Saya Nadya Desva Sely. Saya merupakan mahasiswa Biologi angkatan 2015. Saya senang bisa menjadi bagian dari mahasiswa Biologi Universitas Padjadjaran, karena menurut saya, biologi memiliki potensi yang besar di masa depan di Indonesia. Dan saya senang menjadi seorang Biologist karena tidak semua orang bisa tahu banyak hal tentang lingkungan dan alam.

Saya adalah mahasiswa yang aktif berorganisasi. Kegiatan berorganisasi sudah saya lakukan sejak saya duduk di bangku SMP. Sejak bangku SMP saya aktif dalam organisasi OSIS dan Paskibra, yang mengajarkan saya betapa pentingnya teamwork. Selain itu saya juga belajar pentingnya berempati kepada sesama ketika menjadi bagian dan aktivis sosial Komunitas Sejuta Tangan. Banyak yang saya lakukan di komunitas sosial ini. Di antaranya menggalang dana untuk penderita tumor, menjadi pengajar bagi adik-adik di yayasan yatim piatu dan memberikan beasiswa pendidikan kepada anak-anak tidak mampu di Karawang, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Hingga saat ini, di Himpunan Mahasiswa Biologi UNPAD saya merupakan salah satu staf DPA (Dewan Perwakilan Mahasiswa) Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Padjadjaran. Dalam organisasi ini saya menjembatani aspirasi mahasiswa yang ingin disampaikan kepada pihak universitas. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan latihan bagi saya sebelum saya lulus dan benar-benar terjun ke masyarakat. Sementara untuk tingkat universitas, saya aktif dalam kegiatan Padjadjaran Education Festival yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Keprofesian BEM KEMA Universitas Padjadjaran. Kegiatan Padjadjaran Education Festival ini merupakan kegiatan untuk memotivasi siswa SMA untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Menjadi bagian dari sebuah organisasi membuat saya banyak belajar untuk memahami orang lain, saling menghargai, bagaimana menjalankan teamwork yang baik, dan menjadi individu yang lebih bertanggungjawab terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Menjadi bagian dari mahasiswa Biologi UNPAD membuat saya membuka mata mengenai isu-isu lingkungan yang semakin memburuk. Menjadi seorang reseacrher adalah impian masa kecil saya karena menurut saya program biologi memiliki potensi untuk masa depan Indonesia. Indonesia dan dunia membutuhkan ahli-ahli biologi untuk menyelamatkan dan memulihkan bumi.

Saat ini, banyak orang lebih memilih bahan alami sebagai pengobatan, bahkan hingga kosmetik kecantikan. Zat kimiawi pun mulai ditinggalkan di karenakan banyaknya efek samping yang didapatkan akibat pemakaian bahan kimiawi dalam jangka waktu lama. Selain itu sumber energi minyak bumi kita yang diperkirakan akan habis dalam 30 tahun mendatang, membuat Pemerintah harus berpikir keras mencari alternatif untuk kebutuhan bahan bakar. Pada dasarnya kita bisa memanfaatkan sumber daya alam Indonesia untuk menjadi biomassa. Dalam hal ini dibutuhkanlah ahli biologi. Namun hal ini juga perlu kesiapan sumber daya manusia, terutama dari mahasiswa yang mau menjadi bagian dari masyarakat dan memiliki peran besar dalam masyarakat. Jadi, program ini akan banyak berarti bagi saya dan mahasiswa biologi lainnya.

Advertisement

Keaktifan saya di bidang organisasi baik di luar maupun di dalam kampus tidak membuat saya lupa akan tujuan utama saya kuliah di Biologi UNPAD ini. Saya menjaga agar IPK saya tetap di atas 3. Hal ini merupakan bentuk perwujudan dari rasa tanggungjawab terhadap diri sendiri sehingga saya mampu melakukan manajemen waktu dengan baik dan menentukan skala prioritas dengan tepat. Hal ini membuat saya bisa menjalankan kegiatan organisasi namun saya tetap memiliki nilai yang baik.


Inilah saya untuk Indonesia kelak. Rasulullah SAW bersabda "…Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama manusia…" [HR. Thabrani dalam Al-Ausath]


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya