salah satu agenda yang paling aku nanti-nantikan. Kapan lagi bisa melihat kecanggihan teknologi pesawat yang dibuat oleh orang-orang lulusan Universitas UK yang memiliki fokus di teknologi pesawat terbang paling mutakhir di dunia ini?

Ingin melihat bagian dalam dari Aircraft Manufacturer tour milik Airbus? Bisa langsung lihat di sini:

https://www.youtube.com/watch?v=PF6ZuBDlNjY


"To invent an airplane is nothing. To build one is something. But to fly is everything."

Otto Lilienthal


#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Sumber:

[1] http://company.airbus.com/careers/Our-locations/Broughton.html

[2] https://en.wikipedia.org/wiki/De_Havilland_Comet

[3] http://www.bbc.com/future/story/20170404-the-british-airliner-that-changed-the-world

[4] https://www.wired.com/2012/05/may-2-1952-first-commercial-jet-flies-from-london-to-johannesburg/

[5] https://www.export.gov/article?id=United-Kingdom-Aerospace-Products

[6] http://www.boeing.co.uk/boeing-in-the-uk/research-and-technology/universities-research-and-technology.page

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya